Sebagai Pengundang Setan? Ini Hadits dan Manfaat "Menyan" Untuk Kesehatan, Bahkan Sunnah Rasul

Komentar

image source: google.com
Banyak yang menganggap kemenyan ini dengan ritual-ritual mistik untuk dukun.

Tapi tahukah kamu kemenyan ini malah banyak di manfaatkan di jaman rasulullah sebagai sebagai wewangian di masjid nabawi, apalahgi manfaatnya untuk kesehatan, sangat luar biasa.

Eksistensi dupa (kemenyan) dalam masyarakat modern terasa sangat tabu dan justru diidentikkan dengan hal-hal yang berbau mistis, perdukunan dan klenik.

Padahal, dupa sendiri merupakan bentuk parfum/pewangi yang berfungsi memberi keharuman pada ruangan yang disukai dan dicontohkan nabi. Berikut dasar haditsnya,

Hadits Mengenai Penggunaan Kemenyan


image source: google.com

Kemenyan dizaman Nabi dan Salafush Shaleh juga menjadi bagian dari beberapa ritual umat Islam. Nabi Muhammad SAW dan para Sahabat sendiri sangat menyukai wangi-wangian, baik yang berasal dari minyak wangi hingga kemenyan, sebagaimana disebutkan didalam berbagai hadits.

Misalnya hadits shohih riwayat Imam Muslim dan Imam Al-Bukhari berikut ini :

 عَنْ نَافِعٍ، قَالَ: كَانَ ابْنُ عُمَرَ «إِذَا اسْتَجْمَرَ اسْتَجْمَرَ بِالْأَلُوَّةِ، غَيْرَ مُطَرَّاةٍ وَبِكَافُورٍ، يَطْرَحُهُ مَعَ الْأَلُوَّةِ» ثُمَّ قَالَ: «هَكَذَا كَانَ يَسْتَجْمِرُ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
“Dari Nafi’, ia berkata, "Apabila Ibnu Umar mengukup mayat (membakar kemenyan), maka beliau mengukupnya dengan kayu gaharu yang tidak dihaluskan, dan dengan kapur barus yang dicampurkan dengan kapur barus. Kemudian beliau berkata, “Beginilah cara Rasulullah Shallallahu 'alayhi wa Sallam ketika mengukup jenazah (membakar kemenyan untuk mayat)”. (HR. Muslim)

Imam Adz-Dzahabi rahimahullah pernah menyebutkan dalam kitabnya Siyar A’lam An-Nubala’ (5 /22 ) tentang biografi Nu’aim Bin Abdillah Al-Mujammar, sebagai berikut :

نعيم بن عبد الله المجمر المدني الفقيه ، مولى آل عمر بن الخطاب ، كان يبخر مسجد النبي صلى الله عليه وسلم .
“Nu’aim Bin Abdillah Al-Mujammar, ahli Madinah, seorang faqih, Maula (bekas budak) keluarga Umar Bin Khattab. Ia membakar kemenyan untuk membuat harum Masjid Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam”

Manfaat Kesehatan Minyak Kemenyan Arab atau Luban

image source: google.com

Dr. Hsueh-Kung Lin, seorang guru besar di Departemen Urologi di University of Oklahoma, telah membuat beberapa penemuan mengejutkan, melalui penelitiannya pada minyak esensial frankincense. Berikut adalah beberapa temuannya:

Minyak kemenyan arab/ Luban  (Boswellia carteri) menginduksi kematian sel tumor kandung kemih, sedangkan minyak yang berasal dari Boswellia sacra menginduksi kematian sel kanker payudara tanpa merusak sel sehat.

Minyak Kemenyan arab/ Luban (Boswellia sacra) menghambat rusak sinyal dan siklus regulasi sel yang diduga menyebabkan perkembangan kanker di tempat pertama.

Luban (Boswellia sacra) membuat sulit bagi sel-sel kanker membentuk jaringan dan mengganggu perkembangan sel kanker, berpotensi membuatnya efektif sebagai pertahanan terhadap kanker stadium lanjut serta untuk pencegahan kanker.

Menurut peneliti dari Baylor University Medical Center di Dallas, potensi efek membunuh  kanker dari Luban  yang sebagian karena kemampuannya untuk mempengaruhi gen Anda untuk mempromosikan penyembuhan. ilmuwan kanker Baylor menekankan bahwa potensi ini membuat Boswellia serrata yang layak untuk menjadi obat pencegah dan pengobatan kanker!

Bagaimana menggunakan Kemenyan Arab atau Luban untuk Terapi?

image source: google.com

Gosok kemenyan arab/ Luban  di leher Anda tiga kali sehari. Juga, minum tiga tetes Kemenyan arab atau  Luban ke dalam di 8 ons air tiga kali sehari.
Top