Kesalahan yang Dibuat-buat Tentang Keutamaan Bulan Rajab Menurut Mamah Dedeh dan Ustad Somad

Komentar

Foto via islamidia.com

Membongkar keutamaan bulan Rajab, dan mengungkap kesalahan yang dibuat-buat di Bulan Rajab

Banyak keistimewaan dan keutamaan pada bulan Rajab yang jatuh pada Senin, 19 Maret 2018 ini, tak hanya berpuasa yang diutamakan masih banyak yang lainnya juga, mesti begitu ada pula yang malah membuat-buat pahala di bulan Rajab yang dibesar-besarkan seperti ini.

Rajab jadi salah satu bulan haram (suci) dari 12 bulan Hijriah seperti yang difirmankan Allah SWT. 1 Rajab jatuh pada Senin, 19 Maret 2018.

إِنَّ عِدَّةَ الشُّهُورِ عِنْدَ اللَّهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِي كِتَابِ اللَّهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالأرْضَ مِنْهَا أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ذَلِكَ الدِّينُ الْقَيِّمُ فَلا تَظْلِمُوا فِيهِنَّ أَنْفُسَكُمْ وَقَاتِلُوا الْمُشْرِكِينَ كَافَّةً كَمَا يُقَاتِلُونَكُمْ كَافَّةً وَاعْلَمُوا أَنَّ اللَّهَ مَعَ الْمُتَّقِينَ

Artinya:
“Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram.”

Itulah (ketetapan) agama yang lurus, Maka janganlah kamu Menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu, dan perangilah kaum musyrikin itu semuanya sebagaimana merekapun memerangi kamu semuanya, dan ketahuilah bahwasanya Allah beserta orang-orang yang bertakwa.” (QS. At-Taubah : 36)

Baca juga : Meneladani Keromantisan Rasulullah, ini 7 Hikmah Dibalik Mandi Bersama Istri

Kesalahan yang dibuat-buat pada bulan rajab.


Foto via whatsapp, ilustrasi

Menurut Ustadz Abdul Shomad keutamaan dan keistimewaan dalam bulan Rajab ini sangat banyak, namun menurutnya beberapa ada yang salah dalam menyikapi bulan rajab ini

Ada seorang penanya menanyakan "Hukum puasa di awal bulan Rajab"

Ustadz Abdul Somad menjawab "Puasanya baik, tak salah dan juga bagus apa salahnya"

Ia juga menuturkan bahwa yang salah itu sebenarnya cara yang dilakukan dengan membagikan pesan di whatsaap bahwa besok adalah 1 Rajab dengan cara membuat-buat pahala yang terlampau melambung-lambung.

"Yang tak betul itu adalah membuat-buat pahala yang terlampau melambung-lambung, siapa yang puasa hari pertama maka dihapuskan dosa setahun, siapa yang puasa hari kedua maka dihapuskan dosa duatahun, siapa yang puasa tujuh hari dibukakkan tujuh pintu surga, siapa yang puasa 8 hari ditutupkan 8 pintu neraka, siapa yang puasa 10 hari diturunkan 10 berkah KIRIMKANLAH KE 10 GRUP WHATSAPP ANDA"

Ini yang tidak dibenarkan, perbuatannya memang baik tapi menisbatkan Nabi bersabda nah itu yang tak betul, jika mau mengingatkan ingatkan saja " hai kawan besok adalah sudah hari terakhir Jumadil Akhir, setelah itu akan masuk bulan Rajab Marilah kita menjaga kemuliaan bulan ini jangan kelahi, jangan menumpahkan dara, jangan bertengkar marilah galah persatuan" ujar Ustadz Abdul Somad

Lihat videonya berikut ini, lengkapnya disini



Baca juga : Amalkan Doa Mustajab ini, InsyaAllah Dalam 1 Tahun Cepat Memiliki Rumah

Keutamaan Bulan Rajab Menurut Mamah Dedeh

Mamah Dedeh di acara Mamah dan Aa Beraksi Indonesia di akun Kathesia Widya yang diunggah 30 April 2015, mengatakan Rajab bulannya Allah.

Harus diperbanyak amalan baik, satu di antaranya puasa Rajab

“Silakan kerjakan puasa seperti di bulan-bulan lain. Puasa Senin Kamis, sekalian puasa Rajab. Itu boleh, sunah dengan sunah boleh digabung”, katanya.

