Membersihkan Telinga Bayi Jangan Asal Begini Cara yang Tepat ya Bunda

Komentar

Sumber gambar doktersehat

Faktor Keamanan Menjadi Masalah Utamana

Hal ini karena faktor keamanan yang dianggap kurang jika membersihkan telinga balita di rumah. tapi paling tidak ada sejumlah cara yang bisa Bunda terapkan pada saat membersihkan telinga si kecil.

Membersihkan telinga merupakan salah satu aktivitas rutin yang dilakukan orangtua pada bayinya. Biasanya aktivitas ini dilakukan sebulan sekali atau dua bulan sekali sesuai dengan arahan dari dokter. Namun banyak orangtua yang merasa takut saat akan membersihkan telinga si kecil.

Hal itu sangat wajar karena telinga merupakan organ pendengaran yang sangat penting sehingga harus dijaga kebersihan dan kesehatannya. Apa lagi organ telinga pada bayi masih cukup sensitif sehingga dibutuhkan kehati-hatian saat membersihkannya.

Perlu Bunda ketahui, masih menjadi perdebatan di kalangan para ahli kesehatan anak tentang membersihkan telinga di rumah atau membersihkan telinga yang dilakukan orangtua. Hal ini karena faktor keamanan yang dianggap kurang jika membersihkan telinga balita di rumah. tapi paling tidak ada sejumlah cara yang bisa Bunda terapkan pada saat membersihkan telinga si kecil.

1. CUKUP BERSIHKAN BAGIAN LUAR TELINGA SAJA BUN
Cotton buds merupakan alat favorit yang banyak digunakan untuk membersihkan kotoran di telinga, tak terkecuali untuk membersihkan kotoran telinga pada balita. Bahkan ada beberapa produsen yang membuatnya dengan ukuran kecil agar dapat digunakan untuk membersihkan telinga bayi dan balita. Meskipun saat ini sudah ada cotton buds yang didesain khusus untuk membersihkan telinga pada bayi dan balita, Bnda cukup menggunakannya untuk membersihkan bagian luarnya saja. Hal ini untuk mencegah terjadinya luka akibat dari penggunaan cotton buds yang terlalu dalam.

2. HINDARI MENGGUNAKAN BENDA TAJAM SAAT MEMBERSIHKAN TELINGA SI KECIL
Beberapa orang menggunakan benda-benda yang tidak semestinya untuk membersihkan telinga. Benda-benda seperti jepit rambut dan bulu ayam adalah alat yang cukup banyak digunakan untuk membersihkan telinga. Padahal kebersihan dan keamanan dari benda-benda seperti ini belumlah terjamin.

BACA JUGA Makanan Peningkat IQ Bayi Yang Harus Dimakan Bunda Saat Hamil


Misalnya saja Bunda menggunakan bulu ayam untuk membersihkan telinga. Meskipun benda yang satu ini termasuk lunak dan dapat digunakan untuk membersihkan telinga namun bulu ayam adalah benda yang berasal dari hewan. Jika tidak dibersihkan secara benar maka sangat mungkin terdapat bakteri dalam bulu ayam yang dapat mengakibatkan infeksi pada telinga.

3. UNTUK MELURUHKAN KOTORAN YANG ADA DI DALAM TELINGA ANAK, BUNDA DAPAT MENGGUNAKAN BABY OIL
Baby oil merupakan kosmetika yang dibuat secara khusus untuk keperluan bayi. Selain dapat membuat kulit bayi menjadi lembab, minyak yang satu ini juga dapat digunakan untuk meluruhkan kotoran yang ada di dalam telinga. Bunda dapat meneteskannya pada telinga balita sebanyak 2 kali dalam seminggu.

Langkah ini dilakukan untuk melunakan kotoran-kotoran yang ada di dalam telinga sehingga penumpukan kotoran pun dapat dicegah. Selain itu, Bunda juga dapat mengoleskannya pada cotton buds kemudian gunakan benda tersebut untuk membersihkan telinga si kecil. Dengan cara ini kotoran-kotoran yang ada didalam telinga pun akan meluruh dan dapat dikeluarkan secara mudah.

Perlu Bunda ketahui, kotoran di dalam telinga memiliki fungsi untuk mencegah masuknya benda-benda atau binatang kecil yang berbahaya. Jadi bersihkan kotoran tersebut secukupnya saja dan janganlah terlalu bersih agar telinga punya perlindungan terhadap benda dan hewan yang masuk ke dalamnya. Selain itu, gunakan tips di atas sesuai dengan kebutuhan. Hentikan langkah-langkah tersebut jika dirasa ada perubahan yang kurang baik kepada si kecil, dan segera hubungi dokter untuk mendapatkan penanganan yang semestinya.
Top