Inilah Penyakit Hati Orang Munafik "Liver" Dalam Islam dan Medis

Komentar


Dan adapun orang-orang yang di dalam hati mereka ada penyakit, maka dengan surat itu bertambah kekafiran mereka, disamping kekafirannya (yang telah ada) dan mereka mati dalam keadaan kafir. (QS At Taubah : 125)

Inilah penyakit yang paling berbahaya. 

Penyakit hati menurut islam adalah sifat tercela yang bisa merusak hati seseorang dan membahayakan dirinya baik didunia maupun diakhirat.

Dalam sebuah hadits shahih muslim terdapat hadits dari Ibnu Mas’ud:

Tidak ada yang akan meninggalkan shalat berjamaah, kecuali orang munafik yang sudah diketahui kenifakannya.” (HR. Imam Muslim)

Oleh karena itu, apabila Anda mendapatkan seseorang keadaan sehat, segar, kuat, mempunyai waktu luang, dan tidak memiliki udzur syar’I, namun tidak mau mendatangi masjid ketika mendengar panggilan adzan, maka saksikanlah dia sebagai orang munafik.

Jenis Penyakit Hati Dalam Islam


Agar bisa menjaga hati kita dan senantiasa waspada pada penyakit-penyakit hati kita harus mengetahui apa saja penyakit hati tersebut. Berikut ini adalah beberapa penyakit hati yang biasa terjadi pada manusia dan berbahaya jika dibiarkan begitu saja.

  1. Hasad, Iri dan Dengki
  2. Sombong atau takabur
  3. Riya atau suka pamer
  4. Bakhil atau kikir
  5. Ujub

BACA Netizen : 'hati-hati livernya, bensu" Tubuh Kurus Ruben Onsu Bikin Prihatin


Apa itu penyakit hati (penyakit liver)?

Seperti yang dikutip dari hallosehat.com, Penyakit hati atau penyakit liver adalah penyakit yang disebabkan oleh berbagai faktor yang merusak hati, seperti virus dan penggunaan alkohol. Obesitas juga berhubungan dengan kerusakan hati. Seiring waktu, kerusakan hati berdampak pada luka di jaringan (sirosis), yang dapat menyebabkan gagal hati, suatu kondisi yang mengancam jiwa.

Apa penyebab penyakit hati?

Ada banyak penyebab dan beberapa yang utama menyebabkan penyakit hati adalah:

Infeksi

Parasit dan virus dapat menginfeksi hati, menyebabkan peradangan dan mengurangi fungsi hati. Virus yang menyebabkan kerusakan hati dapat menyebar melalui darah atau urin, makanan atau air yang terkontaminasi, atau bersentuhan dekat dengan orang yang terinfeksi. Jenis yang paling umum dari infeksi hati adalah virus hepatitis, termasuk:

  1. Hepatitis A
  2. Hepatitis B
  3. Hepatitis C
Kelainan sistem kekebalan tubuh

Penyakit di mana sistem kekebalan tubuh menyerang bagian-bagian tertentu dari tubuh (autoimun) dapat mempengaruhi hati Anda. Contoh penyakit hati autoimun meliputi:
  1. Autoimmune hepatitis
  2. Primary biliary cirrhosis
  3. Primary sclerosing cholangitis
Genetika

Ada gen abnormal yang diturunkan dari salah satu atau kedua orang tua Anda dapat menyebabkan berbagai zat untuk menumpuk dalam hati Anda, yang mengakibatkan kerusakan hati. Penyakit hati genetik meliputi:
  1. Hemochromatosis
  2. Hiperoksaluria dan oxalosis
  3. Penyakit Wilson
Lainnya

Tambahan, penyebab umum dari penyakit hati termasuk:
  1. Penyalahgunaan alkohol kronis
  2. Lemak terakumulasi dalam hati (penyakit hati berlemak nonalkohol).

Bagaimana cara mengelola penyakit hati saya?

Jika Anda memiliki penyakit hati, hati Anda akan melakukan tugasnya dengan lebih mudah dan dapat memperbaiki beberapa kerusakan hati jika Anda memiliki pola makan yang sehat. Diet yang tidak sehat dapat membuat kerja hati Anda lebih keras dan dapat menyebabkan banyak kerusakan itu.

Bicarakan dengan dokter Anda tentang jenis diet yang terbaik untuk Anda sehingga Anda mendapatkan jumlah nutrisi yang tepat, semoga bermanfaat.
Top