Ternyata ini "Drakula Penghisap Listrik" Penyebab Tagihan Bulanan Anda Bengkak

Komentar

Foto via ragammanfaat.com

Sering merasa pajak listrik rumah Anda berbeda-beda setiap bulannya? 

Kadang sampai heran setiap bulan biaya tagihan listrik semakin meningkat padahal pemakaian beban listrik rumah biasa saja. Lampu sudah dimatikan jika tidak perlu, dan pemakaian sewajarnya, namun taukah anda ternyata hal yang tak disangka ada drakula penghisap listrik.

Mungkin Anda belum mengenal yang namanya 'drakula' atau vampir listrik dirumah Anda. Kenapa disebut 'drakula'?, diluar negeri, 'drakula' dikenal sebagai sosok yang suka menghisap darah manusia.

'drakula listrik' ini juga suka menghisap, tapi yang dihisap adalah beban listrik rumah.

Baca juga : Meski Cara Lama, Trik Menangkap Tikus ini Jangan Diragukan Keampuhannya

Sadar atau tidak, disekeliling kita, ternyata banyak sekali 'drakula listrik'. 'drakula listrik' tersebut merupakan peralatan elektronik yang masih terus menghisap listrik walau sudah dimatikan, atau kata lainnya standby power. 

'Drakula listrik' membuat pemakaian listrik menjadi terlihat boros, dan tagihan listrik bulanan menjadi mahal.

Banyak orang yang menyangka bahwa pendingin ruangan (AC), mesin cuci, rice cooker, komputer, televisi, kulkas, lampu, dan mesin air, menjadi salah satu penyebab besarnya pemakaian beban listrik rumah tangga. 

Bisa dikatakan iya, alat-alat tersebut sebagai penambah besarnya beban penggunaan listrik.

Namun, secara tidak sadar ada beberapa alat yang sangat kecil dan disepelekan, ternyata bisa menambah beban pemakaian listrik rumah Anda.



Penulis mengalami sendiri, bahwasannya charger batre handphone, charger laptop, charger lampu darurat, dan charger apapun itu, ternyata bisa menyedot listrik rumah Anda sehingga beban pemakaian listrik meningkat dan biaya bayar listrik bulanan Anda membengkak.

Contoh kecil, sehabis mencharge batre handphone biasanya beberapa orang sangat malas mencabut chargernya dari setop kontak, dan dibiarkan menempel begitu saja. 

Dilansir dari sebuah media pada Senin (24/10/2017) lalu, Aris Yunanto seorang pengamat energi menjelaskan bahwa, 'drakula kecil' listrik ini mampu menghisap beban yang sangat tidak terasa karena jumlahnya sangat sedikit dan kecil, namun lama-lama akan menjadi banyak.

Baca juga : Begini Jadinya Jika Ibaratkan Rumah Cuman Sebagai Terminal

Charger handphone yang tidak dilepas dari stop kontak, ternyata bisa menyedot listrik 1 W/jam. Bayangkan kalau tidak dicabut selama seharian?, silahkan jumlahkan sendiri berdasarkan pengalaman masing-masing.

Televisi juga ternyata memakan beban listrik sangat besar saat pertama kali baru dinyalakan (angkatan awal), menyalakan monitor komputer juga ternyata memakan beban listrik yang lumayan besar.

Tidak hanya itu saja, colokan listrik yang bercabang (rol) ternyata juga memakan beban listrik rumah.

Oleh karena itu, penulis menyarankan gunakan lah stabilizer di beberapa alat rumah tangga yang memakan beban listrik yang sangat besar.

Karena penulis sendiri mengalami perbedaannya, saat alat rumah tangga yang 'angkatan pertama' nya besar, setelah dipasangi stabilizer beban listriknya tidak begitu besar dan untuk menghindari adanya korsleting.

Alhamdulillah pajak bulanan listrik pun aman. Selain itu, gunakan lah alat-alat rumah tangga sesuai kebutuhan, setelah pakai, cabut saklarnya dari setop kontaknya demi keamanan dan kenyamanan bersama.
Top