10 Keutamaan Yang Anda Dapatkan Ketika Menjenguk Orang Sakit Menurut Hadis

Komentar

Gambar diolah via inovasee.com

Mengapa harus menjenguk orang sakit?

Banyak ladang pahala yang diberikan Allah SWT untuk kita, Menjenguk orang sakit termasuk amal shalih yang paling utama yang dapat mendekatkan kita kepada Allah Ta’ala, kepada ampunan, rahmat dan Surga-Nya.

Dari begitu banyak adab dalam Al-Qur’an dan juga as-Sunnah, ada satu adab yang mulia dan menjadi hal orang muslim yang satu dengan yang lainnya dan ini bisa menghasilkan pahala.

Menjenguk orang sakit bagi kita orang muslim sudah seharusnya dijalankan kepada umat muslim lainnya.

حَقُّ الْمُسْلِمِ عَلَى الْمُسْلِمِ سِتٌّ. قِيْلَ: مَا هُنَّ يَا رَسُوْلَ اللهِ؟ قَالَ: إِذَا لَقِيْتَهُ فَسَلِّمْ عَلَيْهِ، وَإِذَا دَعَاكَ فَأَجِبْهُ، وَإِذَا اسْتَنْصَحَكَ فَانْصَحْ لَهُ، وَإِذَا عَطَسَ فَحَمِدَ اللَّهَ فَسَمِّتْهُ، وَإِذَا مَرِضَ فَعُدْهُ، وَإِذَا مَاتَ فَاتَّبِعْهُ

Sahabat bertanya: Apa saja, wahai Rasulullah? Beliau menjawab: “Bila engkau bertemu dengannya maka ucapkanlah salam, bila ia mengundangmu maka hadirilah, bila ia meminta nasihat maka nasihatilah, bila ia bersin dan memuji Allah (mengucap: alhamdulillah) maka jawablah (dengan mengucapkan: yarhamukallah), bila ia sakit maka jenguklah, dan bila ia meninggal dunia maka antarkanlah (jenazahnya hingga makam).” (HR. Muslim, no. 2162)

Apa saja keutamaan yang akan kita dapatkan?

1. Kebun syurga

Siapa saja yang menjenguk orang sakit akan senantiasa berada di kebun surga sampai ia kembali. (HR. Muslim)

Ini mengartikan jika saat kita menjenguk orang yang sedang sakit akan memperoleh pahala yang sangat banyak seperti orang yang sedang ada di kebun surga yang sedang memetik hasil buah di dalam surga.

2. Membuahkan Pahala Dari Allah

Sesungguhnya Allah azza wa jalla berfirman pada hari kiamat: Wahai anak Adam, Aku sakit namun engkau tidak menjenguk-Ku. Ia berkata: Ya Rabb, bagaimana aku menjenguk-Mu sementara Engkau adalah Tuhan alam semesta? Allah berfirman: Tidakkah engkau tahu bahwa hamba-Ku fulan sakit tapi engkau tidak menjenguknya, tidakkah engkau tahu, bila menjenguknya niscaya engkau akan mendapati-Ku ada di sisinya? (HR. Muslim)

Para ulama telah memberi penjelasan  bahwa hadits ini tidak memperlihatkan jika Allah memang benar-benar sedang sakit, akan tetapi memperlihatkan kemuliaan dan juga keutamaan dari hamba yang sedang menjenguk saudaranya yang sedang sakit dan siapa yang menjenguk saudara mereka yang sedang sakit maka akan memperoleh pahala yang berkelimpahan di sisi Allah azza wa jalla.

3.Mendapatkan doa dari Malaikat

Barang siapa yang mendatangi saudaranya muslim (yang sakit) untuk menjenguknya, ia berjalan di atas kebun surga hingga ia duduk. Apabila ia duduk, rahmat (Allah) akan menyelimutinya. Bila waktu itu pagi hari, tujuh puluh ribu malaikat akan bersalawat kepadanya hingga sore hari, dan bila ia melakukannya di sore hari, tujuh puluh ribu malaikat tersebut akan bersalawat kepadanya hingga pagi hari. (HR. Ahmad, Abu Dawud dan Ibnu Majah. Syaikh al-Albani berkata: Hadis sahih)

Di dalam riwayat dari Ibnu Majah tertulis jika malaikat memohon ampun pada Allah untuk siapapun yang menjenguk orang yang sedang sakit.


4. Waktu Tepat Untuk Bersyukur

Kita sebagai manusia seringkali tidak bersyukur dengan kesehatan yang sudah Allah berikan untuk kita dan beranggapan jika kesehatan adalah hak kita seperti tidak ada yang mengatur sehat atau sakit.

Kesehatan bisa diibaratkan layaknya mahkota di kepala orang yang sedang sehat namun tidak ada yang bisa melihat mahkota itu kecuali bagi mereka yang sedang sakit.

Karena itulah pada saat kita menjenguk orang sakit makan bisa digunakan untuk lebih memperbanyak rasa syukur atas rahmat Allah yang sudah memberikan kesehatan untuk kita.

