Jangan Gunakan Minyak Goreng Dengan Ciri-Ciri Seperti ini, Berbahaya Untuk Kesehatan

Komentar


foto via infotipsmanfaat.tk

Minyak goreng yang berbahaya bagi kesehatan....

Teruntuk bunda yang suka memasak harus tahu ini.......

Sebab, selain akan mempengaruhi rasa dari makanan yang digoreng juga berbahaya bagi kesehatan lho. 

Menggoreng dengan minyak adalah cara memasak paling umum di Indonesia.

Mulai dari ayam, ikan, hingga penganan ringan, penggunaan minyak goreng dalam rumah tangga memerlukan pengelolaan tersendiri.

Seperti apa ciri-ciri minyak goreng yang sudah tidak boleh digunakan lagi?

Berikut penjelasan Sekretaris Komite Nasional Gizi dan Penanggulangan Penyakit Tidak Menular, dr. Tirta Prawita Sari, M.Sc. Sp.GK., di Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP), Jakarta Selatan sebagaimana dikutip infotipsmanfaat.tk

1.Minyak Berubah Warna

foto via wijaya110.blogspot.com

Minyak goreng yang sudah berubah warna lebih baik segera dibuang, meski baru sekali pakai. Minyak goreng yang berubah warna adalah salah satu tanda minya mulai mengalami kerusakan atau oksidasi.


"Minyak goreng itu meski baru sekali pakai kalau sudah berubah warna, sudah tidak bening lagi seperti awal kita tuangin enggak usah pakai lagi," jelasnya.

2.Muncul Serpihan Hangus

foto via nova.grid.id

Selain berubah warna menjadi tak lagi bening, tanda-tanda lainnya adalah ada serpihan hangus di dalam minyak lantaran terlalu sering dipanaskan.

"Ada seperti sepihan yang hangus, karena sering dipanaskan, jadi menghitam. Minyak itu berubah jadi trans dan trans itu yang berbahaya bagi kesehatan," lanjutnya. 

Nah, jadi mulai sekarang bunda jangan lagi memasak menggunakan minyak goreng seperti ini kalau tak mau hal buruk bagi kesehatanmu bisa berakibat fatal. Ingat ya! Semoga bermanfaat
Top