Cegah Anak Tonton Video yang Sedang Viral, Begini Cara Filter Video YouTube

Komentar

Foto via ummi.com

Waspadai anak tonton video yang sedang viral dengan memfilter video youtube

Terkadang anak kedapatan menonton video-video yang tak sepantasnya, entah itu juga dibawah pengawasan kita sebagai orangtua atau diluaran sana. 

Hal ini menakutkan jika anak sudah kecanduan dengan menonton video-video tak sepantasnya bisa berbahaya untuk otak dan sikapnya, sedari itu begini cara memfilter video youtube

Merasa khawatir anak-anak dan putra putri kita yang telah menginjak usia remaja menikmati konten p*rnografi atau tayangan mengandung kekerasan di chanel youtube? Ada kok cara untuk memfilternya.

Pertama, bisa menekan tombol bagian kanan atas (bisa berupa foto profil kita atau tiga titik ke bawah).

Kedua, pilih setting/setelan.

Ketiga, pilih general/umum.

Keempat,  pilih mode terbatas.

Jaman sekarang gadged (smartphone, tablet dan laptop) sering digunakan bersama antara orang tua dan anak.

Baca juga : Modusnya Hanya Sepele, Motifnya Juga Karena Nafs├╗, Penculi Anak Cabuli Hingga 2 Kali

Tapi tahukah anda jika di YouTube secara default menampilkan semua video baik video dewasa atau yang mengandung porn0grafi, kekerasan atau kekejian dalam setiap pencariannya. 

Baik pencarian yang di sengaja ataupun tidak sengaja. Misalnya ketika kita tidak sengaja memasukan kata kunci “anak sma” dengan harapan kita ingin mencari video kreasi anak sma tetapi hasil pencarian nya malah seperti ini

Banyak video p0rn0 yang muncul di pencarian, bahaya sekali jika anak kecil yang membuka video tersebut.

Sebenarnya YouTube sudah mempunyai setingan untuk memblokir video video yang ditandai sebagai video khusus dewasa walaupun tidak ada blokiran sempurna. Sebagai orangtua kita wajib mendampingi anak ketika mereka menggunakan gadged.

Langkah langkah untuk menfilter YouTube sebagai berikut :

Pertama, sign out/log out/keluar kan id Gmail kita di YouTube. Kedua masuk pada setelan/setting YouTube



Pilih umum/general


Beri Centang pada Mode Perlindungan. Jika sudah coba lekukan pencarian lagi dengan kata kunci “anak sma”, jika proses kita sudah benar maka hasil pencarian akan beda dengan yang pertama.


Demikian cara sederhana meminimalisasi kesalahan hasil pencarian video di YouTube.




Memang tidak sepenuhnya filter ini bisa menyaring seluruh konten buruk berupa adegan p*rno atau tindak kekerasan dalam video yang akan ditayangkan, bagaimana pun para pembuat konten negatif ini 'pandai' menyembunyikan konten tak pantasnya dengan cara mengupload video dengan judul baik-baik dan jauh dari hal negatif tersebut agar tak tersaring filter. 

Namun, dengan mengaktifkan mode terbatas ini... semoga kita bisa melindungi keluarga dari pengaruh buruk tayangan negatif di youtube. Semoga bermanfaat dan bisa mudah dipraktikkan.

Baca juga : Kehilangan Pekerjaan, Karena Kena Suspen, Curhatan Diver Ojol ini Membuat Menitikan Air Mata

Dan juga jika anak kedapatan ada yang menonton video tak senonoh, ibu jangan langsung memarahinya atau membentak-bentak ini akan berefek buruk, lalu apa yang benar? simak penjelsan berikut :

Ibu: Kemarin ibu sudah melihat langsung apa yang ananda lakukan, boleh gak ibu menyampaikan perasaan sebagai orang tua dan memiliki rasa sayang kepada anak?

Ibu: Ibu sangat sayang kepada ananda (nama anak), karena rasa sayang ibu, ketika peristiwa kemarin terjadi, Ibu kecewa, marah, hati ibu hancur dan sedih atas apa yang sudah ananda lakukan, ibu merasa gagal dan lalai mendidik anak. Menurut ananda, kira-kira kalau ananda terus menentukan video itu apa yang akan terjadi? (biarkan dia menjawab)

Ibu: Ibu melihat kamu punya potensi menjadi orang hebat di kemudian hari (puji dan ungkapkan potensi yang dimiliki), ibu khawatir apa yang ananda lakukan ini bisa merusak masa depan ananda, ananda masih muda dan perjalanan hidup masih panjang, harapan keluarga kepada ananda sangat besar kelak menjadi seorang yang sukses

Ibu: Maukah ananda ibu bantu keluar dari masalah ini? (biarkan dia menjawab dan dengarkan apa yang dia ungkapkan)

Ibu: kalau ananda setuju, mari kita rumuskan bersama, apa saja yang harus kita lakukan agar peristiwa ini tidak terjadi dan kita bisa sukses dunia dan akhirat (misalnya membuat kesepakatan tidak menggunakan HP, menonatifkan internet, ikut kursus, tidak berteman dengan orang yang suka mengajak nonton video porno, rajin shalat dan puasa sunnah, dll)

Namun bila cara ini belum efektif juga ada baiknya ibu melakukan konseling yang bisa dilakukan oleh konselor atau psikolog agar anak ibu mendapatkan assessmen dan penanganan yang baik melalui program konseling. 
Top