Anak Anda Memang Hebat dan Cerdas Tapi Orangtua Wajib Ketahui Jenis Kecerdasannya

Penulis Penulis | Ditayangkan 21 Feb 2018
Anak Anda Memang Hebat dan Cerdas Tapi Orangtua Wajib Ketahui Jenis Kecerdasannya
Sumber gambar blogbukupedia

Orangtua Hanya Tinggal Memberi Pengarahan

Setiap anak itu sebenarnya pintar, hanya saja jenis dan konsentrasi kepintarannya berbeda-beda.
Berikut adaah 8 jenis kecerdasan anak yang perlu orangtua ketahui

Kecerdasan menurut Thomas Armstrong, Ph.D, seorang ahli di bidang multiple intelligences adalah kepintaran yang tidak hanya dilihat dari segi akademis saja, melainkan juga dari keterampilan maupun bakat anak. Diakui Thomas Armstrong, setiap anak itu sebenarnya pintar, hanya saja jenis dan konsentrasi kepintarannya berbeda-beda.

Berikut adaah 8 jenis kecerdasan anak yang perlu orangtua ketahui menurut Thomas Armstrong, PH.D seperti yang dikutip dari sayangianak.com

1. WORD SMART: ANAK DENGAN JENIS KEPINTARAN INI DAPAT DILIHAT DARI KEGEMARANNYA YANG SUKA MEMBACA, MENULIS, BERBICARA DAN JUGA MENDENGARKAN CERITA
Orang tua dapat mengajak si kecil untuk membaca buku cerita bersama-sama, melakukan percakapan maupun bermain blok yang bertuliskan kata-kata. Ini 8 jenis kecerdasan anak yang pertama.

2. NUMBER SMART: ANAK LEBIH TERTARIK PADA ANGKA, MATEMATIKA, SAINS DAN JUGA HAL-HAL YANG BERHUBUNGAN DENGAN LOGIKA, MISALNYA MENANYAKAN “MENGAPA LANGIT BERWARNA BIRU?”
Orang tua dapat mengajak si kecil bermain angka-angka, mengajaknya melakukan permainan yang mengharuskan ia menghitung, seperti monopoli.

3. NATURE SMART: JENIS KEPINTARAN YANG SATU INI DAPAT ORANGTUA LIHAT DARI KESUKAAN SI KECIL DENGAN LINGKUNGAN
Misalnya suka alam, menyukai binatang, peduli dengan lingkungan alam, bahkan ia dapat menggolongkan tanaman dan mengoleksi dedaunan. Orang tua dapat mengajak si kecil untuk membuat kebun kecil di belakang rumah dan biarkan ia berkreasi apa saja yang ingin ia tanam.

4. SELF SMART: IA CENDERUNG SENANG BERMAIN SENDIRI, BAHKAN IA SUDAH TAHU SAAT BESAR NANTI INGIN JADI APA
Tak hanya itu, ia juga memiliki rasa percaya diri yang kuat dan juga dapat mengkomunikasikan perasaannya. Orang tua dapat mengajak si kecil untuk berbicara dari hati-hati, saat ia memberitahu ingin jadi apa, dukung dan arahkan agar ia dapat meraih apa yang ia cita-citakan.

BACA JUGA Membersihkan Telinga Bayi Jangan Asal Begini Cara yang Tepat ya Bunda

Anak Anda Memang Hebat dan Cerdas Tapi Orangtua Wajib Ketahui Jenis Kecerdasannya

5. PEOPLE SMART: ANAK YANG MEMILIKI KEPINTARAN JENIS INI DAPAT TERLIHAT SAAT IA SUKA BERMAIN DENGAN TEMAN-TEMANNYA, MEMILIKI EMPATI, SUKA MEMIMPIN DAN BAHKAN DAPAT MEMAHAMI PERASAAN ORANG LAIN
Bermain bersama di luar rumah, mengajaknya datang ke acara keluarga merupakan salah satu cara untuk mengembangkan kepintarannya tersebut.

6. BODY SMART: DAPAT TERLIHAT DARI SI KECIL YANG DAPAT MENCIPTAKAN SESUATU DARI TANGANNYA, SUKA MENARI, BEROLAHRAGA, SERTA MENYENTUH BENDA-BENDA DAN MEMPELAJARINYA.
Agar perkembangan kepintaran si kecil berjalan dengan optimal, orang tua dapat mengajaknya melakukan olahraga bersama atau mengajaknya menonton bioskop. ini 8 jenis kecerdasan anak yang keenam.

7. PICTURE SMART: SI KECIL YANG MEMILIKI JENIS KEPINTARAN INI BIASANYA IA SUKA GAMBAR DAN IMAJINASI
Si kecil yang memiliki jenis kepintaran ini biasanya ia suka menggambar, menyukai seni, suka berimajinasi dan juga bermain dengan menggunakan balok untuk membangun sesuatu. ini 8 jenis kecerdasan anak yang ketujuh.

8. MUSIC SMART: SUDAH JELAS SI KECIL SUKA BERNYANYI, MEMAINKAN ALAT MUSIK, MENGINGAT LAGU DAN BERBAGAI HAL YANG BERHUBUNGAN DENGAN MUSIK
kita sebagai orang tua dapat mengajaknya nonton konser musik, bernyanyi bersama seperti melakukan karaoke. Selain itu, bisa juga mengikutsertakan si kecil dalam kegiatan musik, misalnya les piano atau berlatih vokal.

Tak hanya satu jenis kecerdasan yang dimiliki anak. Armstrong juga menegaskan bahwa setiap anak bisa saja memiliki lebih dari satu jenis kecerdasan, dari delapan kecerdasan yang disebutkan di atas. Jadi sebagai orang tua, kita harus mencoba menstimulasi kedelapan kecerdasan tersebut pada si kecil dan mengobservasinya. Mana kecerdasan paling menonjol dari si anak. Setelah itu baru mengarahkannya pada jalur yang tepat. Selamat mencoba.
SHARE ARTIKEL