Benarkah Nikah Itu Beri Manfaat Kesehatan Mental, Atau Justru Masalah Kementalan?

Komentar

Foto via ruangmuslimah.com

Bagaimana menurut anda bagi yang sudah menikah?

Peneliti berasumsi bahwa nikah mampu memberikan kesehatan mental, tapi bagimana menurut anda benarkah seperti itu? atau malah membuat masalah kementalan, atau kemunduran mental menjadi tekanan batin?

Dikutip dari ruangmuslimah.com, sebelumnya, ada penelitian yang menyebutkan bahwa dengan menikah mampu menurunkan risiko penyakit jantung.
Orang yang sudah menikah dianggap lebih bahagia dan sehat. Namun hal tersebut bukanlah hanya anggapan semata, sebab orang yang sudah menikah memang terbukti lebih menyehatkan.


Memiliki “seseorang” yang siap memberi dukungan dan menjalani hidup bersama nyatanya dapat meningkatkan kesehatan. 

Sebab saling berbagi dan saling mendukung dengan pasangan dalam jangka panjang disebut mampu menurunkan risiko seseorang mengalami stroke dan penyakit jantung.

Dari menjaga kesehatan jantung hingga mental akan Anda dapatkan apabila Anda menikah. Bagaimana caranya? Dan apa saja dampaknya bagi kesehatan?

Namun tahukah Anda, ternyata menikah juga punya manfaat bagi kesehatan mental. Wah apa saja ya?

1. Membangun kepercayaan
Bersama-sama dengan teman sekaligus pasangan dan membina hubungan baik adalah pondasi dalam membangun kepercayaan. Jadi menikah sama dengan berusaha memenuhi komitmen dan percaya bahwa pasangan akan melakukan hal serupa untuk Anda.

2. Menghargai pasangan
Sebelum menikah, apakah Anda masih suka melirik lawan jenis? Jika sudah menikah, Anda pasti sadar dengan sendirinya dan tidak melakukan hal itu sebagai bentuk sebuah penghargaan bagi pasangan.

3. Menjadi baik
Belajar mencintai, menyayangi, dan berusaha selalu ada untuk seseorang membuat Anda menjadi orang yang lebih baik. Pasangan pun akan terlihat semakin bersinar ketika Anda bersikap baik padanya.

Baca juga : Tak Ada Yang Perlu Dibuktikan Di Hari Valentine, Buktikan Cinta Hanya Dengan Ini

4. Menjadi kreatif
Anda tidak harus menikah dan menjalani kehidupan rumah tangga seperti orang tua. Bersama pasangan, Anda akan menjadi pribadi yang kreatif dalam menciptakan kisah cinta sendiri. Otak akan terus berputar untuk memikirkan hal-hal hebat sesuai keinginan Anda.

5. Menciptakan harapan
Apalah artinya kehidupan jika manusia tidak punya harapan. Namun dengan menikah, Anda akan selalu berharap bahwa pasangan akan terus setia. Harapan itulah yang menjadi kekuatan Anda dalam menjalani hubungan rumah tangga.

6. Mencoba hal baru
Jangan pernah berpikir bahwa pernikahan itu membosankan jika sudah terlalu lama melaluinya. Sebab akan selalu ada banyak hal baru yang bisa Anda coba dan membuat perasaan tetap berdebar saat melakukannya.

Meski menikah disebut memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, namun ternyata tetap memiliki kemungkinan terburuk. 

Misalnya pernikahan yang banyak diisi dengan masalah, bahkan hingga perceraian malah bisa membuat kondisi kesehatan menjadi lebih buruk

Itulah berbagai manfaat menikah bagi kesehatan mental. Semoga pernikahan Anda bersama pasangan selalu dilimpahi dengan kebahagiaan.

Bagaimana menurut anda? ternyata bermanfaat betul ya menikah itu untuk kesehatan tubuh kita ini, namun juga dalam hal jika dalam pernikahan tidak terlalu banyak masalah, yang ada bukan sehat malah TEKANAN BATIN, KERUSAKAN MENTAL
Top