Cara Bisnis Tanpa Modal, Buat Kamu yang Masih Pelajar Jadi Pengusaha Banjir Rupiah

Komentar

Foto via wajibbaca.com

Masih Pelajar Sudah Jadi Pengusaha

Ah, masa? Ada kok buktinya!

Remaja masa kini identik dengan smartphone ditangan hamper 24 jam. Tapi kita tak akan membicarakan sisi negatifnya, mari kita lihat sisi positifnya supaya semua bisa meniru dan mencotoh, buka lebar-lebar pikiran kamu yang masih muda ini untuk membuktikan bahwa dengan internet dan media sosial bisa jadi pengusaha muda, seperti kisah pelajar wanita ini.

Media sosial yang paling sering digunakan oleh kalangan remaja seperti facebook, twitter, path, youtube, Instagram, line, dan bbm. Media sosial tersebut mempunyai keunggulan dan ketertarikan sendiri bagi penggunanya.

Media sosial sangat banyak menawarkan kemudahan yang membuat remaja betah berlama-lama dalam menggunakannya.

Baca juga : 5 Negara ini Klaim Punya Bunker Anti Kiamat

Perkembangan media sosial sangat pesat karena semua orang bisa memiliki media sendiri. Jika untuk media tradisional seperti Koran, televisi, atau radio dibutuhkan modal yang besar dan tenaga kerja yang banyak, maka berbeda sekali dengan media sosial.

Pengguna media sosial secara mudah bisa mengakses menggunakan jaringan internet dengan biaya yang kecil dan dilakukan sendiri dengan mudah.

Sebelum itu mari kita lihat apa saja dampak positif yang bisa kita pergunakan atau bisa kita contoh.

Dampak positif :

  1. Untuk menghimpun keluarga, saudara, kerabat yang tersebar, dengan jejaring sosial ini sangat bermanfaat dan berperan untuk mempertemukan kembali keluarga atau kerabat yang jauh dan sudah lama tidak bertemu, kemudian lewat dunia maya hal itu bisa dilakukan.
  2. Sebagai media penyebaran informasi. Informasi yang up to date sangat mudah menyebar melalui situs jejaring sosial. Hanya dalam tempo beberapa menit setelah kejadian, kita telah bisa menikmati informasi tersebut. 
  3. Memperluas jaringan pertemanan. Dengan menggunakan jejaring sosial, kita bisa berkomunikasi dengan siapa saja, bahkan dengan orang yang belum kita kenal sekalipun dari berbagai penjuru dunia.
  4. Situs jejaring sosial membuat anak dan remaja menjadi lebih bersahabat, perhatian, dan empati.
  5. Sebagai sarana untuk mengembangkan keterampilan dan sosial. Pengguna daapat belajar bagaimana cara beradaptasi,bersosialisai dengan publik dan mengelola jaringan pertemanan.
  6.  Internet sebagai media komunikasi, setiap pengguna internet dapat berkomunikasi dengan pengguna lainnya dari seluruh dunia.
  7. Media pertukaran data. Dengan menggunakan jaringan situs-situs web para pengguna internet di seluruh dunia dapat saling bertukar informasi dengan cepat dan murah.
  8. Sebagai media promosi dalam bisnis. Hal ini memungkinkan para pengusaha kecil dapat mempromosikan produk dan jasanya tanpa mengeluarkan banyak biaya.

Setelah tau apa saja gambaran sisi positif dari media sosial, sudah berfikiran mau mengambil yang apa?

Jika belum, baca kisah perempuan yang masih pelajar ini tapi sudah menghasilkan rupiah.


Debby Memulai Bisnisnya Sejak SMP, dan Berhasil Membangun Bisnis Lapak Baju Online yang Cukup Sukses!

Foto studentpreneur.co

Bermodal nol rupiah, seorang gadis berseragam putih biru mencoba menjalankan bisnis fashion online shop.

Tidak serius? Tidak berhasil? Anda salah.

Ia mampu meraup jutaan rupiah karena usaha yang ia bangun. Bahkan, usia bisnis ini sudah mencapai tiga tahun.

