Ketahuilah, Ini Ciri-Ciri Rumah Yang Berezeki Baik Bagi Penghuninya Menurut Islam

Penulis Huda Mbothe | Ditayangkan 13 Dec 2017
Anda sudah berusaha sepenuh hati, dan juga berdo'a namun rezeki masih seret, mungkin semua itu masalah rumah anda, inilah ciri-ciri rumah yang berezeki baik bagi penghuninya...

Ketahuilah, Ini Ciri-Ciri Rumah Yang Berezeki Baik Bagi Penghuninya Menurut Islam

Banyak hal yang akan menghambat datangnya rezeki Allah dan salah satunya adalah rumah, perlu anda ketahui bahwa seperti ini ciri-ciri rumah yang berezeki baik bagi penghuninya...

Rumah adalah tempat tujuan kita setelah lelah mencari rezeki Allah. Karena itu kita berlomba-lomba untuk membangun rumah semegah dan senyaman mungkin. Namun rumah yang baik adalah rumah yang memberikan ketentraman kepada penghuninya. Lalu adakah ciri-ciri rumah yang menarik rezeki untuk penghuninya. Berikut ini diantaranya.

Baca juga : Wirid Penarik Rezeki Paling Ampuh Ajaran Sunan Kalijaga,Wajib Diketahui

Ciri-ciri Rumah yang Berezeki Baik, yang menarik rezeki untuk penghuninya :


# 1. Rumah yang dipakai untuk Ibadah

Rumah yang di dalamnya dilakukan aktivitas menyembah Allah. Shalat, puasa, pengajian Al Qur'an, mengayomi dan mendidik anak saleh dan sebagainya. Aktivitas ibadah adalah pengakuan kelemahan kita sebagai manusia. Bahwa kita butuh Allah. Allah menyukai rumah yang didalamnya dilakukan ibadah dan akan mencurahkan rezeki yang banyak lagi berkah kepada penghuninya.

# 2. Rumah yang didalamnya dilakukan berbagai kebaikan.

Rumah yang di dalamnya dilakukan banyak kebaikan seperti rumah yang digunakan untuk mengayomi anak yatim, rumah yang digunakan untuk menimba ilmu yang bermanfaat, rumah yang digunakan untuk melakukan kegiatan amal, sedekah, infaq, rumah yang aktivitasnya penghuninya senantiasa diliputi kebaikan, rumah yang senantiasa memberi manfaat bagi orang di sekitarnya. Jika kebaikan yang senantiasa menghiasi sebuah rumah maka rezeki akan mengalir masuk ke dalam rumah tersebut karena kebaikan itu menarik rezeki.

# 3. Rumah yang membuat nyaman dan tenang.

Rumah yang jika kita berada di dalamnya terasa damai, tenang dan nyaman. Bukan besar dan megahnya rumah yang membuat nyaman, tetapi suasana dan kehangatan antar penghuni rumah. Rumah yang penghuninya rukun dipenuhi kasih sayang, cinta dan saling membantu adalah rumah yang membuat nyaman, meskipun ukurannya kecil, sempit dan sederhana. Perasaan nyaman yang dimiliki penghuninya akan menarik aura positif dalam rumah termasuk rezeki.
"Allah menjadikan untuk kamu rumah-rumah kamu sebagai tempat ketenangan" (Q.S. An Nahl : 80).

# 4. Rumah yang Sehat

Rumah yang sehat maksudnya adalah rumah yang cukup sinar matahari, memiliki ventilasi yang memadai agar aliran udara lancar, memiliki jendela agar terjadi pergantian udara. Rumah yang menghadap ke timur adalah rumah yang mendapat lebih banyak sinar matahari. Menanam pohon atau tanaman di halaman rumah akan membuat rumah menjadi adem, karena pepohonan dan tanaman mengeluarkan oksigen. Jika pepohonan dan tanaman terlalu lebat sebaiknya dipangkas agar tidak menghalangi cahaya matahri masuk ke dalam rumah dan tidak menjadi sarang binatang. Rumah yang sehat akan mempengaruhi kondisi penghuninya. Penghuni yang sehat akan bisa mencari rezeki Allah lebih baik dibanding penghuni rumah yang sakit-sakitan.

