Tak Hanya Harus Urus Rumah Tangga, ini Pentingnya "Me Time" Untuk Ibu Rumah Tangga

Komentar

Dampak jika ibu rumah tangga tak ada "Me time"

Bunda harus punya "Me Time" Loh

Meski menjadi ibu rumah tangga pekerjaannya banyak, kadang sampai tak bisa ditinggal. Waktu "Me Time" ini sangat penting, karena juga akan berdampak buruk bagi bunda, jika tak ada "Me time".

Hampir semua perempuan yang memilih menjadi istri sekaligus ibu, tak pernah membayangkan apa yang kemudian akan dihadapinya kelak.

Ini adalah pekerjaan yang membutuhkan waktu 24 jam sehari dengan 7 hari seminggu.

Baca juga : Memukul Anak Untuk Memberikan Pelajaran, itu Mendidik Atau Malah Jadikan Anak Egois?

Tidak mengenal jam istirahat dan tak ada hari libur. Mulai dari merawat anak, mendidiknya, menyayangi pasangan, merawat rumah dan setumpuk kewajiban lain yang harus diselesaikan tiap harinya.

Hal tersebut memang benar adanya. Namun Bunda, meski demikian keadaannya, bukan berarti bunda harus melupakan me time yang mungkin saat sebelum menikah jauh lebih sering dilakukan.

Me time atau waktu untuk menyenangkan diri sendiri adalah hak setiap orang, termasuk bagi seorang ibu rumah tangga.

Mengapa? Karena dengan me time nyatanya ampuh mengusir rasa suntuk, penat, bosan, atau bahkan lelah dari seorang ibu rumah tangga.

Bukankah rumah tangga akan bahagia bila bunda pun bahagia?

IBU YANG TAK PUNYA ME TIME RENTAN DEPRESI YANG MEMBUAT EMOSINYA BISA MELEDAK SEWAKTU-WAKTU



Meski dari luar terlihat baik-baik saja, bunda yang tak punya kesempatan untuk me time sejatinya tengah menimbun depresi.

Jika terus dibiarkan, emosi dan depresi bunda yang sudah menumpuk bisa saja meledak sewaktu-waktu.

Sayangnya banyak Bunda yang tak menyadari hal ini dan membiarkan tekanan ini terus menumpuk dalam diri.

BAHKAN SEDIHNYA KARENA TERTEKAN DENGAN SEGALA RUTINITAS PEKERJAAN RUMAH, BUNDA PUN RENTAN MELAMPIASKAN KEKESALAN PADA ANAK-ANAK



Nyatanya me time memang sangat diperlukan. Efeknya bukan hanya pada bunda saja, karena seringkali jika bunda sudah kesal, anak-anak menjadi pelampiasan.

Karena depresi dan lelah menyatu, bunda mulai berpikir bahwa anak-anak yang membuatnya tak memiliki me time seperti dulu.

Bunda itu Ibarat ceret air kebahagian. Tak mungkin bisa menuang kebahagiaan ke seluruh keluarga jika bunda sendiri tak bahagia bukan?

Baca juga : Sopan Santun Jadi Hal yang Mahal, ini 16 Cara Pintar Mendidik Anak Bersikap Sopan Santun

UJUNGNYA BUNDA BISA MULAI MENYESAL DENGAN PERNIKAHAN. AGAR HAL ITU TAK TERJADI, SEBAIKNYA BUNDA SEGERA KONSULTASI DENGAN SUAMI UNTUK MELAKUKAN ME TIME



Berkonsultasi dengan suami mengenai masalah ini sangatlah perlu.

Karena nyatanya masih ada yang merasa tidak puas dengan kehidupan pernikahannya meski sang suami memenuhi segala kebutuhan rumah tangga.

Padahal, Pernikahan yang telah bunda lalui bersama suami bukanlah hal yang layak disesali. Pasti suami mengizinkan apalagi demi kebahagiaan bunda.

PENELITIAN PUN MENGATAKAN MENYEDIAKAN WAKTU ME TIME TERNYATA MEMBERI MANFAAT BAIK SECARA PSIKOLOGIS DAN MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN DI DALAM KELUARGA



Hasil studi dari Alyssa Westring, asisten professor di DePaul University, Chicago dan Stew Friedman, professor manajemen di Wharton School membuktikan bahwa me time penting dan bermanfaat bagi individu.

Mereka melakukan penelitian terhadap sekumpulan orang dewasa yang berstatus ayah dan ibu yang rutin menyediakan waktu me time sepanjang 12-15 minggu ternyata mengalami peningkatan dalam hal kesejahteraan pribadi, kepuasan kerja, maupun kepuasan bersama keluarga mereka.

Hal itu lantaran me time memberi manfaat baik secara psikologis dan fisik.

SAAT SUDAH MERENCANAKAN WAKTU ME TIME, YAKINKAN PADA SUAMI BAHWA SEMUA URUSAN RUMAH TANGGA TETAP AKAN BERJALAN NORMAL SELAMA BUNDA ISTIRAHAT



Ada kalanya saat berkonsultasi, suami bisa saja tak setuju saat bunda harus meninggalkan urusan rumah tangga.

Jika demikian, bunda harus pintar-pintar bernegosiasi dan meyakinkannya.

Apalagi jika bunda telah memiliki rencana yang matang dan optimis jika me time tak akan mengganggu rutinitas dan urusan rumah tangga yang selama ini bunda kerjakan.

Tak ada salahnya meminta tolong pada orang terdekat selain suami jika memang bunda merasa perlu bantuan untuk membereskan urusan ini.

Namun bunda juga bisa mencoba cara lain yaitu dengan melibatkan suami dalam mengurus rumah dan mengasuh anak secara bertahap.

Jadi ketika tiba waktunya bunda beristirahat, suami tak akan kaget dan lebih santai karena sudah terbiasa menangani masalah keluarga.

Baca juga : MasyaAllah, ini 9 Ciri Istimewa Anak Pembawa Rezeki Untuk Orangtuanya

ME TIME BISA DILAKUKAN DIMANA SAJA, TERMASUK DI RUMAH MENONTON TAYANGAN FAVORIT

Kekeliruan yang sering terjadi adalah berpikir bahwa me time haruslah berlibur dengan memakan waktu yang lama dan perlu perencanaan matang.

Padahal sesungguhnya esensi dari me time adalah dengan menyisihkan waktu “istirahat” untuk diri sendiri.

Hal ini bisa bunda lakukan di rumah dan setiap hari kok. Seperti juga semua aktivitas pekerjaan lainnya, Bunda bisa beristirahat dan menarik nafas sejenak.

Banyak aktivitas yang bisa dilakukan mulai dari membaca buku hingga menonton tayangan televisi yang mengasyikan.

Nah, untuk Me Time tentunya bunda akan membutuhkan banyak pilihan tayangan bukan?

Jangan sampai waktu istirahat bunda tak maksimal karena terpaksa menonton tayangan dengan pilihan program yang terbatas.
Top