Lakukan Kesalahan Fatal, Ceramah Tengku Zulkarnain Bilang Asal Usul Rokok dari Kencing Iblis

Komentar

Foto via dutaislam.com

Rokok adalah dari kencing iblis benarkah?

Diduga melakukan kesalahan fatal yang menyebabkan madharat, video ceramah dari Ustad Tengku Zulkarnain menjelaskan bahwa rokok dari kencing iblis, berdasarkan dari hadits yang ia terangkan, namun banyak yang mengatakan hadist itu palsu, benarkah?

Viral di media sosial rekaman video ceramah Ustad Tengku Zulkarnain menceritakan asal-usul rokok.

Namun, alih-alih sang ustad menjelaskannya berdasarkan analisa ilmiah atau sejarah. Dengan menggunakan dalil yang diyakininya dari agama, Ustad bilang asal-usul rokok dari kencing iblis.

“Rokok ini, aduu, dalam kitab kasbul asror, rokok itu berasal dari kecing iblis. Waktu iblis diusir dari surga ke dunia iblis stres, sampai di dunia dia terkencing-kencing,” katanya dengan nada yakin dan bangga disambut tawa jamaah.

Baca juga : Astagfirullah, Niatnya Sambut Kedatangan Habib Rizieq Sepanduk ini Malah sambut Rasulullah?

Ustad Tengku menjelaskan, semua makhluk yang tinggal di surga tidak bisa kencing atau mengeluarkan kotoran.

Peristiwa timbulnya rokok berawal ketika Iblis diusir dari surga oleh Allah karena menolak bersujud kepada Nabi Adam.

“Begitu sampai dunia disitulah iblis stres, kecing lah dia pertama kali. Dari bekas kecingnya itu tumbuhlah sebatang pohon, dan itulah yang bapak-bapak hisab. Pohon tembakau, hisaplah terus, kencing iblis,” katanya disambut tawa jamaah lagi.

Ustadz Tengku kemudian mengajak kepada jamaah agar berhenti merokok. “Berhentilah merokok. 21 hari aja. Ternyata rokok dahsyat, babi pun nggak mau. Janganlah membuat babi menjadi heran,” ucapnya.

Bagaimana sesungguhnya dalil yang disampaikan Ustad Tengku berkaitan asal-usul rokok? 

Cerita yang diyakini oleh kelompok yang percaya ini biasanya berdasarkan dalil hadis: Kelak akan datang kaum-kaum di akhir zaman, mereka suka menyeduh asap tembakau dan mereka berkata: kami adalah umat Muhammad padahal mereka bukan umatku dan aku juga tidak menganggap sebagai umatku, bahkan mereka adalah orang yang celaka.

Abu Hurairah yang mendengar sabda tersebut bertanya: Bagaimana sejarah tembakau itu tumbuh wahai Rasulullah? Rasulullah bersabda: Sesungguhnya Allah telah menciptakan Adam dan memerintahkan para malaikat untuk sujud kepada Adam.

Seluruh malaikat kemudia bersujud kecuali iblis. Dia enggan, sombong dan termasuk orang-orang yang kafir. Allah bertanya kepada iblis: wahai iblis apa yang menyebabkanmu tidak mau sujud ketikaaku memerintahkanmu?

Iblis berkata: aku lebih baik darinya, aku tercipta dari api, sedangkan ia dari tanah. Allah berfirman: Keluarlah engkau dari surga, sesungguhnya engkau terkutuk dan engkau dilaknat hingga akhir.

Iblis keluar dalam ketakutan hingga terkencing-kencing. Dari ketakutan hingga terkencing-kencing itulah tumbuh sejenis tumbuhan yang dinamakan rokok tembakau.

Nabi bersabda lagi: “Allah memasukkan mereka ke dalam neraka dan sesungguhnya tembakau adalah tanaman yang keji”.

Baca juga : Elvi Sukaesih Babak Belur Dibully Netizen, ini Tulisan Sang Cucu Suarakan Jeritan Hati Elvie

Status Hadis 

Hadis yang menyatakan mengenai asal usul rokok berasal dari kencing iblis merupakan hadis palsu. Tidak ada hadis yang berkenaan dengan hadis tembakau ini, maupun atsar atau perkataan sahabat.

Sehingga semua yang diriwayatkan tidak berdasar dan kebohongan. Dilihat dalam fakta sejarah bahwa tembakau mulai ada sejak sekitar tahun 1000-an ke belakang.

Artinya, pada zaman nabi belum ada pohon tembakau. Hal ini sebagaimana keterangan dalam kitab Bughyatul Mustarsyidin hal 426 cetakan Dar al-Fikr:

لم يرد في التنباك حديث عنه صلى الله عليه و سلم ولا أثر عن أحد من السلف، وكل ما يروي فيه من ذلك لااصل له, بل مكذوب لحدوثه بعد الالف

Artinya: Tidak ada hadis dari Rasulullah SAW. yang berkenaan dengan hadis tembakau ini, maupun atsar atau perkataan sahabat. Sehingga semua yang diriwayatkan tidak berdasar dan kebohongan. Dilihat dalam fakta sejarah bahwa tembakau mulai ada sejak sekitar tahun 1000-an ke belakang.

Lihat videonya berikut ini : 


Baca juga : Detik-Detik Kecelakaan Maut Sepasang Kekasih di Kediri, Diseret Sembari Ucap Syahadat

Kesalahan Fatal

Ceramah Tengku Zulkarnain yang menggunakan hadis palsu tersebut mendapat respon dari sejumlah pihak. Salah satunya lelaku bernama Khoiron Mustafid dalam rekaman video yang diunggah di media sosial.

Menurut Khoiron, Tengku telah melakukan kesalahan fatal. Bahkan menjijikan karena kesalahannya yang luar biasa besar. ”Ini tidak sudah tidak menarik untuk dikaji karena tidak ada ulama sekarang yang sudah mempercayai itu (asal-usul tembakau dari kencing),” katanya.

Di sisi lain, menurut Khoiron, hadis tersebut bertentangan dengan Al Qur’an mengenai asal-usul tanaman atau biji-bijian melainkan semua itu sebagai tanda kebesaran Allah.

”Inilah yang dinamakan kontradiksi yang tidak disadari. Semua ulama sudah tahu. Tidak ada tanaman yang tumbuh dari kecing iblis,” katanya.
Top