Buah dan Sayur Ini Bermanfaat Menjaga Kesehatan Paru-parumu

Komentar

Sumber gambar infeksiparuparu.azkaherbal.com

Karena menjaga itu lebih baik daripada mengobati...

Semua tahu, kualitas udara saat ini semakin buruk di perkotaan menjadi penyebab banyak orang terkena infeksi paru-paru...

Dan lagi orang merokok juga semakin banyak....

Jadi rutinlah konsumsi sayur dan buah agar turunkan resiko infeksi paru-paru...

Penting sekali menjaga agar paru-paru tetap sehat, karena jika sampai kekurangan oksigen bisa berakibat fatal dan bisa berujung pada kematian.

Begitu pula dengan kualitans udara yang masuk ke paru-paru, semua harus dipastikan sehat, terhindar dari segala macam penyebab penyakit. Jika kesehatan paru-paru terganggu maka sistem pernafasan tidak akan berjalan normal sebagaimana seharusnya.

Selain menghindari udara tidak sehat karena polusi, berhenti juga dari kebiasaan merokok dan selalu mengkonsumsi makanan yang menyehatkan paru-paru.

Dikutip dari guebanget.com sebuah studi pada 2016 menemukan bahwa makanan ini bisa meningkatkan fungsi paru-paru dan menurunkan risiko masalah yang lebih kronis, seperti Penyakit Paru Obstruktif Kronis (PPOK).

Para ahli berspekulasi bahwa ketika bakteri baik mencerna serat pada usus, mereka memproduksi hasil tambahan yang kuat dan bisa mengurangi inflamasi pada paru-paru.

Berikut beberapa makanan baik untuk  kesehatan paru-paru:

1. Jeruk Bali


Salah satu jenis makanan yang berguna untuk membersihkan paru-paru dari berbagai zat beracun yaitu dengan mengkonsumsi jeruk bali. Buah yang satu ini memiliki khasiat yang luar biasa untuk mencegah kanker paru-paru. Hal ini karena jeruk bali kaya akan kandungan vitamin C dan antioksidan untuk mencegah sel kanker pada paru-paru.

Menurut hasil riset menunjukan bahwa jeruk bali kaya akan kandungan vitamin C sehingga berguna dalam menghambat enzim yang bisa mengaktifkan sel kanker pada paru-paru. Maka dari itu perbanyaklah konsumsi jeruk bali atau jenis buah lain yang kay akan kandungan antioksidan.

2. Jahe


Jahe merupakan salah satu jenis rempah yang biasa digunakan dalam masakan. Namun disamping itu ternyata jahe memiliki khasiat yang luar biasa untuk kesehatan, terutama dalam mengatasi masalah paru-paru.

Sifat antiseptic dan antibakteri pada jahe bermanfaat untuk menghilangkan zat-zat berbahaya dari saluran bronchial. Bagi perokok sangat disarankan untuk mengkonsumsi air jahe sebagai upaya untuk membersihkan saluran tersebut sehingga terhindar dari resiko penyakit.

3. Bawang Putih


Bawang putih bisa membantu membersihkan paru-paru dari zat berbahaya. Hal ini karena bawang putih mengandung antioksidan dan senyawa allicin yang berguna sebagai zat anti imflamasi didalam tubuh. Oleh karena itu dalam upaya untuk membersihkan racun dari dalam tubuh sebaiknya konsumsi bawang putih secara rutin. Caranya dengan menambahkan kedalam masakan yang Anda konsumsi sehari-hari dan rasakan manfaatnya.

4. Selenium

Sumber gambar eathealthylivefit.com

Selenium merupakan salah satu bagian dari mineral yang berguna dalam menstimulus enzim. Selenium akan bekerjasama dengan vitamin E untuk membantu memperkuat membrane pada paru-paru. Jika kadar selenium didalam tubuh banyak maka akan mencegah timbulnya sel kanker untuk berkembang.

Oleh karena itu konsumsilah makanan yang mengandung mineral penting tersebut seperti jamur tiram, semangka, ubi jalar dan bayam. Bagi Anda perokok sebaiknya penuhi semua nutrisi tersebut guna membersihkan paru-paru dari zat-zat kimia berbahaya.
Top