Kini, ia telah duduk di bangku 12 salah satu sekolah swasta di Mojokerto. Bagaimana cara gadis kelahiran 6 Agustus 1997 ini membangun usaha yang ia namakan Lapak Baju itu? Mari kita tanya langsung pada sang pemilik bisnis, Debora Putri Ardityanti, atau  akrab disapa Debby ini!

Online shop bernama Lapak Baju, menjual macam-macam baju buat perempuan. Barang paling laris, sih, sweater rajut atau cardigan begitu.

Saya mulai sejak kelas 3 SMP sampai sekarang. Awalnya, sih, cuma iseng-iseng saja buat menambah uang saku. Dulu, pembeli pun cuma berasal dari teman-teman atau saudara sendiri.


Apa, sih, yang yang membuat Debby memilih bisnis online shop?
Selain nggak butuh modal, bisnis online shop juga nggak menyita banyak tenaga, cuma perlu betah di depan HP atau PC aja, sih. Jadi, buat para pelajar kayak Saya begini, daripada HP cuma dibuat main, mending dipakai buat satu hal yang bisa menguntungkan.

Cuma modal HP saja sudah bisa dapat duit, itu yang bikin Saya suka sama bisnis online shop. Selain itu, menurut Saya, kan, zaman sudah serba canggih sekarang. Anak-anak muda nggak perlu susah-susah untuk mendapatkan barang yang mereka inginkan, tinggal belanja via online saja.

Menurut Anda, apa kelebihan dari bisnis online shop Lapak Baju Anda?

Kalau kelebihan, dari banyaknya pilihan model yang ada, harga yang lebih murah daripada lapak sebelah, juga fasilitas buat reseller, seperti dropship. Di sisi lain, bisnis online shop ini harus menunggu beberapa hari supaya barang-barang bisa sampai di tujuan atau ready.

Soalnya, kan, Saya pakai sistem PO, sedangkan banyak barang dari toko baju lain yang ready dan bisa dipilih langsung tanpa ribet. Hanya saja, sekarang, semua orang bisa berbisnis online shop. Jadi, pesaingnya semakin banyak. Banyak juga online shop yang memasang harga hampir sama dengan Saya atau lebih murah daripada Saya.

Customer Anda datang dari kalangan usia apa dan berasal dari daerah mana saja?

Customer Saya, sih, dari semua kalangan. Mungkin banyak yang anak SMA, ya. Terus, dari Mojokerto ada, tapi kebanyakan dari luar kota, seperti Jakarta, Samarinda, Surabaya, Bogor, dan lain-lain. Soalnya, kan, Saya juga promosi di banyak media sosial, jadi banyak orang dari luar Mojokerto yang tahu tentang Lapak Baju ini.

Terus, sulitnya apa, sih, menjalankan Lapak Baju?

Sulitnya kalau lagi pelajaran di sekolah, atau lagi banyak tugas begitu, banyak pembeli yang protes gara-gara responku lama ke mereka. Selain itu, banyak juga yang hit and run, jadi barang sudah diproses, eh, pembelinya hilang, jadi harus pintar-pintar cari cara biar nggak hit and run begitu.

Tapi yang paling sulit selama ini, sih, menghadapi pembeli yang cerewet minta ampun. Tapi tetap saja, pembeli adalah raja, jadi, ya turuti saja apa yang diminta sama raja. Hehehe.

Baca juga : Koper Penumpang Lion Air Dibobol, Agar Tak Terjadi Pada Anda Lakukan Hal ini

Terus, apa yang Debby lakukan supaya nggak terjadi hit and run lagi?

Bikin aturan yang jelas buat para pembeli, misalnya cara order atau sistem pembayaran. Selain itu, Saya juga harus tegas sama aturan yang sudah dibuat. Bagaimanapun pembeli merayu buat melenceng dari aturan, Saya nggak respon.

Pembeli yang hit and run juga Saya blacklist, jadi kalau mereka mau order lagi, Saya sudah nggak kasih tanggapan.

Karena dari awal, mereka sudah nggak bertanggung jawab sama barang yang sudah dipesan. Kalau Saya mengadakan giveaway juga mereka nggak bakal dapat kesempatan buat menang. Jadi, dengan begitu, peluang buat hit and run sedikit.

