Psikologi Si Kecil Yang Tidak Anda Ketahui, Saat Anak Melakukan Hal-hal Ini

Komentar


Anak Anda meminta Anda membacakan buku atau mendengarkan lagu yang sama berulang kali? Atau gemar mengutak-ngutik kotak perhiasan dan kosmetik Anda? Sebelum buru-buru marah, pahami dulu hal-hal berikut!

Psikologi anak merupakan salah satu bagian atau cabang dari ilmu psikologi yang mempelajari tentang segala sesuatu mengenai anak, mulai dari perkembangan psikologis, psikososial, psikoseksual, dan berbagai macam masalah yang muncul pada masa kanak-kanak.

Pernahkah orang tua di minta buah hatinya untuk membacakan buku kesukannya secara berulang kali? atau mungkin buah hati suka otak atik kotak perhiasan atau alat-alat kosmetik milik bundanya?.

Jangan dimarahi ataupun curiga terlebih dahulu, pahami dulu hal-hal berikut ini.

MINTA DIBACAIN LAGI BUKUNYA?



Saat orang dewasa yang menonton film kesukaanya berulang kali, pasti ada saja yang selalu mendekkan lidah. sama juga halnya dengan anak anda, begitu ia menemukan buku, video atau mainan favoritm ia tidak akan berhenti dan tidak akan pernah bodan untuk memainkannya berulang-ulang.

Meskipun ia memutari satu tempat berulang kali, atau sudah hapal dengan lagu baby shark, setiap kali ia menonton videonya, ia akan merasakan hal baru.

Seperti yang dikutip dari laman chaisplay, Meskipun konteks video atau buku tidak berubah, tetapi cara berpikirnya akan terus berubah-ubah. Malah, 'Ekspektasi' anak terhadap adegan apa yang akan terjadi selanjutnya, akan membuatnya lebih kegirangan. Dengan membaca secara berulang ia akan memikirkan "hmmm sebentar lagi adegan ini akan muncul.." dan ketika adegan tersebut benar-benar muncul, anak akan merasa puas terhadap ekspektasi yang mereka buat sendiri dan tentu saja, merasakan pemenuhan diri.

Karena itu, kurang bijak jika anda enggan membacakan buku kesukaan anak berulang kali. Meskipun dalam hati anda berpikir "kok ini lagi ini lagi?", bagi si kecil, buku tersebut adalah buku yang baru. Bacakanlah kembali buku kesukaanya tanpa mengurangi antusiasme anda.

JANGAN DIBUAT MAINAN YA KOSMETIK BUNDA




Pada masa ini anak-anak adalah "peniru yang baik", jika melihat anda mengepel lantai, pasti ia akan ikut mengambil tisu atau kain lap dan melakukan gerakan yang sama. Pasti ia pernah melihat anda duduk berdandan atau mengoleskan lipstik ke bibir anda.

Perilaku meniru pada anak adalah proses perkembangan yang wajar. Dengan demikianlah ia mengenal dan mempelajari karakter dan kegunaan bend-benda yang ada dirumah. Jika anak memperhatikan sinyal bahwa ia ingin melakukan sesuatu bersama anda.

Asl masih dalam batas kewajaran dan tidak berbahaya sebisa mungkin bantu dan dampingilah. Biarkan ia bermain dengan peralatan dapur anda, memandikan bonekanya, karena begitulah anda memberi solusi yang efektif terhadap keinginanya untuk belajar.














Top