Jangan Tenang-tenang Saja, Sering Menunda Shalat (Sengaja) Begini Nasihat Menusuk Ustadz Somad

Komentar


Masjid dan mushola akan sepi dari jama'ah karena di zaman media sosial saat ini dan keasyikan dengan gadget atau HP bisa jadi “Masbuk Sibuk Facebook” dan "Masbuk Sibuk Gadget".

“Ketika bos atau atasan memanggil, langsung secepat mungkin direspon apapun keadaannya.

Tetapi ketika Allah -yang menguasai semua bos dan raja- memanggil melalui adzan, sengaja datang terlambat atau pura-pura tidak dengar”

“Biar saja seumur hidup tidak pernah memenuhi panggilan Allah melalui adzan, tetapi suatu saat, panggilan Allah akan ia penuhi melalui malaikat maut”

Ini bagai manampar ke diri saya sendiri,
seringnya kita mengakhirkan shalat, baik sengaja atau memang pura-pura lupa, tersibukkan dengan kehidupan dunia yang melalaikan. Jika saja untuk hal-hal lain kita meluangkan waktu dan ada waktu khusus, maka seharusnya demikianlah untuk waktu shalat.

Apalagi di zaman media sosial saat ini dan keasyikan dengan gadget atau HP bisa jadi “Masbuk Sibuk Facebook”.

Apakah sebagai Muslim atau Muslimah Anda masih suka menunda shalat padahal waktunya sudah masuk? Tahukah Anda keutamaan melaksanakan shalat tepat waktu? Apa akibatnya jika menunda shalat menjadi kebiasaan Anda?

Amalan Paling Utama

Seorang sahabat bertanya kepada Nabi Muhammad, "Amal apa yang paling dicintai Allah?" Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam menjawab, "Shalat tepat waktu."

Orang yang Merugi

Siapa saja yang diberi nikmat waktu namun masih menunda shalat, maka ia termasuk orang yang celaka.

"Kenapa dia celaka? Karena menunda-nunda shalat." jelas Ustadz Abdul Somad Lc MA.

Dai asal Pekanbaru Riau ini menegaskan, shalat lebih dari kewajiban. Shalat merupakan hubungan antara seorang hamba dengan Allah Ta'ala.

Tunda Shalat Karena Jabatan

Siapa yang menunda shalat hanya karena jawaban, maka ia termasuk orang yang sangat merugi dan tertipu. "Belum kau (yang punya jabatan) mati, orang yang akan menggantikan jabatanmu sudah siap." tegas Ustadz Somad.

Tunda Shalat karena Pekerjaan

Tindakan ini lebih tidak masuk akal karena yang memberikan rezeki kepada semua makhluk adalah Allah Ta'ala. "Kau tunda shalat karena pekerjaan? Sedangkan rezekimu datang dari Allah!" ujar Ustadz Somad.

Rezeki berasal dari Allah. Tidaklah satu pun makhluk sampai binatang melata dihidupkan, kecuali sudah dijamin rezekinya oleh Allah Ta'ala.

"Hubungan dengan yang memberi rezeki tidak diperbaiki, tapi minta diberi rezeki yang banyak, mau minta rezeki sama siapa?" tegasnya.

Penyesalan Tiada Guna

Para pelaku dosa akan menyesal di akhirat kelak. Sayangnya, penyesalan itu tidak berguna sedikit pun karena ketentuan Allah yang pasti.

"Mata kami sudah melihat adzab, telinga kami sudah mendengar adzab maka kembalikanlah kami ke dunia untuk melakukan amal, barulah kami akan yakin. Tak ada gunanya lagi!"pungkas Ustadz Somad mengutip sebuah ayat Al-Qur'an.


Top