Bukan Sekedar Memuaskan Satu Sama lain, 6 Hal yang Wajib Dilakukan Setelah Jima'

Komentar

Foto via ruangmuslimah.com

Ingat, setelah "itu" Jangan langsung Tidur

Sudah menjadi kebiasaan banyak pasangan, setelah berjima' langsung terlelap dalam tidur, padahal dalam adab berjima' menurut islam ada 6 hal yang wajib dilakukan, dan barang siapa yang melakukan akan mendapat keberkahan dan kesehatan bagi tubuh.

Jima’ bagi pasangan suami istri tentu sudah menjadi hal yang tak boleh dilewatkan. Banyak sekali keberkahan dan juga manfaat yang didapat, tentu jika mengawalinya dengan adab yang telah Islam ajarkan.

Setelah berjima’, biasanya pasangan suami istri kurang bersemangat (langsung tidur), dan itu cenderung dilakukan para suami.

Baca juga : Ingin Menikah di Usia Muda? ini Bekal yang Harus Sudah Dipersiapkan

Namun, agar hubungan tak hanya sebatas memuaskan satu sama lain, hendaknya melakukan hal sebagaimana dikutip dari ruangmuslimah.com berikut:

1. Bersyukur

Setelah mengakhiri hubungan dengan suami, bersyukurlah kepada Allah. Ucapkan hamdalah. Sebab telah mendapatkan nikmat dari Allah ‘Azza wa Jalla yang sekaligus berpahala. Jika mensyukuri nikmat Allah, maka akan ditambah dan diberkahi nikmat itu.

2. Berterima kasih kepada suami

Mengucapkan terima kasih kepada suami akan semakin menambah romantisme dan keharmonisan keluarga. “Terima kasih sayang, engkau telah memberikan yang terbaik untukku” dan kata-kata semisalnya bisa dibisikkan kepada suami.

Jika ini dilakukan, insyaa Allah suami akan sangat senang. Ia merasa dihargai, merasa menjadi laki-laki yang gagah dan akan semakin cinta serta sayang kepada istri.

3. Mandi atau Wudhu

Ketika beraktifitas khusus, seseorang menjadi berhadats besar. Ia wajib mandi dan tidak boleh menundanya tanpa alasan yang jelas. Sebab, jika ia menunda tanpa alasan yang jelas, malaikat rahmat tidak mau mendekat.

ثَلَاثَةٌ لَا تَقْرَبُهُمُ الْمَلَائِكَةُ الْجُنُبُ وَالسَّكْرَانُ وَالْمُتَضَمِّخُ بِالْخَلُوْقِ

“Tiga orang yang tidak didekati oleh malaikat (rahmat): orang junub, orang mabuk dan orang yang berlumuran minyak wangi khaluq.” (HR. Al Bazzar; shahih)

Bagaimana jika cuaca sangat dingin atau kendala lainnya? Ia boleh menunda mandi junub namun berwudhu dulu sebelum tidur.

Mandi junub, selain wajib juga banyak manfaat secara medis. Di antaranya membersihkan diri dan bagian khusus sehingga terhindar dari bakteri dan kotoran. Jika mandinya ditunda, maka sebelum wudhu tetap perlu membersihkan bagian khusus tersebut.

Baca juga : Tanpa Sadar Sering Dilakukan Padahal 7 Cara Berdandan ini Haram Bagi Muslimah

4. BAK

Dengan BAK, bakteri bisa keluar dari dalam tubuh. Sehingga disarankan untuk BAK meskipun tidak terlalu ingin.

5. Berganti Pakaian Bersih

Jangan lupa berganti pakaian bersih setelah mandi junub. Bahkan kalaupun menunda mandi junub, tetap perlu mengganti pakaian dengan pakaian yang bersih dan bisa menyerap keringat dengan baik.

Jika perlu, tidak perlu memakai CD agar tidak lembab.

6. Minum Air Putih

Ini perlu dilakukan untuk mencegah dehidrasi dan mengembalikan kesegaran tubuh. Sebab aktifitas khusus tersebut telah menyita banyak energi.

Nah, itulah yang hendaknya kita lakukan setelah berhubungan dengan suami. Dengan demikian hubungan rumah tangga Anda akan selalu harmonis dan romantis
Top