Ada ulama yang mengatakan perbanyak surat Al Ikhlas, perbanyak juga sedekah. Perbanyak puasa sunah, tiga hari di awal bulan, tiga hari di tengah bulan, tiga hari di akhir bulan.

“1, 2, 3, tanggalnya itu puasa 13, 14, 15, puasa, 28, 29, 30 atau kalau sampai tanggahnya 29, (puasa) 27, 28, 29.”

“Silakan itu namanya sunah, namanya sunah bila semakin banyak dikerjakan, semakin baik”.

Usai isra miraj pada bulan Rajab, Rasulullah SAW mampir di surga dan neraka Allah SWT.

“Beliau melihat air konon katanya lebih putih dari salju, lebih manis dari madu.

Lalu beliau bertanya, ‘Jibril ini sungai apa?’, dijawab Jibril, ‘ini namanya sungai Rajab’. Diperuntukkan oleh Allah untuk orang-orang yang mengagungkan bulan Rajab.

Berikut ini ulasan dari manfaat bulan rajab yaitu :

1. Puasa
Berpuasa tidak hanya di lakukan pada bulan Ramadhan saja namun juga di bulan Rajab yang jatuh sebagai puasa sunah.

Puasa berarti menahan lapar dan haus serta tindakan yang dapat membatalkan pahala puasa yang dilakukan sejak sahur hingga matahari terbenam.

Jadi selama puasa harus bisa menjaga sikap dan juga pikiran agar tidak membatalkan pahala dari puasa itu sendiri. Berikut ini sabda dari Rasulullah SAW tentang puasa di bulan Rajab :

” Barang siapa berpuasa pada bulan Rajab sehari maka laksana ia puasa selama sebulan, bila puasa 7 hari maka ditutuplah untuknya 7 pintu neraka jahanam. Bila puasa 8 hari maka dibukakan untuknya 8 pintu surga. Dan bila puasa 10 hari maka Allah akan mengabulkan semua permintaannya.” (HR. At-Thabrani)

2. Catatan amal selama 60 bulan
Masih berkaitan dengan puasa yang dilaksanakan pada bulan rajab ada hadist yang berbunyi seperti berikut ini :

“Barang siapa yang puasa pada tanggla 27 pada bulan Rajab, Allah SWT mencatat pahala sebagaimana orang yang puasa selama 60 bulan”. (Abu hurairah)

Jadi puasa hanya dilakukan selama satu hari pada tanggal 27 rajab diberikan oleh Allah SWT pahala seperti orang yang melakukan puasa selama 60 bulan tanpa putus – putus. Karena itu jangan ragu untuk melaksanakan puasa karena bukan hanya pahalanya saja namun puasa juga memberikan kesehatan pada tubuh kita.

3. Puasa 7 hari
Dan dalam melaksanakan jumlah hari pada puasa di bulan Rajab juga terdapat keistimewaan – keistimewaan yang tidak di dapat pada bulan lainnya yaitu jika puasa yang kita lakukan berjumlah 7 hari dalam artian seminggu maka manfaat yang didapatkan adalah tertutupnya pintu neraka bagi yang melaksanakan puasa tersebut.

4. Delapan hari berpuasa
Untuk jumlah delapan hari berpuasa di bulan Rajab makan keistimewaan yang di dapat adalah terbukanya pintu surga bagi yang menjalankan puasa tersebut.

Surga merupakan balasan bagi orang – orang yang senantiasa melaksanakan perintah Allah SWT dan memang berniat berpuasa karena Allah saja bukan karena yang lainnya.

5. 10 hari puasa
Semakin panjang hari yang anda isi dengan melakukan puasa – puasa di bulan rajab maka akan banyak keistimewaan yang anda dapatkan seperti puasa 10 hari di bulan rajab maka akan dihapus dosa – dosa dan diganti dengan kebaikan.

Maksud disini adalah setiap manusia pasti setiap hari melakukan dosa dan cara untuk menebus dosa adalah dengan sholat yang dilakukan sebanyak 5 kali dalam sehari. Dosa yang dihapus saat melaksanakan puasa diganti dengan kebaikan yang kekal dan memberikan manfaat bagi kita di akhirat nanti.

6. Satu hari puasa
Dengan melakukan satu hari puasa pada bulan rajab maka ganjaran yang didapatkan untuk itu adalah mendapatkan air susu yang berasal dari sungai Rajab di surga. Sabda Rasulullah SAW :

” Sesungguhnya di surga terdapat sungai yang dinamakan Rajab, airnya lebih putih daripada susu dan rasanya lebih manis dari madu. Barang siapa puasa sehari pada bulan Rajab, maka ia akan dikarunia minum dari sungai tersebut.”

