"Musibah Datang Karena Banyak Maksiat Dan Dosa" Jangan Cuek Ketika Ada Kemungkaran

Komentar

Gambar : picbear.com

Ini nih kalau bicara nggak pakai ilmu....

Dosa mereka yang nanggung, tapi murka Allah itu azabnya ke lingkungan dan semua masyarakat...

Apalagi kalau ada muslim membiarkan saja saat tahu ada kemaksiatan, dosa besar baginya....

Bukankah sudah cukup kaum sodom umat nabi luth yang gemar kemaksiatan dan mengumbar syahwat lalu di binasakan allah dengan datangnya gempa dan tsunami yang maha dahsyat?

Penyimpangan dan maksiat, pada prinsipnya akan merugikan dan membahayakan pelakunya semata. Namun, ia dapat menyeret orang baik-baik karena suka bergaul dengannya dan menjadi temen dekatnya. Fakta pun telah membuktikan, ada orang yang ikut diciduk pihak berwenang dan namanya tercoreng gara-gara kedapatan bersama orang-orang yang sedang asyik maksiat.

Jadi, tetap semangat ngajak temen-temen berbuat baik, dan menghindari keburukan dan maksiat, dan juga mencegah pelaku maksiat dari perbuatannya. Dan itu sudah bisa terwujud dengan komunikasi empat mata dengan temen, tidak mesti dengan ceramah di masjid atau mushalla.

Dari Abu Bakr Ash-Shiddiq radhiyallahu ‘anhu ia berkata

يَا أَيُّهَا النَّاسُ إِنَّكُمْ لَتَقْرَؤُوْنَ هَذِهِ الآيَةَ :ياأيها الذين آمَنُوْا عَلَيْكُمْ أَنْفُسَكُمْ لاَ يَضُرُكُمْ مَنْ ضَلَّ إِذَا اهْتَدَيْتُمْ  وَإِنِّيْ سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُوْلُ: “إِنَّ النَّاسَ إِذَا رَأَوْا الظَّالِمَ فَلَمْ يَأْخُذُوْا عَلَى يَدَيْهِ أَوْشَكَ أَنْ يَعُمَّهُمُ اللهُ بِعِقَابٍ مِنْهُ (رَوَاهُ أبو داود والترمذي وَغَيْرُهُمَا)

“Wahai sekalian manusia, sesungguhnya kalian benar-benar membaca ayat ini ‘Hai orang-orang yang beriman, jagalah dirimu; tiadalah orang yang sesat itu akan memberi mudharat kepadamu apabila kamu telah mendapat petunjuk’ (Al-Maidah:105), karena sesungguhnya aku telah mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, ‘Sungguh manusia bila mereka menyaksikan orang zhalim namun tidak menghentikannya, dikhawatirkan Allah akan menjatuhkan hukumanNya pada mereka semua’ “ (HR. Abu Dawud, At-Tirmidzi dan lainnya)

Lalu bagaimana dengan pernyataan yang terdapat di dalam video ini?




Takhrij Hadits

Hadits ini diriwayatkan oleh Imam Abu Dawud dalam Sunan-nya no.4338, Imam At-Tirmidzi dalam Jami’-nya no.2169, Imam An-Nasai dalam Sunanul Kubra no.11157 , Imam Ibnu Majah dalam Sunan-nya no.4005 dengan sanad shahih.

Jeremy Teti: "Kita berpikir ke depan, suatu saat akan ada sewa rahim", Netizen Geram dan Beri Komentar Menohok

Pelajaran dari hadits

  1. Kewajiban menghayati Al-Qur`an dan memahaminya.
  2. Larangan berbicara mengenai Al-Qur`an dengan dasar nalar belaka.
  3. Kesalahan memahami Al-Qur`an menyebabkan kesesatan dan penyimpangan
  4. Bahaya kemunkaran bila dibiarkan.
  5. Kewajiban umat Islam untuk saling menjaga keutuhan bersama.
  6. Kewajiban umat Islam untuk menggerakkan semangat amar ma’ruf nahi munkar di tengah mereka.
  7. Hukuman Allah menimpa orang zhalim karena kezhalimannya dan menimpa masyarakat karena mendiamkan dan membiarkannya.
  8. Pentingnya memahami Islam dengan berkaca pada pemahaman generasi Sahabat .
Wallahu a’lam.
Top