Benarkah Semut Jepang Bisa Sembuhkan Penyakit Ekstrem

Komentar
Sumber gambar qolbunhadi.com

Semut Jepang banyak dipilih sebagai pengobatan alami. Pasalnya, kandungan semut Jepang sangat alami dan tida ada bahan kimia yang berbahaya.....

Benarkah semut Jepang itu punya khasiat yang begitu luar biasa...?

Pernahkah Anda mendengar tentang metode pengobatan dengan semut jepang? Nah, semut jepang memang sedang marak digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit.

Konon, binatang kecil berwarna hitam ini cukup ampuh untuk berbagai macam pengobatan. Lantas, apakah perbedaan semut jepang dengan semut-semut lain yang bisa kita temukan di rumah? Sebelum membahas manfaat semut jepang untuk pengobatan, yuk, kita berkenalan terlebih dahulu dengan semut yang satu ini!

Apa Itu Semut Jepang? 

Semut Jepang merupakan salah satu spesies semut dari keluarga Tenebrio dan Tribolium.

Semut ini juga biasa disebut mealworm beetle atau tenebrio molitor. Meskipun dinamai semut jepang, namun tidak diketahui secara pasti apakah semut ini memang berasal dari negara Jepang atau bukan. Semut jepang memiliki tampilan yang menyerupai kumbang hitam.

Namun, ukuran semut ini sangatlah kecil. Masyarakat Jepang percaya bahwa semut ini memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan. Bagi Anda yang belum pernah melihat semut jepang, berikut adalah ciri-ciri dari semut jepang seperti yang dikutip dari bacaterus.com.

  1. Semut jepang yang sudah dewasa berwarna hitam pekat 
  2. Memiliki 6 kaki dengan ruas kepala, leher, dan badan 
  3. Sekilas tampilannya mirip dengan kutu beras yang tidak memiliki moncong, tetapi ukurannya lebih besar dari kutu beras 
  4. Tekstur badannya lebih keras dari semut-semut biasa 
  5. Ukurannya kecil, yakni sekitar 1-2 cm 
  6. Memiliki sayap tetapi tidak dapat terbang 
  7. Jika diperhatikan dengan seksama, pada sayap semut jepang terdapat garis-garis lurus 
  8. Gemar hidup secara berkelompok layaknya semut-semut lainnya 
  9. Proses reproduksi semut jepang terbilang sangat cepat 
  10. Bukan hewan kanibal 
  11. Suka hidup di ragi, itulah sebabnya ragi sering dipilih sebagai makanan utama untuk semut jepang



Bisa Anda lihat bahwa semut jepang memiliki penampilan yang amat sangat berbeda dari semut-semut yang biasa Anda temui.

Selain itu, jika pada umumnya semut-semut biasa dibasmi dengan kapur semut atau obat nyamuk semprot karena dianggap mengganggu, lain halnya dengan semut jepang.

Semut ini sengaja diternakkan dan dijual dengan harga yang cukup mahal. Satu ekor semut jepang bisa dijual dengan harga 500 hingga 1.000 rupiah.

Sementara itu, untuk pengobatan umumnya membutuhkan 1-5 ekor semut jepang.

Bisakah Anda bayangkan berapa keuntungan yang diraup peternak semut jepang jika sehari ia bisa menjual sekitar 1.000 ekor semut yang berasal dari negeri sakura ini?

Lantas, mengapa banyak orang mengkonsumsi semut jepang? Seperti disinggung di atas, semut ini ternyata memiliki segudang manfaat untuk menyembuhkan penyakit di tubuh manusia.

Berikut adalah beberapa manfaat semut jepang untuk pengobatan tersebut:

1. Mengurangi Kadar Kolesterol Dalam Darah

Kolesterol merupakan masalah utama yang dialami masyarakat modern, terutama masyarakat perkotaan yang tidak memperhatikan pola makan sehat.

Sudah rahasia umum jika kolesterol adalah penyebab dari berbagai penyakit serius, seperti penyakit jantung dan stroke.

Konsumsi semut jepang dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah, khususnya kolesterol buruk (LDL). Rutin mengkonsumsi semut jepang secara teratur dapat membuat kadar kolesterol tinggi menjadi normal kembali.

2. Meringankan Penyakit Jantung 

Penyakit jantung adalah salah satu penyakit yang mematikan.
Penderita penyakit jantung di Indonesia cukup banyak.

Nah, semut jepang dapat digunakan untuk meringankan sekaligus mengobati penyakit jantung.

3. Membantu Penyembuhan Asam Urat 

Beberapa penderita asam urat sering mengeluh jika penyakit tersebut sedang kambuh.
Pasalnya, penderita asam urat kerap kali merasakan sakit atau nyeri di sekitar tumit hingga jari-jari kaki.

Jika asam urat sedang kambuh, penderitanya akan mengalami kesulitan untuk berjalan dan melakukan aktivitas lainnya. Na, salah satu kegunaan semut jepang adalah untuk membantu penyembuhan penyakit asam urat tersebut. Silahkan konsumsi secara rutin hingga gejalanya berkurang.

Setelah asam urat membaik, kurangi dosis konsumsi semut jepang secara perlahan.

4. Meringankan Diabetes 

Diabetes adalah penyakit gula darah.

Tubuh penderita diabetes tidak bisa mengatur kadar gula dalam darah dengan baik. Oleh karena itu, glukosa akan menumpuk dalam darah dan menyebabkan diabetes ini.

Nah, semut jepang bisa meringankan penyakit ini dengan menetralkan kandungan gula dalam darah. Dengan mengkonsumsi semut jepang, kadar gula darah penderita diabetes akan menjadi normal secara perlahan tapi pasti.

5. Meringankan Penyakit Liver 

Penderita penyakit hati atau liver cenderung memiliki daya tahan tubuh yang lemah. Konsumsi semut jepang dapat meringankan penyakit liver agar tidak terus menerus kambuh. Selain itu, semut jepang juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh dari penderita liver.

Semut jepang banyak dipilih sebagai pengobatan alami. Pasalnya, kandungan semut jepang sangat alami dan tida ada bahan kimia yang berbahaya.

Jadi, sebagian orang percaya bahwa semut ini aman untuk dikonsumsi. Nah, apakah Anda tertarik untuk turut serta merasakan manfaat semut jepang untuk pengobatan?

Namun sebagai catatan masih belum ada penelitian atau penjelasan secara medis yang menyebutkan bahwa semut Jepang ini memang benar-benar mempunyai khasiat...
Top