Bagi Bunda yang Belum Tahu, ini 4 Fakta Menarik Seputar Tangisan Bayi

Komentar

foto via kumparan.com

Fakta dari tangisan bayi...

Saat setelah dilahirkan, seorang bayi begitu lemah. Tak heran jika bayi hanya bisa menangis. Dan bayi menangis saat dilahirkan menandakan bahwa bayi tersebut lahir dalam kondisi sehat. 

Selain itu ternyata ada fakta lain dari tangisan bayi yang masih banyak belum diketahui para orangtua. Lantas fakta apa saja itu?

Mengutip kumparan.com, berikut 4 fakta mengenai tangisan bayi yang harus diketahui para orangtua.

1. Bayi Juga Manusia

Manusia adalah satu-satunya mahluk hidup yang menangis karena emosi. Menurut ahli saraf dokter William H Frey, hal ini terjadi karena dengan menangis, manusia bisa melepaskan penumpukan hormon stres. 

Baca Juga : Tak Banyak Diketahui, Ternyata Tangisan Bayi Punya Arti Tersendiri yang Harus Ummi Ketahui

William menemukan bahwa air mata emosional ini tidak diproduksi seperti saat kita memotong bawang. Air mata emosional yang keluar memiliki efek untuk ‘membunuh’ rasa sakit, gelisah, hingga

menghilangkan stres. Nah, seperti kita, bayi juga manusia dan bisa saja menangis untuk mengendalikan emosinya.

2. Bayi Baru Lahir Tidak Mengeluarkan Air Mata Saat Menangis 

Air mata bayi yang baru lahir dihasilkan dari kelenjar lakrimal (berada di belakang mata) yang kemudian terjepit dari duktus air mata kecil di sudut air mata. Tapi saluran yang mengeluarkan air mata bayi  belum sepenuhnya terbentuk sampai sekitar usia delapan bulan. Jadi mereka mungkin akan sering menangis tanpa mengeluarkan air mata.


foto via kumparan.com

3. Bayi Menangis Dengan Aksen 

Tangisan bayi dari setiap negara memiliki aksesn yang berbeda-beda. Aksen tangisan bayi yang lahir di Prancis mungkin akan terdengar lebih ‘merdu’ ketimbang bayi yang lahir di Jerman. Hal ini disampaikan oleh profesor Kathleen Wermke dari Universitas Wurzburg di Jerman.

Baca Juga : Bukan Tanpa Alasan Bayi Menangis, ini 6 Arti Tangisan Bayi Selain Karena Lapar

4. Tangisan Bayi Bisa Jadi Bagian dari Siasatnya

Tangisan di malam hari mungkin menjadi bagian dari siasat bayi untuk menarik perhatian Anda. Bayi bisa saja ingin Anda selalu berada di dekatnya atau menyusuinya lebih lama dan ia tahu menangis dapat mewujudkan keinginannya itu. Pintar, ya!

Jadi kalau para orangtua sudah mengetahui apa fakta dan arti dari tangisan bayi jadi nggak perlu khawatir. Dan bisa mengenali mana tangisan bayi yang baik dan pertanda buruknya. Semoga bermanfaat, khususnya para ibu-ibu muda yang baru pertama memiliki anak.
Top