Nah, kalau tadi itu sulitnya bisnis online shop, sekarang, apa enaknya, nih?

Enaknya, ya, cuma main HP bisa dapat duit. Nggak terlalu ribet, sih, kalau online shop itu. Nggak butuh modal juga. Pokoknya, cocok, deh, buat pekerjaan sampingan selain belajar. Buat refreshing juga. Hehe.

Karena Anda masih bersekolah, bagaimana Anda membagi waktu antara sekolah dan berbisnis?

Ya harus pintar-pintar bagi waktu saja antara waktu sekolah dan waktu berbisnis. Misalnya, saat jam istirahat, Saya baru bisa kasih respon ke pembeli, atau kalau sudah pulang sekolah, Saya baru urus bisnis lagi.

Tapi untuk urusan les dan belajar, semua tetap berjalan. Kasih pengertian ke pembeli kalau Saya memang masih pelajar dan butuh waktu buat belajar. Memang kalau dapat duit itu enak, menyenangkan, tapi kewajiban Saya masih tetap sebagai pelajar, kan.

Sebelumnya, apakah Debby pernah dapat komplain? Dan apa pujian yang pernah Anda dapat dan masih ingat sampai sekarang?

Ah, kalau komplain, sih, sudah makanannya online shop. Tapi sampai sekarang, sih, cuma sebatas komplain gara-gara barang datangnya lebih dari estimasi, jadi pembeli banyak yang komplain.

Padahal Saya juga sudah kirim barang sesuai cara order di online shop, jadi untuk masalah barang datang lama itu juga tergantung jasa pengirimannya. Selain itu, sih, mereka komplain masalah respon saya yang lama, maklum, Saya juga pelajar. Hehe.

Iya, kalau pujian, sih, mereka bilang kalau pelayanannya enak, ramah, bisa dipercaya, barang juga nggak mengecewakan, sesuai dengan harga dan gambar.

Apakah Anda punya pengalaman berkesan selama menjalankan bisnis ini?

Ada, dulu Saya mempromosikan online shop melalui Facebook. Teman di FB sudah banyak, banyak juga yang sudah jadi pelanggan.

Tapi, tiba-tiba FB Saya di-hack sama orang, jadi mau nggak mau, Saya mulai membuat FB lagi dan mempromosikan mulai dari awal lagi. Tapi, Puji Tuhan, nggak ada korban. Soalnya, habis di-hack, akun FB saya dihapus.

Sebenarnya itu bukan pengalaman berkesan yang menyenangkan, ya. Hahaha. Tapi gara-gara itu semua, Saya mulai belajar promosi melalui media lain juga. Pengalaman berkesan yang lain, sih, dalam satu bulan, Saya bisa menjual sampai lebih dari 100 baju.

Apa rencana Anda untuk mengembangkan bisnis online shop ini?

Untuk rencana mengembangkan online shop, sih, ada. Misalnya, membuat web. Selama ini, Saya promosi via media sosial saja, masih belum melalui web. Apalagi membuat web, kan, memerlukan dana juga. Selain itu, sih, Saya berharap untuk punya barang yang sudah ready di rumah.

Selama ini, Saya masih pakai sistem Pre Order (PO) buat menghindari kerugian. Untuk mempersiapkan itu, Saya lagi proses menabung, juga belajar sama teman-teman tentang bagaimana cara untuk membuat web dan membuat desain web yang menarik.

Apakah Anda mempunyai rencana untuk membuka bisnis lain?

Iya. Selain baju, Saya juga sudah mulai berjualan aksesoris HP, seperti powerbank, tongsis, fish eye, dll. Pokoknya yang lagi trend sekarang. Hehe. Baru-baru ini, sih, saya mencoba bisnis itu. Tapi kalau dibandingkan sama online shop baju, sih, masih lebih laku online shop baju. Soalnya, powerbank, misalnya, itu cukup mahal. Beda sama baju.

