Karena Rambut Itu Aurat, Begini Cara Menasehati Istri yang Beralasan Belum Siap Memakai Jilbab

Komentar

Sumber gambar penawarhatimuslim.wordpress.com
Bagaimana agar istri mau memakai jilbab.

Sebab dizaman ini banyak sekali wanita yang dengan sengaja memperlihatkan auratnya untuk menggoda laki-laki lain, bukankah ini malah menjadi sumber fitnah bagi seorang muslimah..

Sudah menjadi kesepakatan ulama bahwa rambut perempuan termasuk perhiasan yang wajib di sembunyikan dari pandangan umum, tidak di perlihatkan dihadapan orang yang bukan muhrimnya.

Bagaimana caranya menasehati istri agar mau memakai jilbab saat keluar rumah saat sendiri atau pun bersama suami.

Sebagaimana diketahui bahwa rambut adalah termasuk aurat, banyak wanita yang mengetahui tapi masih enggan untuk memakai jilbab.

Belum lagi dizaman ini banyak sekali wanita yang dengan sengaja memperlihatkan auratnya untuk menggoda laki-laki lain, bukankah ini malah menjadi sumber fitnah bagi seorang muslimah.

Apa yang diperbuat oleh istri seperti ini adalah kemungkaran, sebab, ia telah membiarkan auratnya terbuka. Ulama’ bersepakat bahwa rambut wanita adalah aurat yang harus ditutupi di depan laki-laki yang bukan mahram. Dalam Al-Qur’an surat An-Nur ayat 31 Allah ta’ala menyinggung masalah tersebut:

وَقُلْ لِلْمُؤْمِنَاتِ يَغْضُضْنَ مِنْ أَبْصَارِهِنَّ وَيَحْفَظْنَ فُرُوجَهُنَّ وَلا يُبْدِينَ زِينَتَهُنَّ إِلا مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَلْيَضْرِبْنَ بِخُمُرِهِنَّ عَلَى جُيُوبِهِنَّ وَلا يُبْدِينَ زِينَتَهُنَّ إِلا لِبُعُولَتِهِنَّ أَوْ آبَائِهِنَّ أَوْ آبَاءِ بُعُولَتِهِنَّ أَوْ أَبْنَائِهِنَّ أَوْ أَبْنَاءِ بُعُولَتِهِنَّ أَوْ إِخْوَانِهِنَّ أَوْ بَنِي إِخْوَانِهِنَّ أَوْ بَنِي أَخَوَاتِهِنَّ أَوْ نِسَائِهِنَّ أَوْ مَا مَلَكَتْ أَيْمَانُهُنَّ أَوِ التَّابِعِينَ غَيْرِ أُولِي الإرْبَةِ مِنَ الرِّجَالِ أَوِ الطِّفْلِ الَّذِينَ لَمْ يَظْهَرُوا عَلَى عَوْرَاتِ النِّسَاءِ وَلا يَضْرِبْنَ بِأَرْجُلِهِنَّ لِيُعْلَمَ مَا يُخْفِينَ مِنْ زِينَتِهِنَّ وَتُوبُوا إِلَى اللَّهِ جَمِيعًا أَيُّهَا الْمُؤْمِنُونَ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ

“Katakanlah kepada wanita yang beriman: ‘hendaklah mereka menahan pandangannya, dan kemaluannya, dan janganlah mereka Menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya. dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung kedadanya, dan janganlah Menampakkan perhiasannya kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putera-putera mereka, atau putera-putera suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putera-putera saudara lelaki mereka, atau putera-putera saudara perempuan mereka, atau wanita-wanita Islam, atau budak- budak yang mereka miliki, atau pelayan-pelayan laki-laki yang tidak mempunyai keinginan (terhadap wanita) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat wanita. dan janganlah mereka memukulkan kakinyua agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah, Hai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung’.” (QS. An-Nur : 31)

Mayoritas Penghuni Neraka Ialah Perempuan Yang Lalai Dengan Auratnya

Rasulullah s.a.w menjelaskan tentang wanita penghuni Neraka, baginda bersabda :

"dan wanita-wanita yang berpakaian tetapi hakikatnya mereka telanjang, melenggak-lenggokkan kepala mereka kerana sombong dan berpaling dari ketaatan kepada Allah dan suaminya, kepala mereka seakan-akan seperti bunggul unta. Mereka tidak masuk Syurga dan tidak mendapatkan wanginya Syurga padahal wanginya boleh didapati dari jarak perjalanan sekian dan sekian.” (Hadis Riwayat Muslim dan Ahmad)

Berikut Beberapa Tips Supaya Istri Mau Berjilbab

1. Menasehati
Untuk menasehati seorang istri maka sang suami harus lebih tau seperti apa tipe istri kita, apakah dia seorang yang lembut yang tidak bisa menerima sesuatu yang disampaikan dengan tergesa gesa, atau mungkin istri kita tipe orang yang mungkin sedikit cuek terhadap nasehat, maka tugas sang suami adalah memilih kata yang tepat dan ungkapan yang halus dan mudah dipahami, untuk menyampaikan kepada istri tentang penting dan wajibnya untuk berhijab, terlebih jika istri kita adalah orang yang baru berhijrah maka akan sedikit sulit untuk diterima meski banyak juga wanita yang baru berhijrah sangat mudah sekali untuk menjalankan kewajibanya.

2. Waktu
Memilih waktu untuk memberi pelajaran kepada istri sangatlah diperlukan terlebih jika kita dan istri kita adalah orang yang sama- sama sibuk, waktu yang tepat akan memberikan suasana yang berbeda ketika kita ingin menasehati istri dan memberi pelajaran kepada istri tentang pentingnya berhijab, waktu itu bisa digunakan ketika seorang suami dan istri mendapatkan hari libur yang sama, sang suami boleh mengajak istrinya untuk pergi ketempat kajian jika memang sang suami kurang memahami ilmu islam atau cara dalam menyampaikanya.

3. Akhlaq yang baik
Semakin baik akhlaq suami kepada orang lain dan istri akan semakin baik pula tingkah laku istri kita, tapi bukan berarti suami menggunakan hijab kemudian baru sang istri ikut berhijab (bahaya). Karena istri  adalah cerminan diri kita sendiri karena tulang rusuk adalah pasangan tulang yang ada didalam diri sang suami.

Sebaik baik suami adalah yang paling baik tingkah lakunya terhadap para istrinya, dan sebaik baiknya istri adalah yang paling taat kepada suaminya dalam rangka beribadah kepada Allah wallahu a’lam
Top