3 Doa yang Mustajab Pasti Terkabul yang Tidak Diragukan Lagi Kebenarannya

Penulis Penulis | Ditayangkan 27 Mar 2018

3 Doa yang Mustajab Pasti Terkabul yang Tidak Diragukan Lagi Kebenarannya

Sumber gambar pinterest
Doa-doa ini tidak diragukan lagi keampuhannya....

Kalau mau berdoa yang dengan 3 doa ini sesuai dengan yang sudah disebutkan Rasulullah...

Doa seorang Ibu adalah doa yang selalu dinantikan seorang anak dan doa seorang ibu adalah doa yang mustajab.

Karena seorang ibu memiliki banyak sekali keutamaan dijelaskan dalam Al-Qur'an dan Hadits nabi SAW yang tentunya Allah Swt mengangkat derajat tinggi seorang ibu yang telah berjuang keras dan berjihad untuk membesarkan anak-anaknya dengan ilmu dan kasih sayang.

Akan tetapi ada hal yang berbeda dengan Doa dari seorang ibu. Doa ibu tentu saja berbeda dengan doa yang dipanjatkan oleh orang lain yang bukan merupakan orang tua kandung atau bagian terpenting dalam hidup kita.

Dimana hal ini sebagaimana disampaikan dalam sebuah hadist bahwa, Rasulullaah SAW bersabda:

“Tiga doa yang mustajab yang tidak diragukan lagi (kemakbulannya), yaitu doa orang tua, doa orang yang bepergian (safar), dan doa orang yang dizalimi.” (HR. Abu Daud)

Untuk itu, sangat logis dan rasional jika seorang anak diminta untuk selalu berbakti kepada orang tuanya dan memberikan yang terbaik untuk orang tua yang telah membesarkannya, karena orang tua khususnya ibu telah berjasa besar untuk diri kita sehingga bisa memiliki kedewasaan hingga kini.

Didalam Al-Qur'an dan informasi dari hadist banyak dijelaskan mengenai keutamaan orang tua khususnya ibu.

Keutamaan-keutamaan inilah yang membuat doa seorang ibu menjadi doa mujarab dan doa yang memiliki keistimewaan.

Untuk mendapatkan doa seorang ibu, tentu saja kita harus membuat agar ibu kita benar-benar mendoakan yang terbaik dan berasal dari perasaan yang paling mendalam dari lubuk hatinya.

Jangan sampai kita membuat ibu kita berdoa dengan hal keburukan atau mengatakan hal yang buruk pada diri kita.

Al-Qur'an dan Sunnah Rasulullah SAW telah mengajarkan banyak hal tentang keutamaan seorang Ibu, keutamaan inilah yang harus dipahami dan kita ambil hikmahnya.

1). MERAWAT ANAK SEJAK DALAM KANDUNGAN

Allah SWT berfirman:

وَوَصَّيْنَا الْاِنْسَانَ بِوَالِدَيْهِ اِحْسَانًا ۗ حَمَلَـتْهُ اُمُّهٗ كُرْهًا وَّوَضَعَتْهُ كُرْهًا ۗ وَحَمْلُهٗ وَفِصٰلُهٗ ثَلٰـثُوْنَ شَهْرًا ۗ حَتّٰٓى اِذَا بَلَغَ اَشُدَّهٗ وَبَلَغَ اَرْبَعِيْنَ سَنَةً ۙ قَالَ رَبِّ اَوْزِعْنِيْۤ اَنْ اَشْكُرَ نِعْمَتَكَ الَّتِيْۤ اَنْعَمْتَ عَلَيَّ وَعَلٰى وَالِدَيَّ وَاَنْ اَعْمَلَ صَالِحًا تَرْضٰٮهُ وَاَصْلِحْ لِيْ فِيْ ذُرِّيَّتِيْ ۗ ۚ اِنِّيْ تُبْتُ اِلَيْكَ وَاِنِّيْ مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ

"Dan Kami perintahkan kepada manusia agar berbuat baik kepada kedua orang tuanya. Ibunya telah mengandungnya dengan susah payah, dan melahirkannya dengan susah payah (pula). Masa mengandung sampai menyapihnya selama tiga puluh bulan, sehingga apabila dia (anak itu) telah dewasa dan umurnya mencapai empat puluh tahun, dia berdoa, Ya Tuhanku, berilah aku petunjuk agar aku dapat mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau limpahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku, dan agar aku dapat berbuat kebajikan yang Engkau ridai; dan berilah aku kebaikan yang akan mengalir sampai kepada anak cucuku. Sungguh, aku bertobat kepada Engkau, dan sungguh, aku termasuk orang muslim." (QS. Al-Ahqaf: Ayat 15).

