Malam Jumat, Yuk Simak Amalannya Sesuai Ajaran Rosulullah SAW

Komentar
Malam Jumat atau hari Kamis malam dalam agama Islam adalah malam yang dianggap istimewa. Malam Jumat termasuk bagian dari hari Jumat.


Ilustrasi via instagram.com/@muslimdesignz

Kebiasaan yang dilakukan umat muslim khususnya di Indonesia adalah dengan melakukan kegiatan-kegiatan ibadah mulai dari mengadakan pengajian, dakwah, tadarus, memuliakan surat Al Qur’an, dan sebagainya yang berkaitan dengan memuji kebesaran Allah SWT.

Berbagai keutamaan disebutkan Rasulullah SAW berada pada hari yang agung ini. Bahkan diyakini hari Jumat adalah hari yang terbaik dan paling utama dibandingkan dengan enam hari lainnya. Hari Jumat menjadi saksi peristiwa besar Islam yang menandakan bahwa Jumat begitu istimewa. Selain penciptaan Adam dan masuknya Adam menuju surga untuk kemudian dikeluarkan lagi, hari Jumat adalah hari yang ditetapkan sebagai hari kiamat di kemudian waktu. Seperti yang telah diriwayatkan dalam beberapa Hadist yang akan dipaparkan pada uraian berikut ini.

1. Membaca Surat Al Kahfi
Disunnahkan membaca surat al-Kahfi pada hari Jum'at berdasarkan hadits Abu Sa'id al-Khudri Radhiyallahu 'Anhu, Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda:

مَنْ قَرَأَ سُوْرَةَ الْكَهْفِ لَيْلَةَ الْجُمْعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّوْرِ فِيْمَا بَيْنَهُ وَبَيْنَ الْبَيْتِ الْعَتِيْقِ

"Barangsiapa membaca surat al-Kahfi pada malam Jum’at, maka dipancarkan untuknya Allah Subhanahu wa Ta'ala akan menyinarinya dengan cahaya antara dia dan Baitul 'atiq." (Sunan Ad-Darimi, no. 3273. Juga diriwayatkan al-Nasai dan Al-Hakim)
Surat Al Kahfi dianjurkan dibaca di malam Jumat sesuai dengan sunah Rosulullah SAW. Namun tidak memungkiri juga bahwa membaca surat Al Kahfi di lain hari Jumat juga tidak apa apa.

2. Membaca Shalawat Nabi
Shalawat Nabi adalah salah satu cara kita sebagai umat muslim untuk memuji serta memuliakan Nabi yang telah menerangi jalan kita menuju keutamaan Islam. Membaca shalawat nabi sebanyak-banyaknya pada malam Jumat atau hari Jumat termasuk dalam amalan sunnah yang dianjurkan.

Keutamaan membaca shalawat nabi pada malam Jumat seperti diterangkan Rasulullah SAW adalah kedekatan umat muslim dengan Beliau kelak di surga. (baca: Fungsi Uang Dalam Islam, Dasar Ekonomi Islam)

“Perbanyaklah untuk membaca shalawat kepadaku pada setiap hari Jumat. Karena shalawat umatku akan diperlihatkan padaku pada setiap hari Jumat. Barang siapa yang paling banyak bershalawat kepadaku, dialah yang paling dekat denganku pada hari kiamat nanti” (HR. Baihaqi; Hasan Lighairihi).

Membaca sholawat ternyata juga dapat meningkatkan kadar keimanan kita, disaat hati penuh dengan gundah dan gelisah.

3. Memperbanyak Do’a
Jika kita sadar sebenarnya Allah SWT telah membukakan jalan untuk kita, tergantung dari kita sendiri akan mengambil jalan tersebut atau tidak. Banyak kejadian tak terduga yang ternyata adalah jawaban Allah SWT atas do’a do’a yang kita sampaikan.

”Sesungguhnya pada hari Jumat terdapat waktu mustajab bila seorang hamba muslim melaksanakan shalat dan memohon sesuatu kepada Allah pada waktu itu, niscaya Allah akan mengabulkannya. Rasululllah mengisyaratkan dengan tangan beliau sebagai gambaran akan sedikitnya waktu itu” (H.R Abu Hurairah dan Muttafaqun Alaih)

Memperbanyak do’a adalah amalan malam Jumat sesuai sunnah, walaupun tidak hanya malam Jumat saja, setiap malam kita bisa berdo’a. Waktu yang tepat untuk berdo’a yaitu setelah melaksanakan sholat tajahud di sepertiga malam yang terakhir.

Manfaat menjalankan amalan sunnah di malam Jumat akan terasa bagi umat muslim yang menjalankannya dengan istiqomah serta tanpa tujuan apapun selain mencari ridho Allah SWT. Beberapa manfaat menjalankan amalan sunnah tersebut antara lain,

Menjadikan kita sebagai umat yang senantiasa ingat bahwa tiada hal yang lebih mulia selain mengagungkan Allah SWT dengan bertaqwa kepadaNya.

Melatih kesabaran, keteguhan hati serta mengingatkan kita bahwa hidup adalah jembatan sementara untuk menuju kekekalan akhirat.

Semoga Allah SWT memudahkan kita untuk terus melaksanakan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya.
Top