Kalau Anda Didatangi Petugas yang Ngaku-Ngaku dari PLN dengan 6 Ciri ini, Pasti Penipu

Komentar

Foto via wajibbaca.com

Sudah pasti mereka penipu...,

Tapi kalau orang dipedasaan yang nggak bakal tahu... 

Share kepada saudara, karena pastinya Anda tahu telah banyak korban...,

Maraknya penipuan mengatasnamakan pihak PLN mewajibkan para ibu rumah tangga lebih awas dan berhati-hati melihat ciri-ciri penipuan, apalagi jika dirumah tidak ada orang yang mengereti, atau semua lagi bekerja hanya ada ibu atau nenek yang tak mengerti apa-apa nah ini jadi sasaran empuk para penipu. 

Jadi anda harus waspada dan memberitahukan hal ini pada keluarga atau teman-teman anda.

Lapangan pekerjaan yang semakin sempit saat ini membuat beberapa orang menyerah dengan keadaan.

Mereka yang tak tau lagi harus bagaimana mencari nafkah, menyebabkan ide-ide buruk mulai bermunculan.

Baca juga : Berkaca dari Pengusutan Aliran Dana Saracen, Ketua PPATK Bilang Kasus MCA Cepat dan Jelas

Seperti menjadi penipu yang akan merugikan orang banyak. Ya, seperti yang terjadi beberapa hari ini yaitu menjadi petugas PLN gadungan.

Pegawai PLN abal-abal ternyata sudah banyak diterapkan di Indonesia lho Sahabat Boom. Para penjahat menggunakan modus ini karena banyaknya orang yang mudah percaya terhadap petugas PLN yang mendatangi rumah mereka.

Jadi, alangkah lebih baik kalau kita harus mengetahui ciri-ciri dari pegawai PLN abal-abal tersebut.

1. Selalu menawarkan barang berupa kWh meter atau alat penghemat listrik


Menawarkan kWh meter atau alat penghemat listrik lain

Seperti yang kita tau kalau PLN merupakan perusahaan milik negara yang hanya menjual tenaga listrik. Nah kalau hanya menjual tenaga listrik saja, berarti tidak mungkin kan untuk menawarkan barang seperti kWh meter atau alat penghemat daya.

Sehingga, bisa dikatakan jika ada orang mengaku petugas PLN datang ke rumah dan menawarkan alat-alat listrik, dijamin itu adalah pegawai abal-abal.

2. Tidak memperlihatkan surat tugas atau kartu pengenal


Tidak memperlihatkan surat tugas

Ciri-ciri dari petugas PLN gadungan yang kedua ini cukup mudah untuk diketahui nih Sahabat Boom.

Karena, kita tinggal menanyakan surat tugas resmi dari perusahaan yang bersangkutan. Kalau ia tidak memegang kartu pengenal ataupun surat tugas, jangan pernah diperbolehkan masuk ke dalam rumah.

Sebab, biasanya pegawai PLN asli akan secara langsung mengeluarkan kartu pengenalnya dan surat tugas tanpa disuruh. Sehingga, wajib diperhatikan betul-betul ya.

Baca juga : Pertaruhkan Masa Depan, Meski Dikeluarkan dari Sekolah Anin Tetap Berjuang untuk Daftar UN

3. Tidak mau disaksikan pelanggan kalau sedang memeriksa listrik


Petugas PLN tidak mau disaksikan pelanggan 

Untuk kegiatan penertiban pemakaian tenaga listrik (P2TL), biasanya para petugas PLN resmi selalu meminta untuk disaksikan oleh si empunya rumah.

Itu dilakukan agar memastikan tidak ada kesalahan yang dilakukan dan juga membuktikan bahwa ia adalah petugas yang resmi. Kemudian, setelah P2TL dilakukan, pasti petugas tersebut akan mencatatnya di dalam

Berita Acara dan itu akan ditandatangani oleh pelanggan dan dirinya sendiri. Nah, kalau petugas PLN yang datang ke rumah Sahabat Boom tidak mau disaksikan dan enggak membawa berkas apapun, bisa dipastikan itu adalah orang yang ingin bertindak kejahatan.

4. Tidak didampingi polisi ketika melakukan P2TL


P2TL harus didampingi polisi 

Selain tidak mau disaksikan oleh pelanggan, petugas PLN gadungan juga tidak didampingi oleh pihak kepolisian.

Ia akan datang sendiri atau membawa teman-temannya dengan pakaian yang sama. Kalau petugas PLN resmi, pasti akan datang ke rumah Sahabat Boom dengan didampingi oleh kepolisian.

Polisi di sini bertugas untuk memastikan pekerjaan pegawai benar. Selain itu juga memberi bukti bahwa ia adalah pegawai PLN yang asli. Jadi, sudah tau kan mana petugas yang asli dan palsu?

Baca juga : Detik-detik Emak Nyungsep Kebelakang Panggung Saat Kontes Rebana

5. Meminta uang dari para pelanggan


Meminta uang pada pelanggan 

PLN sudah menetapkan aturan kalau petugas tidak boleh menarik bayaran kepada pelanggan. Karena untuk pembayaran biasanya langsung dilakukan di bank.

Sehingga tanda terima yang didapatkan oleh pelanggan berupa struk resmi dari bank. Jadi, jika ada petugas PLN yang berani menarik bayaran dari kalian, patut dicurigai tuh Sahabat Boom.

Jangan mudah memberikan uang kepada petugas tersebut, apalagi kalau ia meminta dalam jumlah yang banyak.

6. Memaksa masuk ke dalam rumah


Petugas PLN asli tidak akan masuk ke rumah 

Aturan untuk petugas PLN yang paling utama adalah tidak boleh masuk ke dalam rumah pelanggan. Sebab, petugas kewenangannya hanya sampai di kWh meter yang berada di luar rumah pelanggan.

Kalau ada orang yang mengaku menjadi petugas PLN dan memaksa masuk ke rumah, jangan pernah diperbolehkan masuk. Itu hanyalah orang yang berpura-pura menjadi pegawai PLN dan ingin menggasak harta benda kalian.

Nah, sudah tau kan bagaimana ciri-ciri dari petugas PLN yang palsu? Jadi, berhati-hatilah ketika ada yang mengaku menjadi pegawai PLN. Tanyakan dulu surat tugasnya dan jangan gampang percaya dengan seragam yang dipakainya.

Kalau kalian melihat salah satu ciri-ciri di atas, segera hubungi Call Center PLN atau langsung melapor ke pihak yang berwajib.
Top