Apa saran atau tips yang bisa kamu berikan pada anak-anak muda seumurmu yang tertarik untuk berbisnis?
Buat yang mau berbisnis, nggak ada salahnya, kok, kita mencoba berbisnis selama itu bisa menguntungkan dan nggak mengganggu kewajiban kita, it’s okay, lanjut! Apalagi pasti bangga kalau bisa membeli barang apapun dengan duit sendiri.

Kuncinya, sih, jangan bosan-bosan mencoba hal baru. Jangan malu juga untuk mempromosikan barang-barang. Terus, jangan mudah menyerah juga. Awalnya, memang butuh perjuangan untuk mengenalkan bisnis kita ke orang luar, tapi kalau sudah dikenal nanti, pasti banyak orang yang mencari.

Buat yang sudah punya bisnis, pintar-pintar atur waktu dan keuangan dalam bisnis. Keuntungan berapapun kalau nggak bisa diatur, pasti jatuhnya boros dan nggak bisa menikmati keuntungan itu. Selain itu, tetap jaga hubungan baik dengan pembeli. Jadilah online shop atau bisnis yang bisa dipercaya, dan jangan gampang menyerah juga.

Masih bingung pilih bisnis yang mana? disini ada bisnis yang cocok untuk para pelajar

Baca juga : Bukti Terungkap, Bocornya Data Facebook Juga Karena Kelakuan Penggunanya

Bisnis Online Untuk Anak Sekolah SMA, SMK Dan Sederajat

Nah apa saja bisnis online untuk anak sekolah seperti kalian? berikut kami sudah menyiapkannya untuk kalian.

1. Blogging
Di blog ini sudah sekian banyak saya bahas tentang blogging, dan sangat saya rekomendasikan sekali, buat kalian para pelajar yang ingin terjun ke bisnis online.

Kenapa harus blogging? karena dari mengelola sebuah blog inilah kita akan banyak belajar tentang seluk beluk bisnis online dan internet marketing. dari mulai Search engine optimation ( SEO), content marketing, membangun branding, membuat website, desain tampilan website, cara jualan online semua itu bisa kita pelajari jika kita menjadi seorang blogger.

Itulah mengapa perusahaan yang sudah besar dan di  kenal masyarakat sekalipun, mereka tetap memiliki blog sebagai salah satu teknik internet marketing yang mereka jalankan.

Jadi, kalau saya di tanya bisnis online apa yang cocok untuk anak sekolah? blogging atau menjadi seorang blogger ini adalah yang paling tepat. karena dari sinilah nanti perlahan lahan kemampuan internet marketing kita akan berkembang.

Selain itu, dengan memiliki blog, maka kita akan memiliki banyak kesempatan untuk menghasilkan uang dari internet. seperti mengikuti program periklanan google adsense, menerima iklan mandiri di blog kita. content placement dan masih banyak lagi yang lainya.

2. Jualan Online
Tahukah adek adek sekalian? saat ini orang terkaya di dunia adalah Jeff Bezos, sang pemilik toko online amazon, yang merupakan toko online terbesar di dunia.

Tau artinya?

Ini menunjukan bahwa jualan online merupakan bisnis online yang sangat potensial untuk di tekuni dan di jalankan sejak dini, bahkan dari sekolah.

Atau pernah dengan tentang anak muda bernama Yasa Singgih?  yang merupakan pemilik brands sekaligus toko online Mens'republik, yang pata tahun 2016 di nobatkan sebagai The Youngest forbes under 30 asia in retail and e-commerce category.

Yang perlu kita contoh dari seorang Yasa Singgih adalah. Dulunya dia merintis bisnisnya hanya bermodalkan pinjam baju di tanah abang lho !. kemudian di jualnya melalui sosmed. sampai akhirnya dia bisa punya brands sendiri dan toko online sendiri sampai saat ini.

Tentu ini suatu bukti nyata bahwa salah satu bisnis online yang potensial adalah dengan jualan online.

Tapi gak punya modal ka? ada banyak jalan menuju rhoma, cotohnya seperti yasa singgih tadi.atau kalian bisa juga berjualan online dengan sistem dropshipper dahulu, sehingga jualan tidak perlu modal dan stok barang.

