Anak Kebiasaan Ngupil? Ternyata Anak Berpotensi Lebih Bahagia dan Bagus untuk Kesehatan

Komentar

Foto via wartakesehatan.com

Manfaat ngupil bagi kesehatan

Mengejutkan, ternyata sebuah studi membuktikan kalau mengupil sebenarnya memiliki berbagai manfaat kesehatan. Memang hal ini terlihat menjijikkan dan jorok tapi selain membersihkan kotoran di hidung terdapat banyak manfaat dibalik mengupil.

Kita semua tahu, mengorek hidung atau  kebiasaan anak ngupil terlihat sangat menjijikan, tapi tahukah kalau sebuah penelitian mengungkapkan kalau ngupil baik untuk kesehatan anak?

Mari kita akui, kebiasaan anak ngupil salah satu aktivitas yang terlihat jorok. Setuju?

anak ngupil

“Kalau bersihkan hidung, jangan di depan orang, ya, sayang…”

“Ayo, ngupilnya di kamar mandi saja…. “

Peringatan seperti ini tentu jadi ‘makanan’ sehari-hari anda saat memberi respon pada anak saat mereka mulai melakukan aksinya.

Baca juga :Bahaya MPASI DINI, Anak ibu ini Hampir Meregang Nyawa "Akibat MPASI DINI anakku begini"

Tenang, kebiasaan itu tidak hanya dilakukan anak anda. Ternyata hampir semua anak-anak sering melakukanya.

Dan hal ini merupakan hal normal. Hal ini pun akhirnya menggerakan para peneliti untuk melakukan penelitian.

Apakah mengupil hanya sebatas untuk membersikan kotoran hidung, atau memang ada manfaat lain dari mengupil?

Mengejutkan, ternyata sebuah studi membuktikan kalau mengupil sebenarnya memiliki berbagai manfaat kesehatan.

Para peneliti menemukan bahwa ingus mengandung lendir saliva yang membentuk penghalang terhadap bakteri penyebab rongga.

Temuan para peneliti ini tampaknya menjanjikan karena mereka sekarang mencari cara untuk membuat lendir sintetis.

Dan lendir sintetis ini bisa dibuat menjadi permen karet atau pasta gigi yang memberi manfaat yang sama seperti kotoran hidung.

Menurut penelitian, ada juga bukti yang menunjukkan bahwa lendir dalam ingus dapat melindungi orang-orang dari infeksi pernafasan, sakit maag, bahkan HIV.

Baca juga : Menanti Momongan Tapi Tak Kunjung Diberi Keturunan? Cobalah Mandi Hujan dengan Cara ini

Orang yang senang mengupil lebih bahagia?

Penelitian lain yang dilakukan oleh Profesor Friedrich Bischinger, seorang spesialis paru-paru di Australia, mengatakan bahwa bahwa orang-orang yang sering mengorek hidung atau mengupil lebih sehat, bahagia, jika dibandingkan orang yang tidak memiliki kebiasaan mengorek hidung atau mengupil.

“Bahkan makan sisa kering kotoran hidung atau upil merupakan cara bagus untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Secara medis itu masuk akal dan merupakan hal wajar untuk dilakukan,” katanya.

Ia menambahkan, “Dalam hal sistem kekebalan tubuh, hidung itu kan semacam filter di mana sejumlah bakteri bersarang, dan ketika campuran ini masuk ke usus, kotoran hidung itu berfungsi seperti obat.”

Bischinger juga percaya bahwa kita harus menyingkirkan stigma negatif seputar kebiasaan mengorek hidung atau ngupil. Dia mengatakan bahwa orangtua justru seharusnya membiarkan anak-anak untuk melakukannya.

Walaupun begitu, tetap saja anak-anak perlu tahu batasannya. Jangan sampai dilakukan secara berlebihan.

Ingatkan anak-anak, agar tidak mengorek hidungnya atau ngupil saat kuku mereka panjang, karena bisa berisiko membuat lecet pada hidung dan menyebabkan infeksi.
Top