5. Mengingatkan pada akirat

Dari Abu Sa’id Al-Khudri rodhiyaAllohu anhu berkata: bersabda Rosululloh shollallohu alaihi wa sallam: *“Kunjungilah orang yang sakit dan ikutilah jenazah, (hal tersebut) mengingatkan kalian dari akhirat.”* [HR. Ahmad (11209) dengan sanad yang shohih.]

Pada saat kita menjenguk orang sakit, ini juga menjadi pengingat kita akan akhirat.

Dengan ini kita akan menjadi sadar tentang segala dosa yang sudah kita perbuat dan menjadi takut pada Allah atas semua kesalahan yang sudah kita lakukan.

6. Jaminan Kebaikan Allah

Dari Muadz bin Jabal rodhiyaAllohu anhu mengatakan bersabda Rosululloh shollallohu alaihi wa sallam: *“5 perkara yang barang siapa melakukan salah satu darinya akan mendapatkan jaminan (kebaikan) dari Alloh; barang siapa yang menjenguk orang sakit, …”* [HR. Ahmad, Ath-Thobroni, dan hadits dishohihkan oleh Asy-Syaikh Al-Albani rohimahulloh dalam “Shohih Targhib wa Tarhib” (no.3471)]

Dengan menjenguk sanak saudara atau teman sesama muslim yang sedang mengalami musibah yakni sakit, maka ini akan menjadikan jaminan untuk kita akan kebaikan dari Allah.

7. Mendapatkan Banyak Rahmat

Dari Ali rodhiyaAllohu anhu berkata: aku mendengar Rosululloh shollallohu alaihi wa sallam bersabda: *“Apabila seseorang menjenguk saudaranya yang muslim (yang sedang sakit), maka dia berjalan di (tempat) pemetikan buah-buahan Surga sampai dia duduk, apabila sudah duduk maka diturunkan kepadanya rahmat dengan sangat banyak.”* [HR. At-Tirmidzi (no.969), Ibnu Majah 1/444) dan Imam Ahmad dengan sanad shahih, dishohihkan oleh Asy-Syaikh Al-Albani dalam “Ash-Shohihah” (no.1367) dan “Shohih At-Targhib” (no.3476)]

Keutamaan lain pada saat kita menjenguk orang sakit adalah saat yang tepat untuk kita sehingga mendapatkan banyak rahmat dari Allah swt.

8. Kelancaran urusan dunia

Dari Abu Huroiroh rodhiyaAllohu anhu berkata: bersabda Rosululloh shollallohu alaihi wa sallam: *“Barang siapa menjenguk orang sakit, atau menziarahi saudara fiellah, (maka) memanggillah orang yang memanggil dari (arah) langit: baguslah (urusan) kamu, dan dipermudah urusanmu, dan bersiaplah dengan tempatmu di Surga.”* [HR. At-Tirmidzi (2009) dan hadits dihasankan oleh Asy-Syaikh Al-Albani rohimahulloh dalam “Shohih Targhib” (no.3474)]

Semua umat muslim di dunia ini tentunya sangat ingin segala sesuatu urusan di dunia bisa selalu berjalan dengan lancar. Ini bisa kita dapatkan disaat kita menjenguk sesama muslim yang sedang sakit.

Semua urusan kita akan semakin dipermudah sekaligus mendapatkan jaminan tempat di surga.

9. Amalan Penduduk Surga

Dari Abu Sa’id Al-Khudri rodhiyaAllohu anhu berkata bersabda Rosululloh shollallohu alaihi wa sallam: *“5 perkara yang barang siapa melaksanakannya pada sehari akan dituliskan baginya (bahwasanya) dia termasuk dari penduduk Surga; barang siapa yang menjenguk orang sakit, menghadiri jenazah, berpuasa pada hari itu, pergi berangkat menuju masjid dan membebaskan budak.”* [HR. Ibnu Hibban, dan hadits dishohihkan oleh Asy-Syaikh Al-Albani rohimahulloh dalam “Shohih Targhib wa Tarhib” (no.3470)]

Saat kita menjenguk orang yang sedang sakit, maka mengartikan kita sudah menjadi salah satu penghuni dari surga khususnya saat diimbangi juga dengan berpuasa.

10. Berada Dalam Lindungan Rahmat Allah

“Siapa yang menjenguk orang sakit, ia akan masuk ke dalam rahmat (Allah), sehingga apabila duduk, ia akan berada di dalam rahmat tersebut”. (HR. al-Bukhari di dalam al-Adab al-Mufrad dan disahihkan al-Albani)

Dalam hadits ini mengartikan jika disaat kita menjenguk sesama muslim yang sedang menderita sakit, maka kita akan mendapatkan Rahmat dari Allah yang akan selalu menyertai kita meskipun kita sudah sampai di rumah sehingga ini sangat baik untuk dilakukan agar kita bisa memperoleh rahmat yang Allah berikan di saat menjenguk orang yang sedang sakit.

Dengan beberapa keutamaan menjenguk orang sakit yang diperlihatkan dari beberapa hadits diatas melansir dari dalamislam.com, maka sudah selayaknya kitasebagai seorang muslim menjenguk sanak saudara, sahabat, kerabat dan orang muslim lain yang sakit agar memperoleh segala rahmat dan juga kasih dari Allah subhanahu wa ta’ala.
Top