Ngantuk Pas Jam Kerja? Coba Lakukan 4 Gerakan Peregangan ini Dijamin Ngantuk Hilang

Komentar

foto via detikhealth.com

Tips hilangkan ngantuk pada jam kerja...

Bukan karena banyak makan atau tak mandi, tapi sering merasa mengantuk saat jam kantor menjadi tak semangat. Jangan khawatir ini ada tipsnya untuk anda.

Memang hal yang sering dijumpai ketika jam kerja rasa ngantuk selalu datang. Sudah berbagai cara dilakukan untuk mengatasinya.

Menurut spesialis kedokteran olahraga, dr Michael Triangto SpKO, pada saat bekerja tentu membutuhkan banyak konsentrasi dan menunduk sehingga terjadi ketegangan pada daerah leher, punggung, pinggang dan juga bahu. Sebabnya, diperlukan peregangan yang dapat menghilangkan kekakuan dan sekaligus menghilangkan rasa kantuk.

Untuk itu, dr Michael memberikan tips melakukan peregangan pada daerah leher, punggung, pinggang, dan bahu sebagaimana dikutip detikhealth.com

Baca Juga : Sering Mengantuk Saat Jumatan? Ini Trik Jitu Supaya Tetap Melek!

1. Peregangan pada leher


foto via detikhealth.com

"Leher itu kita tahu fungsinya dia bergerak ke segala macam arah. Karena itu kita minta untuk tengadahkan, kemudian kita tundukkan,"

Setelah mengadahkan dan menundukkan leher, tarik leher ke kanan dan ke kiri. Masing-masing gerakan tahan selama 5 detik dan cukup lakukan sekali. "Nah gerakan-gerakan tadi diharapkan dapat menghilangkan kekakuan pada daerah leher dan juga membuat aliran darah pada daerah otot-otot tersebut menjadi membaik," ujar dr Michael.

2. Peregangan pada punggung


foto via detikhealth.com

Dalam posisi duduk, punggung bersandar pada sandaran kursi kemudian pandangan lurus ke depan. Kedua tangan dikatupkan dan posisi kedua tangan dibalik sehingga kedua telapak tangan menghadap ke depan. Kemudian pelan-pelan condongkan badan ke depan sehingga lengan atas maupun lengan bawah dan juga kedua telapak tangan akan terasa meregang. Hal ini bisa juga untuk meregang daerah punggung.

Baca Juga : Ngantuk Sehabis Makan? Hmm, Mungkin Karena Ini!

Gerakan ini berfungsi untuk melepas kepenatan ataupun kekakuan akibat bekerja di kantor. Dilakukan sebanyak 3 kali dan setiap peragangan tahan posisi tersebut selama 5 sampai 8 detik.

"Tentunya gerakan tersebut repetisinya boleh ditambah atau disesuikan dengan kebutuhan ataupun waktu yang ada pada saat bekerja," terang dr Michael.

3. Peregangan pada pinggang


foto via detikhealth.com

Untuk melakukan peregangan pada daerah pinggang. Masih dalam posisi duduk kemudian lutut kanan diletakkan di atas lutut kiri. Tangan kiri itu digunakan untuk menarik lutut kanan ke arah kiri sehingga dirasakan regangan pada daerah pinggang. Lakukan repetisi sebanyak 3 kali kemudian setiap kali gerakan ditahan 5 sampai 8 hitungan dan lakukan hal yang sama untuk sisi lainnya.

"Hal ini penting untuk melepaskan kekakuan atau mengurangi kekakuan pada daerah pinggang dan pada akhirnya semua gerakan tadi akan mengembalikan kondisi fisik untuk dapat siap bekerja sampai akhir waktu," pungkas dokter yang berpraktik di Klinik Slim and Health RS Mitra Kemayoran dan Mal Taman Anggrek Jakarta.

Baca Juga : Sudah Tidur Cukup, Kok Masih Mengantuk ? Inilah Penyebabnya.....

4. Peregangan pada bahu


foto via detikhealth.com

Menulis ataupun melakukan kegiatan dengan komputer secara terus menerus bisa membuat posisi leher, punggung, bahu dan pinggang menjadi pegal dan kaku, yang akhirnya menurunkan aktivitas kerja dan menjadi kantuk. Dengan melakukan peregangan pada bahu diharapkan menjadi lebih rileks dan dapat bekerja kembali dengan baik.

Cara melakukan peregangan pada bahu adalah dengan posisi duduk kemudian lengan kanan dibawa ke depan tubuh kemudian lengan kiri menarik daerah siku sampai terasa regangan pada lengan atas, bahu ataupun punggung. Lakukan sebanyak 3 repetisi, ditahan sebanyak 5-8 hitungan dan lakukan hal yang sama untuk sisi lainnya.
Top