Selain jualan, masih banyak juga bisa dilakukan di Instagram, misalnya seperti membagikan berita yang bermanfaat atau membuat motivasi-motivasi hal ini bisa juga dikatakan bisnis.

Media berita juga kini banyak dibutuhkan

Contohnya saja seperti ini : 


Foto instagram dari wajibbaca.com

Berkembangnya zaman juga ditandai dengan semakin mudahnya mengakses info serta menyediakan 'hangat' ke tangan pembaca. Jika kamu punya kreativitas tinggi, tak ada salahnya mencoba membangun akun yang 'difokuskan' menjadi media berita, seperti wajibbaca.com. Gencarkan akun tersebut untuk memberi info tertentu yang akan membuat akunmu terkenal dan diikuti banyak orang. Dengan demikian, kamu bisa digandeng banyak instansi atau produk tertentu yang ingin juga dipromosikan.

3. Bisnis Online sebagai youtuber
Selanjutnya bisnis online yang cocok untuk anak sekolah adalah menjadi seorang youtuber. kenapa? karena jika di tekuni hampir sama seperti blogging, bisa memberikan penghasilan yang cukup besar dari iklan google adsense.

Namun syaratnya adalah harus bisa mengupload vidio dan mempromosikan vidio tersebut agar mendapatkan banyak viewer, barulah setelah itu di pasang kode iklan adsense di dalam vidio yang kita upload tersebut. Maka jika ada penonton vidio kita yang melakukan klik terhadap iklan yang kita pasang tersebut kita akan mendapatkan bayaran.

4. Mengisi Survei Online
Saat ini cukup banyak perusahaan berbasis online yang memberikan komisi kepada membernya hanya dengan mengisi survei yang mereka berikan kepada kita, ya meskipun tidak terlalu besar, kalau kalian rajin untuk mengisi setiap survei yang mereka berikan, maka hasilnya juga cukup lumanyan.

Lebih lengkap tentang survei online berbayar, silahkan search di google ya.

5. Menjadi Buzzer Di Instagram
Nah bagi kalian yang suka main instagram, ada kabar gembira nich, kalian bisa juga menjadikan instagram sebagai bisnis online kalian. Caranya? salah satunya dengan menjadi buzzer di instagram.

Apaan itu ka? yakni kita mempromosikan akun instagram orang lain di akun instagram milik kita agar mereka bisa mendapatkan follower yang banyak. wah gampang tu !.

Iya memang gampang banget kerjanya, namun yang harus jadi catatan disini, kita hanya bisa menjadi buzzer jika kita memiliki follower instagram yang cukup banyak, minimal 200 ribu follower, lebih banyak lebih baik.

Wah harus banyak baget ya followernya? ya iya donk, kalau nggak gak mungkin ada yang tertarik untuk mempromosikan akun mereka di instagram kita

6. Menjadi Tukang Endorse Di Instagram Dan Youtube
Kalau yang ini hampir sama dengan menjadi seorang buzzer, namun bedanya seorang endorse adalah mempromosikan produk atau jasa dengan melakukan testemoni di akun instagram kita, dengan harapan produk yang di promosikan oleh kita itu laku dan terjadinya peningkatan penjualan.

Saya yakin kalian tentu pernah mendengar tentang artis artis indonesia dan luar negeri yang sering melakukan endorse di akaun instagram dan youtube mereka, sebut saja seperti syahrini dan ayu ting ting.

Nah, sebenarnya kita juga bisa menjadi endorsement ini lho. dengan catatan sama seperti pada no 5, syarat utamanya adalah kita harus memiliki follower ataupun subscriber akaun instagram dan youtuber hingga ratusan ribu. semakin banyak maka akan semakin mudah untuk kita bisa mendapatkan jobs dan pundi pundi uang.

So !! jika kalian ingin menjadi tukan endorse dan buzzer, maka rajin rajinlah untuk mencari follower sebanyak banyaknya, agar suatu saat bisa menjadi aset bagi kalian.

Demikianlah sedikit ulasan tentang bisnis online untuk anak sekolah, semoga bisa bermanfaat untuk kita semua.
Top