Menanak Nasi Sering Lengket, Cepat Kering Dan Basi? Mungkin Kesalahan Ini Yang Sering Kamu Lakukan

Komentar

Ilustrasi gambar via google.co.id
Makan apapun kalau tanpa nasi putih rasanya kurang kenyang, makan nasi putih sudah menjadi makanan pokok sehari-hari yang tidak boleh terlewatkan oleh lidah-lidah orang Indonesia. Banyak yang bilang kalau belum makan nasi sama saja dengan belum makan.

Tetapi banyak orang yang sering salah dalam memasak nasi, alhasil nasi menjadi lengket, cepat kering dan cepat basi.

Inilah kesalahan-kesalahan yang sering terjadi:

1. Mencuci beras terlalu sering

Jangan mencuci beras hingga airnya benar-benar jernih, karena sari di dalam beras akan luntur bersama dengan air. Sehingga beras yang dimasak nanti menjadi tidak enak, cukup cuci beras 1-2 kali saja.

2. Jumlah Takaran Air Yang Kurang Pas

Kamu pasti pernah mengalami hal ini, terutama buat anak kos yang belum pernah memasak sebelumnya. Sering kali nasi menjadi terlalu lembek atau kadang terlalu keras, menanak nasi air ada perbandingannya yakni 1:1,2-1,4 atau cara mudahnya ketinggianair dari beras sekitar 2-4cm.

3. Langsung membuka tutup ricecooker setelah menanak

Ketika tombol sudah "warm" nasi sudah masak jangan seringkali dilakukan untuk membuka tutup rice cookernya. Kenapa? Karena uap yang menempel pada tutup akan langsung jatuh ke permukaan nasi dan membuat nasi menjadi semakin lembek. Untuk mencegah hal tersebut tunggulah sampai 5 menit.

Baca Juga : Si Kecil Sering Keras Kepala, Jangan panik! Ayah Bunda Lakukan Tips Ini

4. Agar Nasi Tidak Lengket

Agar nasi tidak lengket caranya mudah, kamu cukup meneteskan setetes minyak sayur dan sedikit cuka ke dalam nasi. cara lainnya kamu bisa menaruh es batu pada beras yang sudah dicuci, es batu berguna untuk memperlambat daya serap beras terhadap air sehingga beras menjadi lebih empuk.

5. Pemanasan Nasi Terlalu Lama

Rice cooker memang memakai daya listrik, bila nasi yang ada di dalamnya tidak digunakan, maka ada baiknya diistirahatkan.

6. Terakhir, bila ingin nasi Anda awet, maka berikan perasan jeruk nipis. 

Jeruk nipis atau lemon punya kadar asam yang alami. Kadar asam inilah yang mampu melindungi nasi dari suhu panas yang muncul dari elemen rice cooker, otomatis nasi jadi awet. Sedangkan daun pandan memberikan aroma wangi.

Bagaimana? mudah kan cara menanak nasi agar tidak lengket, keras dan bau. Selamat mencoba ya, jangan lupa share ke teman-teman yang lain!
  
Top