Kebersihan Helm Sering Diabaikan, ini Efek Bahaya Penggunaan Helm Kotor Bagi Kesehatan

Komentar


Bahaya menggunakan helm kotor

Bahaya ini wajib diketahui terutama para pengguna helm yang setiap hari memanfaatkan helm, khususnya tukang ojek, atau yang lainnya juga. Menjaga kebersihan itu sangat penting, selain menguntungkan penumpang dan penumpang lebih senang, anda juga akan kebanjiran rejeki sekaligus terhindar dari penyakit mengerikan.

Helm merupakan salah satu atribut wajib yang harus dimiliki oleh setiap pengendara motor.

Baca juga : Rumah Banyak Tikus? Waspada Bakteri Leptospirosis, Seperti yang Menimpa Pria ini Hingga Meninggal

Namun hal yang paling utama yaitu menjaga kebersihan helm ini karena meskipun helmnya mahal dan keren tetapi tidak bersih akan menyebabkan berbagai macam gangguan kesehatan lho…

Bakteri Dan Jamur Mengerikan!! Inilah Dampak Bahaya Helm Jarang Dicuci

Karena jika terjadi kecelakaan lalu lintas maka mayoritas pengendara motor yang tidak menggunakan helm akan mengalami luka yang sangat serius pada bagian kepala dan bahkan dapat mengakibatkan kematian. Jadi jangan remehkan pengguaan helm saat berkendara dengan motor.



Ada satu penggunaan helm yang sering diabaikan oleh setiap orang yaitu menjaga kebersihan helm. Banyak helm yang dijumpai dilapangan dalam kondisi kotor dan bahkan berbau karena jarang dibersihkan.

Helm yang kotor ternyata dapat menyebabkan berbagai penyakit yang dapat menyerang si pengguna dan inilah bahaya helm yang jarang dicuci. Mengapa demikian?

Hal yang menjadi penyebab helm menjadi kotor dan sarang penyakit yaitu karena keringat yang melekat pada bagian dalam helm.

Penyebab banyaknya keringat yang menempel pada bagian dalam helm ini yaitu kondisi cuaca yang sangat panas dan pengendara motor sering berkendara di jalanan.

Keringat yang diproduksi oleh pengendara motor akan melekat pada bagian dalam helm karena kain yang melapisi bagian dalam helm adalah kain linen dan busa yang mempu menyerap keringat dengan cepat.

Bisa dibayangkan bagaimana jika kita berkendara di pagi hari kemudian keringat mengendap hingga sore hari dan besok paginya dipakai lagi lalu sorenya keringat itu mengendap lagi dan seterusnya, maka dapat dipastikan helm Anda akan dibanjiri endapan keringat sehingga menyebabkan bau yang tidak sedap selain itu kondisi helm yang demikian dapat menjadi sarang yang nyaman bagi perkembangan bakteri dan kuman penyebab penyakit, ini dia bahaya helm yang jarang dicuci.



Beberapa bakteri yang bersarang dihelm ini yaitu bakteri Staphylococcus Aureut dan Staphylococcus epidermis yang merupakan salah satu spesies bakteri dari golongan genus.

Selain bakteri, ternyata kondisi helm yang kotor ini juga dapat memicu pertumbuhan jamur yang dapat menyebabkan berbagai jenis penyakit.

Baca juga  : Kotoran Menumpuk di Telinga Pria ini, Gara-Gara Cutton Bud yang Malah Mendorong Masuk Kotoran

Penyakit apa sajakah yang dapat disebabkan oleh bakteri dan jamur ini?

Berikut daftar penyakit yang dapat disebabkan oleh bakteri jahat pada helm yang jarang dicuci dan jamur yang bersarang di dalam helm:

- Ketombe
- Gatal-gatal pada daerah kulit kepala
- Jerawat
- Bisul
- Berbagai penyakit kulit lainnya seperti panu, kadas, dan kurap.

Untuk menghindari hal ini Anda dapat mencuci helm secara teratur dan sekarang ini telah banyak jenis helm yang dapat dilepas busanya sehingga memudahkan untuk mencucinya sendiri.

Namun jika Anda malas untuk mencuci helm sendiri, maka cucilah ditempat jasa pencucian helm yang sekarang ini telah banyak ditemui di berbagai tempat.

Itulah beberapa informasi seputar bahayanya tidak menjaga kebersihan helm dan mengerikan!! Inilah dampak bahaya helm jarang dicuci.

