Do`a Ampuh Peminta Surga Ajaran Rasulullah SAW.

Penulis Huda Mbothe | Ditayangkan 21 Dec 2017
Meskipun banyak orang yang tidak tahu bagaimana itu surga namun mereka sangat menginginkan untuk memasuki surga tersebut. Inilah do'a ampuh peminta surga yang diajarkan Rasulullah..

Do`a Ampuh Peminta Surga Ajaran Rasulullah SAW.
Berdo'a meminta surga : islamsantri.com

Semua muslim pasti menginginkan untuk memasuki surganya Allah, meskipun mereka belum tahu bagaimana itu surga, mereka berlomba lomba mengumpulkan kebaikan di dunia agar dapat memasuki surga. Ketahuilah inilah do'a peminta surga yang diajarkan Rasulullah...

Surga yang Allah sediakan di akhirat kelak tidak akan menjadi milik seorang hamba begitu saja tanpa ada usaha berupa doa dari hamba kepada Pemilik Surga, baik dengan doa bermakna permohonan atau permintaan kepada Allah, maupun doa dengan makna berbagai macam ibadah yang dilakukan yang bisa mengantarkan seorang hamba kepada surga.

Terdapat beberapa doa yang telah disebutkan dalam hadits-hadits Rasulullah shallalahu ‘alaihi wa sallam yang bisa kita gunakan untuk meminta surga kepada Allah subhanahu wa ta’ala.

Baca juga : Biarpun Dosa Terbesar Dalam Hidupmu, Bisa Dihapuskan Dengan Istighfar Dan Doa Ini

Hal ini mengingat bahwa doa-doa yang paling baik adalah doa-doa yang berasal dari Rasulullah shallalahu ‘alaihi wa sallam.

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Abu Daud, Nabi shallalahu ‘alaihi wa sallam bersabda kepada seseorang, “Apa yang engkau ucapkan ketika shalat?”Orang itu berkata, “

Aku bertasyahud dan aku berdoa, ‘Ya Allah sungguh aku memohon surga kepadaMu, dan aku berlindung kepada-Mu dari neraka. Sungguh aku tidak mengerti apa yang engkau dan Muadz ucapkan.’”

Maka Rasulullah shallalahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sekitar itulah kami berdoa.”

Hadits tersebut memberikan pelajaran kepada kita bahwa Rasulullah shallalahu ‘alaihi wa sallam dan para sahabat, dalam doanya senantiasa berdoa untuk memohon surga dan dilindungi dari neraka.

Dari hadits ini juga ada bantahan kepada orang-orang yang menganggap bahwa beribadah karena mengharap surga dan takut dari neraka, bukanlah ibadahnya orang yang sempurna tauhidnya.

Karena siapakah yang lebih baik tauhidnya dari Rasulullah shallalahu ‘alaihi wa sallam dan para sahabatnya? Meski demikian beliau shallalahu ‘alaihi wa sallam tetap dan terus menerus memohon surga dan meminta perlindungan dari neraka.

Dari hadits itu pula ada lafazh doa yang diucapkan orang tersebut, yang ditetapkan oleh Rasulullah shallalahu ‘alaihi wa sallam, yaitu:

“Ya Allah, sesungguhnya aku memohon surga kepada-Mu, dan aku berlindung kepada-Mu dari neraka.”

Dan Rasulullah shallalahu ‘alaihi wa sallam telah bersabda,

“Barangsiapa memohon surga kepada Allah tiga kali, maka surga akan berkata, ya Allah masukkan dia ke dalam surga. Dan barangsiapa berlindung dari meraka tiga kali maka neraka akan berkata, ya Allah lindungi dia dari neraka.”

Dengan berdasar hadits di atas, kita bisa berdoa dengan doa berikut sebanyak tiga kali:

Do`a Ampuh Peminta Surga Ajaran Rasulullah SAW.

“Ya Allah sungguh aku memohon surga kepada-Mu, dan aku berlindung kepada-Mu dari neraka.”

Baca juga : Doa Berdagang Agar Jualan Laris Ajaran Nabi Muhammad SAW

Di samping itu, Nabi shallalahu ‘alaihi wa sallam juga biasa memohon kepada Allah agar Dia menganugerahi kepada beliau dan para sahabat berupa ketaatan yang bisa mengantarkan kepada surga.

“Ya Allah, berilah kepada kami berupa rasa takut yang bisa menghalangi kami dari kemaksiatan kepada-Mu, dan berilah ketaatan yang dengannya Engkau menghantarkan kami kepada surga-Mu, dan berilah keyakinan yang dengannya Engkau menjadikan berbagai musibah dunia atas kami. Berilah kesenangan kepada kami dengan pendengaran kami, penglihatan kami, dan kekuatan kami selala Engkau menghidupkan kami. Dan jadikanlah itu semua sebagai pewaris dari kami. Jadikanlah pembalasan kami atas orang-orang yang mendzalimi kami, tolonglah kami atas orang-orang yang memusuhi kami, janganlah Engkau jadikan dunia sebagai cita-cita terbesar, tidak pula sebagai batasan ilmu kami, dan janganlah Engkau kuasakan kepada kami orang-orang yang tidak merahmati kami.”

Mari kita membaca do'a diatas sebanyak tiga kali niscaya kelak kita dapat memasuki surganya Allah dan menghindari nerakanya.
SHARE ARTIKEL