7 Tempat dan 12 Waktu Mustajab Untuk Berdoa, Rasulullah Juga Melakukannya

Komentar

Sumber gambar crossnews.am

Waktu doa mustajabah dan tempat-tempatnya banyak sekali, ini sekumpulannya:

Masjid menjadi tempat favorit bagi Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Di sana beliau memanjatkan doa, baik bag diri maupun umatnya.

Selain itu, ada sejumlah tempat lain yang disukai Rasulullah. Berikut ulasannya:

1. Masjidil Haram di Mekkah Al-Mukarramah

Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam mengajarkan bahwa sebuah doa di Masjidil Haram bernilai 100.000 doa di masjid lainnya. Beliau juga bersabda, “Demi Allah. Engkau (Mekkah) adalah sebaik-baik (tanah) bumi, dan bumi Allah yang paling dicintai-Nya. Seandainya aku tidak terusir darimu, aku tidak akan keluar (meninggalkanmu).” (HR. Tirmidzi)

2. Masjid Nabawi di Madinah Al-Munawwarah

Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam besabda, “Ya Allah! Jadikan kami mencintai Madinah sama seperti kita mencintai Mekkah atau bahkan lebih.” (HR. Bukhari)

3. Masjid Al-Aqsa di Yerusalem

Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam memimpin semua nabi dalam shalat di Masjid Al-Aqsa pada malam perjalanan yang menakjubkan dari Isra’ menuju Mi’raj.

Allah berfirman di dalam Al-Qur’an Surat Al-Isra’: Maha Suci Allah, yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Masjidil Haram ke Masjid al-Aqsa yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Kami.

4. Masjid Quba di Madinah

Ini adalah masjid pertama yang dibangun dalam Islam oleh Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Beliau bersabda, “Barangsiapa bersuci di rumahnya kemudian datang ke Masjid Quba’, kemudian dia mendirikan shalat di sana, maka dia mendapatkan pahala umrah.” (HR. Ibnu Majah dan lainnya)

5. Gunung Uhud di Madinah

Saat berdiri di Gunung Uhud bersama para sahabatnya, Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Gunung ini mencintai kita dan kita mencintainya pula.” (HR. Bukhari)

6. Al-Baqi, Tempat Pemakaman di Madinah

Al-Baqi adalah tempat pemakaman sekitar 10.000 sahabat Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Beliau biasa mengunjungi makam mereka dan berdoa untuk orang-orang yang dikuburkan di dalamnya. Di antara doa beliau adalah:

“Semoga selamat wahai orang beriman. Apa yang telah dijanjikan telah datang kepada Anda.”

” Ya Allah, maafkan penduduk Baqi ‘Al-Gharqad.”

7. Raudhah di Masjid Nabawi, Madinah

Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Antara rumah dan mimbar saya ada taman kebun surga, dan mimbar saya ada di tangki air mancur saya (yaitu Al-Kautsar).” (HR. Tirmidzi)

Selain Tempat-tempat Diatas Juga Ada Waktu-waktu yang Mustajab Untuk Berdoa

Allah memberikan masing-masing waktu dengan keutamaan dan kemuliaan yang berdeda-beda, diantaranya ada waktu-waktu tertentu yang sangat baik untuk berdoa, akan tetapi kebanyakan orang menyia-nyiakan kesempa- tan baik tersebut...

Mereka mengira bahwa seluruh waktu memiliki nilai yang sama dan tidak berbeda. 

Bagi setiap muslim seharusnya memanfaatkan waktu-waktu yang utama dan mulia untuk berdoa agar mendapat kan kesuk-sesan, keberuntungan, kemenangan dan keselamatan.

Adapun waktu-waktu mustajabah tersebut antara lain dapat Anda baca di instagram wajibbaca.com

Atau klik disini.

Semoga bermanfaat... 
Top