Sering Diabaikan Kaum Muslimin, Padahal Penting Sunnah Ketika Keluar Masuk Masjid

Komentar
Jangan Sampai Anda Abaikan Sunnah ini.

ilustrasi Orang Masuk Masjid | Foto : SEMUATENTANGISLAM.ID

Sangat diwajibkan bagi mereka yang beragama islam untuk melakukan sholat 5 waktu, Untuk itu bagi kaum muslimin diwajibkan untuk sholat berjamaah di masjid. Dan kebanyakan orang masih mengabaikan sunnah ini. Padahal sangat penting.

Mayoritas kaum muslimin yang menghadiri shalat jamaah tidak mengetahui sunnah masuk dan keluar masjid. Mereka juga tidak mengetahui doa-doanya sebagaimana yang di contohkan. karena itulah kami katakan kepada mereka :

"Barangsiapa yang hendak memasuki masjid di sunnahkan baginya untuk mendahulukan kaki kanannya dan keluar dengan kaki kirinya."

Adapun mengenai doa ketika masuk masjid dan keluar masjid, maka simaklah ketentuan berharga dari beberapa hadits Nabi Berikut :

Dari Anas ra, Bahwasannya Rasulullah SAW apabila hendak masuk masjid, beliau membaca Yang Artinya  : "Dengan Nama Allah, Ya Allah, Limpahkanlah Shalawat Kepada Muhammad.

Baca Juga : Jangan Asal Minta, ini 7 Catatan Penting Tentang Doa Agar Cepat Dikabulkan

Apabila Keluar beliau membaca  Yang Artinya  : " Dengan Nama Allah,  Ya Allah, Limpahkanlah Shalawat Kepada Muhammad." (HR.Ibnu Sina)

Dari Abu Humaid atau Abu Usaid ra, dia berkata, Rasulullah SAW Bersabda ,'Apabila salah seorang dari kalian memasuki masjid, hendaklah dia mengucap salam atas nabi SAW kemudian membaca yang artinya : "Ya Allah, Bukakanlah Pintu-Pintu Rahmat-Mu Untukku".

Dan jika keluar hendaknya dia membaca yang artinya  : "Ya Allah, Sesungguhnya aku memohon karunia-Mu.  (HR.Muslim)
Top