Takut BAB Setelah Melahirkan Karena Sakit, Ini Penyebab dan Tips Bab Pasca Melahirkan

Komentar


Banyak ibu mengakui bahwa buang air besar setelah melahirkan pertama kali lebih sakit daripada persalinan. Mengapa?

Banyak ibu yang baru melahirkan merasa takut saat akan buang air besar pertama kali. Mengapa? Inilah 4 alasan buang air besar setelah melahirkan yang bisa terasa lebih sakit dibandingkan persalinan.

Semua Bunda pasti setuju kalau proses persalinan merupakan proses menakjubkan. Ada sejuta rasa yang bisa dirasakan. Mulai dari bahagia, cemas, takut, termasuk rasa sakit. Tapi tunggu dulu, benarkah rasanya sesakit itu? Belum tentu.

Pada kenyataannya, banyak Bunda mengakui bahwa buang air besar setelah melahirkan untuk pertama kali setelah melahirkan lebih sakit daripada persalinan seperti yang dikutip dari id.theasianparent.com.



1. Menggunakan salep pelunak feses
Salah satu alasan buang air besar setelah melahirkan pertama kali akan terasa lebih sakit daripada persalinan disebabkan karena banyak yang mengabaikan menggunakan salep pelunak feses yang diresepkan dokter. Padahal pelunak feses ini sangat membantu dalam proses buang air besar setelah proses persalinan.

2. Mengalami robekan vagina
Rasa khawatir dan takut untuk buang air besar pertama setelah melahirkan lebih sering dialami bagi Bunda yang melahirkan secara normal. Sebab, saat persalinan normal, Bunda biasanya harus mengalami episiotomi, atau dilakukannya sayatan pada bagian di antara jalan lahir bayi dan anus atau disebut perineum.

Sebelumnya, proses ini dianggap bermanfaat mencegah melebarnya robekan vagina pada persalinan. Namun, hal inilah yang menyebabkan banyak Bunda merasa khawatir saat ingin buang air besar pertama kali setelah melahirkan.

3. Terjadinya pembengkakan
Mungkin tidak semua ibu baru mengalami robekan vagina hingga diperlukannya sayatan dan jahitan. Namun, bukan berarti tidak terjadi pembengkakan pada area intim. Hal ini juga bisa jadi penyebab buang air besar pertama setelah melahirkan lebih terasa sakit.

4. Jahitan belum kering
Setelah dilakukannya sayatan atau episiotomi, dokter biasanya akan melakukan jahitan pada sayatan tersebut. Kondisi ini tentu saja membutuhkan proses penyembuhan yang tidak sebentar. Ada yang berhari-hari, bahkan ada yang perlu waktu hingga berminggu-minggu. Alasan inilah yang membuat Bunda merasa cemas saat akan buang air besar pertama setelah melahirkan.

Agar Nyaman Buang Air Besar Pasca Persalinan



Awalnya mungkin terasa tidak nyaman saat buang air besar tapi perlahan semua akan terasa semakin lebih baik.

Para Bunda yang sudah pernah mengalaminya berbagi tips berikut untuk mengurangi rasa tidak nyaman saat buang air besar dikutip dari ibupedia.com:

  1. Jadikan serat teman baik Anda. Baik saat masih makan makanan rumah sakit atau di rumah, coba makan banyak buah dan sayuran segar. Buah kering dan kacang-kacangan juga bagus dikonsumsi, Bun.
  2. Perbanyak cairan. Anda tidak hanya perlu mengganti cairan yang hilang selama proses persalinan, tapi cairan yang cukup akan melembutkan feses dan melancarkannya keluar dari tubuh.
  3. Semakin Anda bergerak, semakin baik untuk perut Anda. Jalan perlahan bisa bermanfaat untuk melatih gerakan Kegel. Anda mungkin mengalami mati rasa ketika melakukan latihan Kegel pertama kali setelah melahirkan normal, tapi tetap lakukan latihan ini.
  4. Coba rileks ketika buang air besar karena mengejan akan memicu hemoroid dan terasa sakit.
  5. Gunakan pelembut feses bila dibutuhkan, bicarakan ke dokter sebelum menggunakannya.
Top