Sering Malu Karena Bau Mulut, Usir Bau Mulutmu dengan 3 Cara Jitu ini!

Komentar
Bau mulut merupakan suatu masalah yang sangat mengganggu, apalagi jika kita berhadapan dengan orang lain, pasangan ataupun rekan kerja. Pastinya kita semua tidak ingin dicap mulutnya bau bukan?



Gambar ilustrasi bau mulut (pinterest.com)

Bau mulut timbul disebabkan oleh bakteri yang tumbuh subur di mulut, malas atau jarang menggosok gigi, dan bakteri yang berkembang biak di sela-sela gigi sehingga membantu produksi senyawa sulfur yang dihasilkan bakteri. Senyawa sulfur inilah yang kemudian menjadikan nafas bau, busuk, bau menusuk dan menyebabkan orang di sekitar terganggu ketika tanpa sengaja menghirup udara yang berhembus dari mulutyang menderita bau mulut.

Di samping itu bau mulut juga disebabkan oleh gusi bengkak, bernanah, gigi berlubang dan banyak terrdapat bakteri serta akibat bahan makanan tertentu seperti sehabis makan jengkol, buah durian, petai, bawang putih dan bawang merah.

Bau mulut juga bisa disebabkan kurangnya karbohidrat. Sehingga di saat pasokan karbohidrat berkurang, tubuh secara otomatis memecahkan glukosa yang disimpan di dalam hati dan otot tubuuh. Setelah itu tubuh memecahkan lemak dan berkahir pada sisa metabolism yang menghasilkan keton yang menjdai penyebab utama bau mulut.

Selain dengan segera gosok gigi, bisa juga mengkonsumsi permen karet atau permen yang memiliki aroma wangi yang mengandung mint. Ini membantu sobat sekalian mengatasi bau mulut dengan instan tanpa efek samping. Namun ternyata ada beberapa cara jitu untuk menghilangkan bau mulut bahkan yang sudah permanen ataupun bertahun tahun, berikut ulasannnya :

1.Berkumur dengan air garam.

ilustrasi berkumur dengan air garam (google)

Cara ini bisa menawarkan bau mulut. Karena garam yang dikumur bekerja membunuh bakteri yang di dalam mulut, sela-sela gigi dan di sisi gusi. Bisa juga ditambahkan dengan limau. Caranya, campurkan air hangat dengan satu sendok kecil garam, diaduk lalu dikumur-kumur. Lakukan beberapa hari dan diselingi dengan garam campur limau agar hasilnya lebih efektif.
Kunyah daun mint dan biji Bunga Matahri.

Kunyah sehabis makan dan minum secara teratur. Atau cukup mengunyah permen yang mengandung mint.

2. Daun salam dan daun kemangi

daun kemangi cukup manjur menghilangkan bau mulut.

Daun salam dan daun kemangi cukup manjur menghilangkan bau mulut. Daun Kemangi bisa disantap sehabis makan atau dikunyah sebelum dan bangun tidur. Daun kemangi membantu membuat nafas segar dan wangi.

3. Baking Soda

gambar Baking Soda 

Gunakan Baking Soda sehabis menggosok gigi. Atau bisa juga dengan memilih pasta gigi yang mengandung Baking Soda. Gunakan secara teratur ketika hendak tidur, bangun tidur dan sehabis makan.

Dan selain itu untuk menjaga agar kita terhindar dari bau mulut kita harus rajin menjaga kebersihannya karena pada dasarnya bau mulut mustahil terjadi tanpa adanya sesuatu yang kotor atau bakteri menumpuk di dalamnya. Oleh karena itu selektif lah dalam memilih menu makanan dan minuman, jauhi rokok, gosok gigi secara teratur dan periksakan secara berkala ke dokter gigi bila terdapat hal-hal yang menyebabkan mulut bau.

Cara Mengobati Bau Mulut Busuk

Bau mulut yang sudah kelewat parah dan seperti bau busuk secara praktis dapat di atasi dengan mengkonsumsi jeruk nipis, lemon, jambu biji, buah-buahan kaya vitamin C, daun sirih, kayu manis, kencur dan mengunyah beras. Beras juga efektif menghilangkan bau mulut dan menjadi bahan tradisional menghilangkan bau mulut sehabis makan jengkol, petai dan durian.

Jadi, sobat-sobat sekalian tidak perlu lagi panik bila mulutnya bau, cukup terapkan tips-tips cara mengobati bau mulut di atas. Insya Allah bau mulut minggat jauh-jauh. Selamat mencoba.
Top