Melakukan doa pada saat bulan rajab pada umumnya tidak akan tertolak terlebih kita berdoa pada Allah SWT dalam keadaan sedang menjalankan ibadah puasa di bulan rajab.

Karena itu berdoa di bulan rajab merupakan salah satu keisitmewaan yang tidak boleh dilewatkan begitu saja.

Ambil kesempatan ini dan selalu ingat agar tidak melewatkannya dalam satu tahun sekali. Dan Nabi Muhammad SAW pun mengucapkan doat menyambut bulan rajab dengan doa sebagai berikut :

اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِي رَجَبٍ وَشَعْبَانَ، وَبَارِكْ لَنَا فِي رَمَضَانَ

Sebagai doa untuk menyambut datangnya bulan rajab yang penuh dengan keagungan dan pegampuna jika dilakukan dengan sungguh – sungguh dan tulus.

Di bulan rajab juga ada manfaatnya saat melaksanakan sholat sunat rajab.  Karena itu ada sabda dari nabi Muhammad SAW yang menerangkan bahwa barang siapa yang mendirikan shilat sunat rajab maka dirinya di selamatkan oleh Allah SWT dari siksa api nerakan dan diwajibkan untuk masuk ke dalam surganya Allah SWT yang besar dan luasnya melebihi langit dan bumi.

Karena itu mari sama – sama kita mendirikan sholat sebagai seorang muslim yang taat kepada sang pencipta. Berikut ini yang harus diperhatikan sebelum melaksanakan sholat suna rajab yaitu :

Berwudhu terlebih dahulu sebagaimana wudhu saat akan melaksanakan sholat fardhu.

Membaca niat dari sholat sunat rajab yaitu : Usolli sunatan syahri rajaba raka’aitaini lillahi ta’ala. Artinya adalah aku niat sholat sunat rajab karena allah SWT.

Baca juga : Terlengkap, ini Tata Cara, Niat, Doa dan Syarat Sholat Qashar yang Mudah Dipraktekkan

Dan untuk rakaatnya yang perlu diperhatikan adalah:

1. Tanggal satu pada bulan rajab jumlah rakaat yang dilakukan adalah sebanyak 10 rakaat

2. Tanggal lima belas pada bulan rajab jumlah rakaatnya sama yaitu 10 rakaat.

3. Tanggal tiga puluh rajab jumlah rakaatnya juga 10 rakaat.

Dan untuk waktu pelaksanaan dari sholat sunat rajab ini antara waktu magrib dan waktu pada sholat isya.

Salah satunya puasa. Perbanyak baca Alquran, perbanyak salat malam, kenapa, sebentar lagi masuk Ramadan.

Tinggal satu bulan lagi. Agar fisik terlatih pada bulan Ramadan, bisa beribadah dengan full”.

Rajab itu singkatan dari tiga huruf menurut para ulama, ro, jin, ba. Ro itu rohmatullah, rahmatnya Allah, jin itu jurmul abdi, dosa seorang hamba, ba itu birullah, kasih sayang Allah.

“Jadi dosanya di tengah, ada ulama yang mengatakan ‘Jangan khawatir wahai hambaku di bulan Rajab. Seolah-olah dosamu dihimpit oleh rahmat Allah dan kasih sayang Allah”.

Niat Puasa Rajab

Adapun niat puasa di bulan Rajab adalah sebagai berikut:

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ فِى شَهْرِ رَجَبِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Nawaitu sauma ghadin fi syahri rojabi sunatan lillahi ta’alaa.

Menurut Ustaz Abdul Somad dalam sebuah video ceramahnya, tak ada ketentuan khusus disebutkan dalam Alquran atau hadis Nabi Muhammad tentang amalan di bulan ini.

“Hadis Rasulullah tentang keutamaan bulan Rajab sahih, tetapi tak ada disebutkan tentang amalan khususnya. Cuma disebutkan secara umum yaitu berpuasalah di bulan-bulan haram. Haram di sini berarti mulia, berasal dari kata Bahasa Arab, yaitu hurum, berarti kehormatan, mulia. Jadi bulan-bulan haram itu artinya adalah bulan-bulan mulia,” jelasnya.

Bulan haram dalan Islam ada empat, yaitu Zulkaidah, Zulhijjah, Muharram dan Rajab.