Cara mencuci helm tanpa merusak bagian dalam helm



1. Peralatan Yang Harus Disiapkan Untuk Mencuci Helm
Sebelum memulai prosesnya, alangkah baiknya jika riders mempersiapkan kebutuhan dan alat-alat seperti di bawah ini:
  1. Helm — Pastinya helm harus ada sebagai obyek yang dicuci, dan untuk helm itu sendiri, teknik yang akan di-share sebentar lagi itu aman dilakukan untuk helm jenis atau merk apa pun (contoh yang digunakan adalah SHOEI X12).
  2. Ember — Untuk ember sendiri, kalo bisa disiapkan 2 ember ya riders. 1 digunakan untuk cuci helm dengan sabun, dan yang lain digunakan untuk membilas helm dengan air bersih.
  3. Air hangat — Diusahakan air yang dituangkan di kedua ember adalah air hangat. Jangan terlalu dingin dan jangan terlalu panas.
  4. Sabun — Nah, kalo sabunnya, riders tidak perlu pusing harus memikirkan sabun khusus helm yang mungkin kalo ketemu pun harganya mahal. Inside Helmet sendiri cukup menggunakan baby shampoo!
  5. Lap microfiber — Dan yang terakhir adalah lap microfiber yang selalu menjadi teman baik Inside Helmet kalo lagi bersih-bersih motor. Komponen dari microfiber sangat lembut sehingga sangat aman digunakan untuk ngelap batok helm dan juga visornya.
Setelah semuanya sudah dikumpulkan, riders tinggal mengikuti step-step mencuci helm di bawah ini.

2. Buka Terlebih Dahulu Comfort Liners / Padding Helm Riders dan Visornya
Seperti yang riders ketahui, beberapa helm ada yang bisa dilepas bagian comfort linersnya. Artinya bagian empuk yang membuat kepala nyaman (padding) di helm (yang merupakan benda yang akan kita cuci ini) bisa dilepas bagian per bagian.

Secara umum ada 3 bagian yang dapat dilepas, yaitu bagian pipi kiri, pipi kanan, dan bagian atas. Tetapi untuk beberapa helm, bagian chin pad dan nose guard dapat dilepas dan dicuci.

Cara Mencopot Padding SHOEI X12

Untuk helm-helm yang comfort liner / paddingnya tidak dapat dilepas, dapat melewati tahap ini karena nantinya helm bisa dicuci langsung dengan batok-batoknya (outer shell).

Setelah semua comfort liner / padding dilepas, jangan lupa juga untuk melepas visor (kaca) helm yang akan dicuci.

Cara pembukaannya pun bisa berbeda-beda untuk tiap jenis atau merk helm, maka dari itu jangan lupa untuk mencari tahu terlebih dahulu cara-caranya.

Baca juga : Ciri-ciri dan Tanda ini Ada Ditubuh Anda? Bisa Jadi Mengidap Kolesterol Tinggi

3. Masukkan Comfort Liners / Padding Helm ke Dalam Ember Berisi Air Hangat
Barulah kita masuk ke bagian yang paling menarik, yaitu mencuci helm! Dengan ember yang berisi air hangat, terlebih dahulu masukkan sabun pencuci yang riders gunakan, dan untuk jenis sabun yang Inside Helmet gunakan biasanya adalah shampoo bayi dari Johnson’s.

Alasan kenapa Inside Helmet menggunakan shampoo bayi adalah karena kandungan yang terdapat di dalam shampoo bayi bersifat aman untuk kulit bayi.

Untuk kulit bayi aja aman, apalagi untuk kulit kepala kita. Intinya, gunakanlah sabun yang aman dan nyaman untuk kulit kepala riders ya.

Shampoo Bayi Untuk Cuci Helm

Setelah memasukkan sabun pencuci ke dalam ember berair hangat, biarkan beberapa waktu untuk sabunnya tercampur di dalam air dengan baik. Jika riders mau, silakan diobok-obok airnya biar keluar busanya. 😛

Ambillah comfort liners / padding helm yang sudah dicopot, lalu masukkan ke dalam ember yang berisi air dengan sabun tersebut dan diamkanlah beberapa saat (sekitar 5-10 menit) agar air sabun tersebut dapat meresap ke dalam padding helm seperti halnya ketika kita mencuci baju.

4. Sambil Menunggu, Cuci Outer Shell / Batok Helm Aja
Di saat inilah dibandingkan hanya menunggu rendaman, riders bisa menyempatkan diri untuk membersihkan batok helm. Gunakanlah 2 microfiber yang cukup besar karena akan digunakan untuk menutup helm dan juga visor helm.

Sebelum ke helmnya, basahi terlebih dahulu kedua microfiber tersebut dengan air hangat guna untuk mengangkat kotoran-kotoran yang ada di permukaan helm dan visor.

Cara Mencuci Helm Bagian Luar dan Visor Helm

Tutuplah helm dan kaca helm dengan 2 microfiber hangat tersebut lalu diamkanlah untuk beberapa saat setelah pencucian comfort liner / padding helm selesai.

