Meski Anda 100% Sehat, Bisa Mati Mendadak Jika Tidur Gunakan Kipas Angin Seperti ini

Komentar

Sumber gambar jabar.tribunnews.com

Tahukah anda bahwa di Korea Selatan dahulunya ada kepercayaan tentang “kipas kematian”,

Faktanya karena memang penggunaan kipas angin terlalu lama akan menimbulkan masalah pada kesehatan kita.

Nah, berikut adalah kesalahan memasang posisi kipas saat tidur, yang akibatnya bisa fatal

Penyebutan itu di dasarkan atas pemahaman akan bahaya dari kipas angin jika digunakan pada waktu tidur di ruangan tertutup.

Oleh karena itu sampai saat ini kebanyakan masyarakat korea menggunakan kipas angin yang dilengkapi timer yang berfungsi untuk mematikan kipas angin secara otomatis.

Kepercayaan yang menjadi kebutuhan masyarakat korea tersebut membuat produksi kipas angin memenuhi permintaan dengan mengembangkan teknologi timer pada kipas angin.

Kepercayaan dari masyarakat korea tersebut memang cukup beralasan.

Faktanya karena memang penggunaan kipas angin terlalu lama akan menimbulkan masalah pada kesehatan kita. Berikut ini adalah bahaya kipas angin yang bisa diakibatkan dari penggunaan kipas angin yang salah :

Bahaya Kekurangan Oksigen

Jika kipas angin di arahkan langsung pada wajah atau tubuh kita bahaya yang mengincar adalah kekurangan oksigen dan sesak napas terlebih lagi bila fentilasi kamar minim atau di ruangan tertutup.

Bahaya Penurunan Suhu Tubuh

Intensitas penggunaan kipas yang lama dapat menyebabkan suhu tubuh menjadi turun yang akhirnya mengancam kesehatan diri, hal ini terjadi karena pori pori kulit mengkerut oleh dinginnya angin dan keringat tidak dapat keluar. Hal ini juga bisa menyebabkan terjadinya Penyakit seperti Hipotermia , kekurangan air dan masuk angin.

Bahaya Terjadinya Kaku otot

Pernahkah kamh alami atau rasakan ketika bangun tidur badan menjadi kurang segar bahkan merasa lemas dan terkadang merasa kaku pada otot tertentu? hal ini terjadi karena efek dari kipas angin yang di gunakan terlalu lama.

BACA JUGA 5 Fakta Kelebihan Perempuan yang Jarang Disadari dan Jarang Diungkap


Waspada Terkena Penyakit Bell Palsy

Penyakit ini salah satu penyebabnya adalah satu sisi dari wajah kita terkena kipas angin secara terus menerus dan mengalami pembengkakan akibat terganggunya syaraf otot wajah

Bahaya Kematian Mendadak

Tidur menggunakan kipas angin dalam ruangan yang fentilasi udaranya buruk sehingga dapat menyebabkan kematian, ini terjadi karena tubuh mengeluarkan karbon dioksida dan menghirup oksigen ketika bernapas, dengan buruknya fentilasi udara pada ruangan tersebut maka akan menyebabkan minimnya oksigen sehingga terus menerus kita akan menghirup karbondioksida yang beracun bagi tubuh.

Saran Penggunaan Kipas Angin

Dunia mencatat dalam waktu 2 tahun ada sedikitnya 20 kasus kematian akibat menggunakan kipas angin listrik terlalu lama. 

Dikutip dari halosehat.com, meski medis menganggap ada faktor lainnya, namun tidak di pungkiri bahwa penggunaan kipas yang terlalu lama juga bisa mengundang kematian. 

Berkaca pada kepercayaan orang korea, kita bisa mengambil prinsip antisipasi dari masyarakat korea dalam mencegah kematian yang disebabkan oleh kipas angin.

Berikut tips yang penggunaan kipas angin yang sehat, untuk mencegah bahaya kipas angin :
  • Jangan gunakan kipas angin di dalam ruangan yang tertutup atau yang tidak memiliki sistem sirkulasi udara yang baik.
  • Jangan hadapkan kipas angin tepat di wajah, karena akan sangat mempengaruhi jumlah oksigen dan karbondioksida yang ada di sekitar wajah.
  • Jika menggunakan kipas saat tidur, maka setel timer untuk mematikannya setelah 30 menit. Sehingga tidak menggunakan kipas sepanjang tidur.
  • Jika tidak memiliki kipas dengan fungsi timer, maka hadapkan kipas ke atas sehingga tidak terkena langsung ke tubuh, namun kecilkan power kipasnya agar anginnya tidak terlalu kencang.
Demikian sedikit tips yang perlu diperhatikan dalam menggunakan kipas angin. Gunakanlah kipas angin dengan baik agar tidak mengganggu kesehatan anda.
Top