Tak Perlu Malu , ‘Ngiler’ Saat Tidur Justru Bisa Jadi Pertanda Baik, Berikut Penjelasannya

Komentar
Jangan malu bagi anda yang memiliki kebiasan kalau tidur sukanya ngiler, karena itu merupakan pertanda yang baik,, Berikut penjelasannya ... 


Ngiler saat tidur : harapanrakyat.com

Ngiler saat tidur sering dianggap orang lain kalau itu adalah kabiasaan yang jorok, namun tak banyak yang tahu kalau kebiasaan ngiler saat tidur merupakan pertanda yang sangat baik

Tidur adalah proses mendasar bagi tubuh kita. Jika kita ingin memiliki kehidupan yang produktif dan aktif, kita perlu tidur nyenyak setiap hari kita berakhir.

Orang-orang yang belum cukup tidur dan kelehan sepanjang hari bisa merasakan ketidaknyamanan di tubuh, mood buruk atau masalah kesehatan karena kekurangan energi.

Jadi terkadang tubuh berusaha membuat siklus tidur baru dan akhirnya Anda tidur di meja kerja, meja belajar bahkan di bus.

Baca juga : Tips Ampuh Menurunkan Berat Badan dan Mengecilkan Perut Tanpa Obat Ala (BEDM)

Nah saat Anda tidur dan ketika bangun bantal sudah banjir dengan air liur itu justru bermanfaat, tidak seperti yang anda pikirkan selama ini. “Ngiler” terjadi sebagai pertanda bahwa istrihat Anda baik.

Tindakan meneteskan air liur saat tidur merupakan tanda bahwa mimpi Anda cukup positif dan tubuh beristirahat dengan sangat baik.

Ada beberapa fase tidur, saat fase REM (rapid eye movement)  terjadi pada 70-90 menit pertama setelah kita tertidur, dan terulang lagi setiap 90 menit pada tiap tahapan.

Ini adalah periode saat kita bermimpi.  Tidur REM sangatlah penting untuk menjaga tubuh kita berfungsi optimal.

Otak berusaha menjaga kita tetap tertidur dengan cara kita tak mudah terbangun oleh suara-suara di sekitar yang bisa merusak tahap tidur ini.

Saat Anda “ngiler”, berarti fase REM tidak terganggu, jadi Anda tidak memiliki masalah tidur atau mengalami gangguan saat tidur.

Jika Anda tidak “ngiler”, justru menjadi tanda kebiasaan tidur Anda terpengaruh sepanjang malam dan istirahat tidak mencukupi.

Ingatlah bahwa untuk pengembangan pribadi dan profesional yang baik sangat penting untuk beristirahat. Jadi beruntunglah Anda yang termasuk kelompok orang yang “ngiler” saat tidur. Jangan diejek, karena ternyata itu pertanda kualitas tidur kita.

Hanya saja, ada beberapa kondisi kesehatan yang ternyata juga bisa menyebabkan kebiasaan ngiler seperti sebagai berikut.

Baca juga : Kenali 5 Gejala Pertanda Tubuh Sedang Mengalami Stres, Biar Nggak Semakin Parah

Alergi

Jika kita mengalami alergi pada makanan tertentu atau alergi rhinitis, maka produksi air liur akan meningkat, bahkan saat kita tidur.

GERD

Penyakit bernama gastroesophageal reflux disease ini membuat asam lambung naik hingga kerongkongan dan akhirnya memicu produksi air liur berlebihan.

Infeksi sinus

Infeksi sinus bisa memicu gangguan pernafasan dan kesulitan menelan sehingga membuat kita cenderung bernafas dengan mulut saat tidur. Hal ini juga bisa memicu produksi air liur yang lebih banyak saat tidur.

Tonsilitis

Penyakit ini terjadi karena kelenjar amandel di tenggorokan mengalami peradangan. Hal ini akan membuat amandel membengkak dan mengganggu laju air liur menuju kerongkongan dan akhirnya membuat air liur terakumulasi pada mulut yang bisa membuat kita ngiler saat tidur.

Konsumsi obat-obatan tertentu

Beberapa jenis obat-obatan tertentu seperti obat anti depresan bisa membuat produksi air liur meningkat.

Gangguan tidur

Beberapa jenis gangguan tidur seperti mengigau atau tidur berjalan kerap kali juga disertai dengan kebiasaan ngiler.

Jangan anggap kebiasaan ngiler adalah kebiasaan buruk yaaa,, justru ngiler merupakan kebiasaan yang baik untuk kesehatan
Top