“Sesuai hadis tersebut, disebutkan anjuran agar kita berpuasa di bulan-bulan ini. Jadi, khusus Rajab tak ada dijelaskan apa saja amalan khususnya karena di hadis ini penjelasannya secara umum tak mengkhususkan ke Rajab,” tambahnya

Selama Rajab, selain berpuasa, kita bisa menghiasinya dengan amalan-amalan baik lainnya jika mau.

Misalnya, berzikir, membaca Alquran, bersedekah dan sebagainya.

Selain itu, ada lagi keistimewaan lainnya dari Rajab menurut Ustadz Khalid Basalamah.

Di sebuah video ceramahnya, dia menjelaskan tentang tafsir Surah Attaubah ayat 36 yang menjelaskan tentang larangan Allah berbuat maksiat di bulan-bulan haram ini.

“Artinya, itulah ajaran agama yang lurus, janganlah kalian menzalimi diri kalian di bulan-bulan mulia ini,” ujarnya menyitir terjemahan ayat tersebut.

Doa Rasulullah SAW Saat Memasuki Bulan Rajab

Rasulullah mencontohkan, saat memasuki bulan Rajab beliau membaca:

اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْ رَجَبَ وَشَعْبَانَ وَبَلِّغْنَا رَمَضَانَ

Allâhumma bârik lanâ fî rajaba wasya‘bâna waballighnâ ramadlânâ

“Duhai Allah, berkahilah kami pada bulan Rajab dan bulan Sya’ban dan pertemukanlah kami dengan bulan Ramadlan.” (Lihat Muhyiddin Abi Zakariya Yahya bin Syaraf An-Nawawi, Al-Adzkâr, Penerbit Darul Hadits, Kairo, Mesir)

Dilansir dari laman nu.or.id, selain berdzikir dan berdoa, pada bulan Rajab umat Islam juga dianjurkan untuk puasa sebanyak-banyaknya, sebagaimana juga pada bulan-bulan haram lainnya.

Sebutan sebagai bulan haram merujuk sejarah dilarangnya umat Islam mengadakan peperangan pada bulan-bulan itu. Wallâhu a'lam.

Hadis Keutamaan Rajab

Berikut beberapa hadis yang menerangkan keutamaan dan kekhususan puasa bulan Rajab:
Diriwayatkan bahwa apabila Rasulullah SAW memasuki bulan Rajab beliau berdoa:“Ya, Allah berkahilah kami di bulan Rajab (ini) dan (juga) Sya’ban, dan sampaikanlah kami kepada bulan Ramadhan.” (HR. Imam Ahmad, dari Anas bin Malik).

"Barang siapa berpuasa pada bulan Rajab sehari, maka laksana ia puasa selama sebulan, bila puasa 7 hari maka ditutuplah untuknya 7 pintu neraka Jahim, bila puasa 8 hari maka dibukakan untuknya 8 pintu surga, dan bila puasa 10 hari maka digantilah dosa-dosanya dengan kebaikan."

Riwayat al-Thabarani dari Sa'id bin Rasyid: “Barangsiapa berpuasa sehari di bulan Rajab, maka ia laksana berpuasa setahun, bila puasa 7 hari maka ditutuplah untuknya pintu-pintu neraka jahanam, bila puasa 8 hari dibukakan untuknya 8 pintu surga, bila puasa 10 hari, Allah akan mengabulkan semua permintaannya....."

'Sesungguhnya di surga terdapat sungai yang dinamakan Rajab, airnya lebih putih daripada susu dan rasanya lebih manis dari madu. Barangsiapa puasa sehari pada bulan Rajab, maka ia akan dikaruniai minum dari sungai tersebut".

Riwayat (secara mursal) Abul Fath dari al-Hasan, Nabi Muhammad SAW bersabda: "Rajab itu bulannya Allah, Sya'ban bulanku, dan Ramadan bulannya umatku."

Sabda Rasulullah SAW lagi : “Pada malam mi’raj, saya melihat sebuah sungai yang airnya lebih manis dari madu, lebih sejuk dari air batu dan lebih harum dari minyak wangi, lalu saya bertanya pada Jibril a.s.: “Wahai Jibril untuk siapakan sungai ini ?”Maka berkata Jibrilb a.s.: “Ya Muhammad sungai ini adalah untuk orang yang membaca salawat untuk engkau di bulan Rajab ini”.
Top