5. Cuci Comfort Liners / Padding Helm di Dalam Ember
Seusai riders menunggu, sekarang adalah waktunya untuk membersihkan comfort liner / padding helm satu per satu. Selagi di dalam air sabun, ambillah salah satu bagian dan mulai memijat paddingnya secara halus dan perlahan agar permukaan padding tidak mudah rusak.

Tidak perlu dikucek ya riders, karena takutnya malah merusak permukaan dan bahan comfort liner / paddingnya. Ingat, dipijet-pijet aja yang santai. 🙂

Tips Mencuci Helm di Rumah

Di sinilah akan mulai terlihat kotoran-kotoran yang terdapat di dalam helm mulai keluar dan tercampur di dalam air sabun. Jika helm sangat kotor, maka air di dalam ember itu akan menjadi sangat coklat!

Setelah membersihkan comfort liner atau padding helm riders, angkatlah satu per satu bagian padding helm dan pijat kembali untuk memeras air dan sabun yang ada di dalamnya.

Lakukan ini sampai air dan sabun di dalam padding sudah tidak banyak. Hal ini diperlukan agar pembilasan bisa benar-benar bersih.

6. Bilas Comfort Liners / Padding Helm Dengan Air Bersih
Setelah mencuci bagian dalam helm di dalam air sabun dan memerasnya dengan cara dipijat, barulah riders bisa memindahkan comfort liner / padding helm ke dalam ember yang satunya lagi (yang tentunya berisi air hangat bersih).

Jika riders tidak memiliki 2 ember, padding helm juga dapat dibilas di wastafel / shower dengan air hangat.

Air Bersih Untuk Bilas Padding Helm

Bilaslah padding-padding helm hingga busanya tidak tersisa alias bersih. Setelah semuanya bersih dan bebas dari busa sabun, barulah padding-padding helm bisa riders angkat dan peras dengan cara dipijat dan ditekuk halus agar sebagian besar air di dalam padding keluar.

7. Jemur Comfort Liners / Padding Helm Selama 1 Hari
Untuk hasil yang maksimal dan juga membuat padding helm lebih awet, alangkah baiknya bagian-bagian yang sudah dicuci dijemur di tempat yang tidak langsung terkena sinar matahari tetapi tidak lembab.

Taruhlah di atas kain agar alas tempat menjemur tidak menjadi basah, dan untuk pengeringan yang lebih cepat bisa menggunakan kipas angin.

Cara Mengeringkan Busa Padding Helm

Yang sangat penting dan perlu di ingat dalam pengeringan adalah untuk TIDAK MENGGUNAKAN HAIR DRIER atau alat pengering lain yang mengeluarkan hawa panas. Hair drier dapat menyebabkan permukaan dan bahan padding helm cepat rusak, riders!

8. Kembali Ke Shell dan Visor Helm Untuk Pengeringan
Setelah padding-padding helm disimpan untuk dijemur, jangan lupa kalo masih ada outer shell dan visor helm yang tadi lagi ditutup sama microfiber hangat lho.

Dengan microfiber hangat itu, lap seluruh bagian outershell dan juga visor helm. Saat ini juga perlu diperhatikan bahwa riders tidak perlu menggunakan cairan atau sabun apapun dalam pencucian outer shell dan visor. Artinya cukup dengan microfiber dan air hangat saja.

Cairan atau sabun yang tidak cocok untuk helm dapat merusak permukaan outershell helm dan visornya, sehingga dapat mengurangi tingkat keamanan pada helm tersebut. Ingat! Cukup microfiber dan air hangat sudah bisa bersih kok.

9. Setelah Comfort Liners / Padding Helm Kering, Pasang Kembali
Setelah dijemur beberapa saat hingga kering, barulah kini saatnya riders memasang kembali part-part helm tersebut dimulai dari padding-paddingnya dan yang terakhir adalah visor helm itu sendiri.

Jangan lupa pada bagian padding dipastikan harus bunyi “klek” saat pemasangan sebagai tanda bahwa padding terpasang dan terkunci dengan baik.

Setelah itu baru deh riders tinggal coba pake helmnya lagi yang udah wangi dan bersih. Jangan lupa dicoba pakai setelah pemasangan ya, siapa tau ada bagian yang kurang pas saat dipasang kembali.

Sekian riders tips dan cara mencuci helm di rumah. Cara yang mudah kan? Tidak perlu ribet harus beli ini itu atau kalo riders malas ke tempat cuci helm, cukup dengan alat-alat dan cara di atas, helm kita sudah bisa bersih kembali.

Lihat videonya berikut ini : 

Top