Sekian Lama Tak Terdengar Kabar, Ternyata 4 Hal Hebat ini Dilakukan Ahok di Mako Brimob

Komentar


Hal hebat yang dilakukan Ahok

Aksi Reuni Akbar 212 yang berlangsung pada hari ini, mengulang kembali satu tahun yang lalu dimana meminta untuk Ahok dipenjarakan karena tuduhan penistaan agama, namun bagaimana kabarnya sekarang?

Tak pernah terdengar kabar lagi, ternyata Basuki Tjahaya Purnama ini melakukan hal-hal hebat saat dipenjara. Bertepatan dengan reuni akbar 212 ini, berikut ini hal yang dilakukan Ahok dilakukan di maka Brimob

Mengutip dari oralucu, sebagai mantan Gubernur DKI Jakarta yang memberikan banyak perubahan, Basuki Tjahaya Purnama alias Ahok diakui sebagai pemimpin yang berhasil.

Baca juga : Ketua SETARA Institute, Menilai Reuni 212 Sebagai Ajang Meningkatkan Nilai Tawar Para Elite Politik

Terlepas dari segala kontroversi menyangkut agama yang membuatnya dibui, ia tetaplah sosok yang memberikan banyak kontribusi untuk ibukota.

Kekalahan Ahok di pemilihan gubernur baru juga membuat banyak pendukungnya kecewa. Kita mungkin bisa melihat, begitu banyak sekali bunga yang diletakkan di balai kota sesaat setelah kekalahannya di pemilihan.

Meski tak gagal memenangkan pemilu DKI Jakarta, namun Ahok terbukti berhasil mengambil hati para warganya.

Namun sayang, mulai tanggal 3 Mei 2017 lalu, Ahok resmi dipenjara. Meski merasa terluka, namun bukan berarti Ahok tak melakukan apapun saat berada di penjara.

Beliau tetap berkarya, bahkan mantan pimpinan Jakarta tersebut masih melakukan banyak hal hebat, dan berikut di antaranya.

Menulis buku



Sejak mendekam di tahanan, bukan berarti Ahok berhenti memberikan kontribusinya pada negara.

Hal itu diketahui dari Fina, salah seorang penasihat hukum yang menanangi kasus Ahok.

Menurut Fina, sejak bulan-bulan pertama dipenjara, Ahok mulai menulis buku berdasarkan isi pemikirannya.

Menurut Ahok, penjara tidak akan menahannya yang punya ide dan keinginan, kecuali jika ia dipenjara karena kasus korupsi, itulah yang memalukan.

Di usianya yang ke 51 tahun, ada beberapa orang relawan yang terdiri dari jurnalis dan para tokoh lain yang menyusun buku berjudul “Ahok di Mata Mereka”.

Baca juga : Amien Rais Lontarkan Pesan ini Kepada Pak Jokowi Saat Hadiri Reuni Alumni 212

Walhasil, hanya memakan waktu satu minggu saja, buku setebal 456 tersebut selesai mulai konsep sampai finishing.

Buku bertanda tangan Ahok tersebut terjual sebanyak 7000 eksemplar dalam kurun waktu singkat.

Padahal, harga bukunya sendiri juga tak main-main, yaitu Rp. 750.000. Hebatnya, hanya memakan waktu satu bulan, Ahok sudah mengumpulkan 2 miliar dari hasil penjualan bukunya.

Menyumbangkan hasil penjualan bukunya untuk Makko Brimob



Di wilayah tempat Ahok ditahan memiliki luas sekitar 60 Hektar dan dihuni oleh 4.000KK. Namun, kondisi rumah susun di sekitar sana cukup miris.

Banyak bagian yang mengalami kerusakan. Ahok tahu jika gaji polisi memang tak seberapa. Hal itu yang menggerakkan hati mantan Bupati Belitung Timur itu untuk menyumbangkan hasil penjualan bukunya pada Mako Brimob.

Bakti tersebut membuktikan bahwa Ahok tetaplah orang yang merdeka, meski kondisinya dipenjara.

Selalu bersemangat untuk membuat rencana baru yang lebih baik, termasuk beternak lele



Memang, selama mendekam di Mako Brimob, berita mengenai Ahok begitu minim.

Hal itu juga membuat publik bertanya, apakah benar Ahok ditahan di lokasi tersebut? Hal itu disebabkan karena tidak adanya foto-foto Ahok selama berada di Mako Brimob, berbanding terbalik saat mantan Gubernur DKI tersebut berada di LP Cipinang.

Penasaran dengan kabar Ahok, seorang warganet dengan nama akun Facebook Ifani Ifani pun memutuskan untuk melakukan kunjungan ke Mako Brimob.

Baca juga : Pemanasan Jelang Reuni Akbar Alumni 212, Orasi Habib Rizieq Menggetarkan

Saat menjenguk dengan niatan ingin menghibur dan memberikan dukungan, Ifani justru yang merasa dihibur dan diberi semangat.

Ifani juga diimbau untuk bisa memberikan sumbangan berupa bibit lele untuk dibudidayakan di danau besar di lingkungan Mako Brimob, lele tersebut yang nantinya bermanfaat untuk menambah gizi para polisi dan keluarganya, begitu kata Ahok.

Beribadah paket komplit



Sejak pertama ditahan, Ahok memang begitu banyak membaca Alkitab dan menuliskan isi batin maupun pemikirannya.

Dan terbukti, aktivitas tersebut membuat Ahok lebih tenang. Bahkan, beberapa minggu mendekam di penjara, tubuh suami dari Veronica Tan itu lebih berisi.

Selama ditahan, Ahok bisa melakukan banyak hal untuk beribadah, mulai jadi Pendeta, pengiring musik, penyanyi, pendoa hingga penyambut tamu.

Semua bisa dilakukan Ahok. Dan tentu saja sisi religius tersebut membuat banyak orang mengakui jika Ahok bukanlah tahanan biasa, ia bisa melakukan banyak hal yang bermanfaat bagi sesamanya.

Tak pernah memikirkan diri sendiri, itulah yang membuat sosok Basuki Tjahaya purnama selalu berguna bagi lainnya.

Itulah empat hal hebat yang dilakukan Ahok di Mako Brimob. Terbukti, meski dipenjara, mantan Gubernur DKI tersebut tetap bisa memberikan bakti yang tulus bagi sesamanya.

Semoga sosok Ahok yang selalu peduli dan berkarya di mana saja menajadi inspirasi bagi kita semua.

Top