Geram Beredar Video Warga Buang Sampah di Laut, Menteri Susi "sebarkan videonya"

Komentar

foto via kumparan.com

Jadi miris lihatnya...

Ini salah satu awal mula bencana terjadi...

Bukannya menjaga dan melestarikan keindahan lautnya, para warga ini malah buang sampah sembarangan di laut. Sampai mentri kelautan ibu Susi menyuruh warganet ini.

Memang saat ini kesadaran masyarakat akan kebersihan lingkungan semakin menurun.

Padahal sudah banyak papan-papan larangan buang sampah sembaranga tapi tetap saja tak digubris.

Seperti baru-baru ini, beredar video warga yang buang sampah di laut.

Seorang warga Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah, terekam kamera sedang membuang sampah ke laut.

Mengutip kumparan.com, video tersebut terekam oleh salah satu warga bernama Febryanto Kurniawan dan disebarkan oleh akun Twitter @mozafemimoza. 

Dalam video yang dibagikan tersebut terlihat seorang yang membuang sampang dibantu oleh rekannya menarik drum berisi sampah itu. Salah satu dari mereka lalu menyeret drum sampah secara perlahan baru kemudian dihanyutkan ke laut.

Baca Juga : Seenaknya saja Pria ini, Membuang sampah Disungai Tanpa Memikirkan Nasib Orang Lain yang Dirugikan

Ironisnya dalam video tersebut sejumlah warga yang menyaksikan tidak berani menegur si pembuang saampah tersebut. Pasalnya, menurut Moza dalam cuitannya daerah tersebut rawan aksi kriminal.

"Jika ada yang nanya kenapa cuma direkam? Karena kalau ditegur agak berbahaya, daerahnya memang rawan, pernah kejadian orang hampir dikeroyok setelah menegur warga sekitar untuk tidak membuang sampah di situ, jadi tindakan menegur seperti itu cukup berisiko," tulis Moza dalam akun Twitternya. 

Video tersebut kemudian ditautkan ke akun Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastusti pada Selasa (13/2).

Ia pun mengajak netizen untuk ramai-ramai membagikan ulang video tersebut hingga Pemda di wilayah tersebut menegur kedua orang tersebut.

Baca Juga ; Miris Sekali,,! Mayarakat Jakarta Masih Tak Hiraukan Papan Larangan Buang Sampah.

"Ayo sebarkan sampai pemda menegur pemilik tempat wisata ini @mozafemimoza," tulis Susi dalam akun Twitternya, @susipudjiastuti

Kini unggahan Moza sudah dibagikan ulang lebih dari 800 orang dan lebih dari 200 orang menyukai unggahannya. Netizen pun turut berkomentar dalam video unggahan Moza.

"Masyarakat seperti ini jangan dihakimi, mereka hanya perlu diberi edukasi mengenai dampak dari tindakan mereka jika terus menerus membuang sampah ke lautan," @van_ch 

"Kelakuan orang yang nggak punya hati seperti ini, hanya orang bodoh yang merusak lingkungan laut," tulis @eykonugroho

"Sedih liatnya. Semoga akan ada solusi terbaik untuk tindakan tersebut dari pemda setempat dan masyarakat juga perlu disosialisasikan agar ke depannya tidak membuang sampah di laut lagi," tulis @hilda_yh.
Top