Allah Swt memerintahkan manusia untuk senantiasa berbuat baik kepada orang tua khususnya ibu yang telah mengandung.

Mengandung selama 9 bulan, memberikan Asi, dan membesarkan seorang anak bukanlah hal yang mudah melainkan membutuhkan banyak pengorbanan dan perjuangan yang besar.

Untuk itu, betapa kita seorang anak yang durhaka dan berdosa ketika tidak menghiraukan ibu apalagi berbuat baik terhadap ibu.

Untuk itu, kewajiban seorang anak agar mendapat doa yang terbaik dari ibu adalah senantiasa mendoakan kebaikan pula dan menyenangkan hati ibu-nya agar merasakan kebahagiaan.

Tentu hal ini akan memberikan dampak yang baik bagi keluarga.

Telah Melahirkan AnakNya.

Didalam Al-Qur'an, Allah SWT berfirman:

وَوَصَّيْنَا الْاِنْسٰنَ بِوَالِدَيْهِ ۚ حَمَلَتْهُ اُمُّهٗ وَهْنًا عَلٰى وَهْنٍ وَّفِصٰلُهٗ فِيْ عَامَيْنِ اَنِ اشْكُرْ لِيْ وَلِـوَالِدَيْكَ ۗ اِلَيَّ الْمَصِيْرُ

"Dan Kami perintahkan kepada manusia (agar berbuat baik) kepada kedua orang tuanya. Ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam usia dua tahun. bersyukurlah kepadaKu dan kepada kedua orang tuamu. Hanya kepada Aku kembaliMu."
(QS. Luqman: Ayat 14)

Ibu telah melahirkan anak-anaknya dengan susah payah dan memberikan ASI selama 2 tahun. Hal ini disampaikan oleh Allah bahwa kita wajib untuk berbuat baik dan tidak menyia-nyiakan orang tua selagi masih ada di dunia.

Doa seorang ibu yang memiliki keistimewaan ini membuat kita tentunya akan mendapatkan keselamatan di dunia dan akhirat. Untuk itu, sangat mahal doa seorang ibu, khususnya ibu yang benar-benar memberikan kita pendidikan terbaik.

2). KATA IBU DISEBUT 3 KALI OLEH RASULULLAH SAW

Dari Abu Hurairah Radhiyallaahu anhu, beliau berkata: “Seseorang datang kepada Rasulullah shalallahu alaihi wasallam dan berkata, ‘Wahai Rasulullah, kepada siapakah aku harus berbakti pertama kali..?’

Nabi shalallaahu alaihi wasallam menjawab, ‘Ibumu!’

Dan orang tersebut kembali bertanya, ‘Kemudian siapa lagi..?’

Nabi shalallaahu alaihi wasallam menjawab, ‘Ibumu!’

Orang tersebut bertanya kembali, ‘Kemudian siapa lagi..?’

Beliau menjawab, ‘Ibumu.’ Orang tersebut bertanya kembali,

‘Kemudian siapa lagi,’ Nabi shalallahu ‘alaihi wasallam menjawab, ‘Kemudian ayahmu'. (HR. Bukhari dan Muslim)

Ibu memang memiliki keutamaan yang berkali lipat sebagaimana Rasulullah SAW menyebut namanya sebanyak 3 kali, baru kemudian ayah. Hal ini menunjukkan bahwa ibu benar-benar memiliki keutamaan yang luar biasa dan membuat kita bisa mendapatkan Doa terbaiknya yang mustajab dihadapan Allah SWT.

Untuk itu, mendapatkan Doa terbaik seorang Ibu hendaknya kita memanjatkan terus doa untuknya, berbuat yang menyenangkan hatinya serta tidak menyakiti hati seorang ibu.

Banyak sekali orang-orang yang sering kali melupakan seorang Ibu saat dirinya sudah sukses dan  berkembang pesat.

Padahal, dibalik kesuksesan diri kita ada seorang ibu yang benar-benar sangat mendukung dan memberikan banyak pengorbanan untuk kita.
SHARE ARTIKEL