Wah...Ilmuan ini Sukses Kloning Monyet! Lantas Apakah Manusia Bakal Dikloning Juga

Komentar

Gambar monyet kloning diolah via dw.com

Edyan...

Baru-baru ini Ilmuwan China berhasil mengkloning monyet yang sama identik. Teknik kloning tersebut menjadi yang pertama kali di dunia dilakukan kepada hewan primata non-manusia. Namun ngeri juga kalau sampai manusia yang di kloning.

Sebagaimana dilansir dari Live Science, Kamis (25/1/2018), dua monyet bernama Zhong Zhong dan Hua Hua ini merupakan hasil kloning dengan teknik yang sama digunakan pada kloning domba Dolly sekitar 20 tahun lalu. Bedanya, kloning monyet ini dilakukan teknik penuh.

Kedua monyet itu dilahirkan beberapa pekan lalu di laboratorium peneliti China.


gambar via brekingnews.co.id

Saat ini, Zhong Zhong dan Hua Hua sudah memasuki usia tujuh minggu dan dirawat di dalam sebuah inkubator layaknya bayi manusia yang baru lahir.

Untuk melakukan kloning ini, tim ilmuwan dari Institute of Neuroscience di Chinese Academy of Sciences mengikuti proses yang disebut transfer sel somatik (SCNT), di mana memindahkan inti sel dengan DNA ke dalam sel telur yang intinya sudah diambil seperti dilansir wajibbaca dari detik.com.

Baca juga: Para Peneliti Mengklaim Telah Menemukan Kapal Nabi Nuh, Benarkah?

Setidaknya peneliti harus melewati 79 kali percobaan kloning sebelum berhasil melakukannya.

Selama proses tersebut, peneliti mengaku menguti pedoman riset hewan yang ditetapkan oleh Institut Kesehatan Amerika Serikat.

"Ini melalui proses yang sulit dan rumit," kata Mu-ming Poo selaku Director of the Institute of Neuroscience di Chinese Academy of Sciences.

Dengan kesuksesan ini tak menutup kemungkinan bahwa kloning dengan cara serupa bisa dilakukan kepada manusia.


Gambar via liputan6.com

Meski teknik kloning berhasil dilaksanakan, peneliti China tersebut belum ada niatan untuk mengkloning manusia.

"Saya pikir bahwa masyarakat umum dan pemerintah tidak akan membiarkan perluasan penerapan metode (kloning) ini dari primata non-manusia kepada manusia," ujar Poo.

Gimana gais, hebat bukan. Tapi ingat ini seperti melawan takdir  Allah, apalagi kalau sampai manusia yang di kloning. serem
Top