Nasi Sering Lengket, Cepet Kering dan Basi? Begini Trik Masak Nasi Agar Tak Lengket

Komentar

Foto via ragammanfaat.com

Trik ampuh masak nasi anti basi, anti lengket

Nasi cepet basi, padahal masih banyak ya jadinya malah dibuang, tapi kan itu mubadzir? kalau semisal masak nasi untuk 2 hari, tapi masih 1 hari sudah basi apalagi masih banyak, lah kalau begini terus selama sebulan sudah terbayangkan berapa banyak nasi yang dibuang, kan mubadzir, maka dari itu ini ada trik efektif masak nasi anti lengket, anti basi, anti kering.

Namanya orang Indonesia, makan apapun tanpa nasi putih rasanya kurang afdol deh, ya gak sobat ?

Nasi putih emang sudah jadi makanan pokok yang gak boleh kelewatan oleh orang Indonesia setiap kali menyantap hidangan makanan apapun.

Baca juuga : Meski Sepele, 100% 10 Trik Masak ini Dibutuhkan Istri yang Gagap di Dapur

Bahkan ada seorang netizen yang ngomong kalau belum makan nasi itu sama dengan belum makan! Tapi tahu gak sih, banyak orang yang sering salah dalam cara memasak nasi putih loh! Apa aja sih kesalahan yang sering dibuat orang ketika masak nasi? Yuk cekidot!

1. Mencuci beras terlalu sering

Ada orang yang bilang kalau cuci beras itu harus 4-5 kali hingga airnya terlihat jernih baru boleh dimasukkin ke dalam rice cooker.

Tapi kamu tahu gak sih, dengan kamu cuci terlalu sering, sari di dalam beras tersebut akan luntur bersama dengan air, sehingga beras yang kamu masak nanti menjadi gak enak.

Kamu cukup mencuci beras tadi sebanyak 1-2 kali saja.

2. Jumlah air yang terlalu banyak

Kamu pasti pernah deh masak nasi terus hasilnya antara terlalu lunak atau malah terlalu keras, bukan? Pada umumnya, perbandingan beras dengan air yang benar adalah 1: 1.2~1.4, atau lebih gampangnya ketinggian air dari beras sekitar 2~4 cm.

Baca juga : Baru Menempati Kontrakan? ini Amalan Semasa Pindah Rumah Baru agar Terhindar dari Mara Bahaya

3. Langsung membuka tutupan rice cooker setelah masak

Ketika pencetan 「Cook」 berubah menjadi 「Warm」 artinya nasi di dalam telah masak. Namun seringkali banyak orang yang langsung membuka tutupan rice cooker setelah pencetan ini berubah.

Tahu gak sih, kalau kamu membukanya langsung setelah dia masak, uap yang menempel pada tutupan tersebut akan langsung jatuh ke permukaan nasi dan membuat nasi tersebut malah jadi makin lembek.

Untuk mencegah hal tersebut, tunggulah sampai 5 menit baru cabut kabel rice cooker. Setelah itu, tunggu 5 menit lagi sebelum membuka tutupan rice cooker.

Terus kalau mau masak nasi supaya dia gak lengket, gimana ya caranya?

Caranya gampang banget kok, kamu cukup meneteskan setetes minyak sayur dan sedikit cuka ke dalam nasi. 

Minyak sayur ini berguna untuk membuat nasi tidak lengket dan terlihat mengkilap setelah dimasak. Cuka sendiri berguna untuk menjaga sari di dalam beras dan memberikan aroma yang khas setelah selesai dimasak.

Baca juga : Ternyata ini "Drakula Penghisap Listrik" Penyebab Tagihan Bulanan Anda Bengkak

Selain itu, masih ada trik yang lain, sobat, yaitu taruh es batu ke dalam beras yang sudah dicuci! Es batu sendiri berguna untuk memperlambat daya serap beras terhadap air, sehingga beras menjadi lebih empuk serta gak gampang lengket. Caranya gampang banget kok, kamu cuma perlu menaruh satu biji es batu ke dalam beras yang sudah dicuci doang.

Tapi inget ya, jangan sampai air yang kamu taruh di dalamnya menjadi lebih banyak dari perbandingan yang tadi sudah dijelasin setelah kamu taruh es batu ke dalamnya. Setelah itu, tinggal pencet tombol 「cook,」 tunggu deh sampai masak!

Gimana? Gampang banget kan cara masak nasi yang gak lengket tapi enak ini? Yuk share ke teman-temanmu!
Top