Cara yang Benar Membersihkan Pusar agar Terhindar dari Bau & Infeksi

Komentar

foto via okezone.com

Mungkin banyak yang berpendapat pusar tidak memerlukan perawatan khusus, dibilas saat mandi pun bersih...

Padahal tidak seperti itu...., karena pusar yang tak dibersihkan secara maksimal bisa menimbulkan infeksi serta bau tak sedap....

Sebagian besar orang biasanya selalu menganggap membersihkan pusar tidak penting seperti bagian tubuh lainnya seperti telinga.

Padahal, membersihkan pusar juga perlu untuk dilakukan, agar pusar tidak menimbulkan bau dan infeksi.

Namun, sebelum membersihkan pusar, Anda harus mengetahui terlebih dahulu jenis pusar yang Anda miliki, seperti innie (pusar masuk ke dalam) atau outtie (pusar menonjol keluar), karena untuk membersihkan kedua jenis pusar ini membutuhkan cara yang berbeda.

Akan tetapi, meskipun demikian keduanya tetap harus dibersihkan dengan cara yang lembut.

Mengutip okezone.com, berikut 3 jenis pusar dan cara tepat untuk membersihkannya

Jenis pusar masuk ke dalam (innie)

foto via uzone.id

Untuk jenis pusar innie atau masuk ke dalam Anda bisa menggunakan cotton bud yang telah diberikan alkohol atau air sabun terlebih dahulu. Bersihkan pelan-pelan ke setiap sudutnya, jika ada kotoran yang sulit terangkat, sebaiknya jangan dipaksa korek, tapi ada baiknya tetesi minyak zaitun dan tunggu beberapa saat hingga kotoran mudah terangkat.

Baca Juga : Ibu Muda Pasti Banyak yang Menyepelekan, Padahal Pusar Bayi Bodong Seperti ini Berbahaya Bagi Bayi

Setelah proses membersihkan selesai, jangan lupa untuk membilasnya dengan air bersih atau bisa juga menggunakan air garam agar lebih bersih.

Keringkan pusar dengan menggunakan handuk dan jangan lagi dikorek. Namun, bagi Anda yang sebelumnya tidak pernah membersihkan pusar jenis innie selama bertahun-tahun, dianjurkan untuk membersihkannya di dokter spesialis.

Jenis pusar menonjol (outie)

foto via merdeka.com

Jenis pusar ini lebih mudah dibersihkan karena menonjol keluar. Anda bisa menggunakan kain lap, sponge mandi, atau cotton bud yang telah diberi lotion atau minyak zaitun.

Bersihkan perlahan sampai kotoran tidak lagi nampak.

Penggunaan minyak zaitun tidak hanya untuk memudahkan mengangkat kotoran, tapi juga bisa membuat pusar wangi, dan kulit pusar lebih lembut. Setelah selesai dan bersih, bilas pusar dengan air, dan keringkan dengan menggunakan handuk bersih.

Baca Juga : [Viral] Video Bayi Baru Lahir Langsung Bisa Jalan Dengan Tali Pusar Masih Menempel

Membersihkan pusar yang memiliki tindik

foto via okezone.com

Bagi Anda yang menindik pusar, maka harus membersihkannya lebih teratur daripada pusar yang tidak ditindik.

Anda harus siapkan air garam, caranya campurkan ¼ sendok teh garam laut ke dalam 1 cangkir air hangat, lalu aduk sampai garam benar-benar larut. Setelah itu, Anda bisa menggunakan cotton bud yang dicelupkan ke dalam cangkir, lalu bersihkan setiap sisi pusar hingga bersih. Jangan lupa bilas dengan air bersih.
Top