4 Produk Makanan Sangat Bahaya Untuk Balita dan ibu Hamil, Padahal Banyak Beredar

Komentar

Foto via kumparan.com

Peringatan, produk makanan ini berbahaya bagi balita dan ibu hamil

Kebiasaan masyarakat jika membeli makanan tidak dilihat komposisi, tanggal kadaluarsa dan juga peringatan-peringatan yang ada dalam kemasan, telendor sedikit bisa berefek buruk, maka dari itu tingkatkan waspada dan ketelitian dalam membeli makanan hilangkan kebiasaan buruk ada makanan enak langsung beli tanpa melihat komposisi

Baru-baru ini beredar pesan berantai di WhatsApp berisi informasi soal jajanan yang tidak disarankan untuk dikonsumsi anak di bawah umur 5 tahun. Informasi itu lengkap dengan foto-foto beberapa kemasan minuman dan makanan ringan.

Dalam pesan berantai tersebut terdapat foto minuman rasa jeruk yang berada dalam botol kaca, minuman jelly, dan beberapa makanan ringan jenis kacang-kacangan.

Baca juga : Heboh Telur Palsu, Ini Fakta dan Cara Mudah Membedakan Telur Asli atau Palsu

"Bagi teman yang punya anak, saudara di bawah 5 tahun, ternyata sirup ABC, Susu Ultra, Kacang Garuda. Gery Cokelat, tidak boleh dikonsumsi anak di bawah 5 tahun. Baru tahu sekarang, mungkin karena tulisannya terlalu kecil dan bagian paling akhir sehingga orang tidak sempat membacanya," bunyi pesan berantai tersebut.

Jumat (23/3) kemudian mengecek kebenaran pesan berantai tersebut ke sebuah minimarket. Informasi minuman dan makanan untuk dikonsumsi anak di bawah 5 tahun itu ternyata benar ada dalam kemasan.

Hanya saja tulisan informasi tersebut terlalu kecil sehingga sulit untuk terlihat. 

1. Minuman sirup



Cek komposisi bahannya sebelum meminum

Sebuah penelitian Statens Serum Institut di Copenhagen, Denmark, mengungkapkan bahwa ada hubungan antara konsumsi pemanis buatan dengan kelahiran prematur.

Menurut salah satu peneliti, Dr. Thorhallur I Halldorsson, pemanis buatan seringkali bersembunyi di balik produk kemasan berlabel sehat atau minuman diet yang mengandung soda.

Kandungan pemanis buatan inilah yang seringkali memicu tekanan darah tinggi pada wanita hamil dan meningkatkan risiko bayi lahir prematur. Penelitian ini menemukan fakta bahwa wanita hamil yang minum satu porsi soda per hari memiliki risiko 38 persen lebih tinggi untuk melahirkan prematur dibanding mereka yang tidak mengonsumsi soda sama sekali.

Baca juga : Agar Bayi Terhindar dari Biang Keringat, ini Cara Merawat Kulit Bayi Tetap Halus, Lembut dan Sehat

2 Wafer Chocolate rols



Ada petunjuk tak boleh dikonsumsi balita

Sebagian besar dari kita mungkin sudah mendengar hasil penelitian beberapa waktu lalu dari Lembaga Konsumen jakarta (LKJ) bahwa 9 jenis makanan dari 48 jenis makanan khususnya makanan anak-anak, menggunakan pemanis buatan yang efek negatifnya dapat mempengaruhi syaraf otak dan penyakit ganas seperti kanker.

Uji laboratorium dari 9 jenis makanan tersebut terdapat kandungan aspartame, sakarin, dan siklamat. Di negara Eropa penggunaan bahan-bahan tersebut sudah lama dilarang. Memang mengerikan sekali jika bahan yang membahayakan tubuh tersebut itu ternyata ada di makanan anak seusia balita!

3. Makanan ringan jenis kacang-kacangan



Lagi-lagi baca kandungan bahan dengan teliti

Begitu juga untuk ibu menyusui, karena apa yang dikonsumsi ibu akan menjadi bahan apa yang dikonsumsi bayi melalui asi.



Karenanya bagi ibu menyusui tidak disarankan tidak meminum atau memakan jajan yang mengandung pemanis buatan terlalu sering, karena efeknya bisa saja terjadi pada bayi.

Baca juga : Catat! Ini Checklist Perlengkapan Melahirkan yang Wajib Dibawa ke Rumah Sakit

4. Minuman jelly



Selain tiga merek di atas, minuman okky jelly drink juga banyak diunggah di media sosial dengan indikasi berpemanis buatan sehingga tidak aman dikonsumsi balita, ibu hamil, dan ibu menyusui.

Nah kini kamu sudah tahukan? Jadi lebih baik cek dulu tulisan dan komposisi serta peringatan yang ada pada produk yang kamu beli.
Top