Baca juga : "Bangun Rumah Itu Seperti Petunjuk Nabi" Rumahmu Bisa Mengantarkanmu Ke Surga

# 5. Rumah yang bersih

Ketahuilah, Ini Ciri-Ciri Rumah Yang Berezeki Baik Bagi Penghuninya Menurut Islam
Rumah yang bersih : wuyizz.com

Terkait dengan rumah yang sehat di atas, rumah yang bersih adalah rumah yang senantiasa dibersihkan dan tidak dipenuhi debu atau kotoran. Rumah yang sehat akan mempengaruhi kesehatan penghuninya. Rumah yang bersih disukai Allah, bukankah kebersihan itu sebagian dari iman? "Sesunguhnya Allah itu baik. Dia juga bersih dan suka kepada yang bersih. Dia juga mulia, suka kepada yang mulia. Dia juga dermawan, sangat suka kepada yang dermawan. Oleh karena itu bersihkanlah halaman rumahmu, jangan kamu menyerupai orang Yahudi "(Hadits Riwayat Tirmidzi). Jika Allah menyukai rumah kita Insya Allah Dia akan selalu hadir di dalamnya mencurahkan rahmat dan rezekinya kepada kita. Sebaliknya rumah yang kotor akan menjadi sarang kuman dan penyakit serta disukai setan. Mengapa setan menyukai tinggal di rumah-rumah kosong tak berpenghuni ataupun di kamar mandi? Karena tempat itu kotor.

# 6. Rumah yang dipenuhi rasa syukur

Rumah yang senantiasa penghuninya menyebut nama Allah dengan penuh kesyukuran adalah rumah yang menarik rezeki. Allah menyukai hamba-hambanya yang bersyukur. Dia sudah menjanjikan jika kita senantiasa bersyukur maka nikmat atau rezeki akan di tambah.

# 7. Rumah yang dekat dengan mesjid

Rumah yang dekat dengan mesjid akan mendorong penghuninya untuk melakukan ibadah shalat jamaah di mesjid. Meskipun orang yang jauh adri mesjid juga tidak menutup kemungkinan untuk selalu beribadah jamaah, tetapi bagi orang yang rumahnya dekat mesjid senantiasa mendengar azan berkumandang akan memanggil hatinya untuk menggerakkan kaki ke mesjid. Mesjid adalah rumah Allah. Sengaja mendatangiNya untuk beribadah kepadaNya sangat disukai Allah. Jika Allah menyukai kita siapakah yang akan menghalangi limpahan rezekinya?

# 8. Rumah yang sering menerima dan memuliakan tamu

Tamu adalah orang yang datang ke rumah kita. Memuliakan tamu sangat dianjurkan dalam agama. Menjamu tamu dengan baik sama seperti bersedekah. Sebenarnya tamu menikmati rezeki yang diperuntukkan Allah untuk mereka tetapi lewat tangan kita. Bahkan Rasulullah SAW adalah orang yang sangat memuliakan tamunya. Meskipun beliau harus berpuasa yang penting bisa menjamu tamunya dengan baik. Demikianlah akhlak terpuji dari Nabi yang patut kita teladani. Rezeki Allah bisa datang lewat berbagai cara, salah satu lewat tamu yang datang ke rumah kita. Ada yang datang membawa oleh-oleh, penganan / makanan, pekerjaan atau proyek yang memiliki prospek besar dan sebagainya. Jadi buka pintu lebar-lebar untuk tamu dan muliakan mereka agar rezeki kita juga dimuliakan Allah.

# 9. Rumah yang sederhana dan tidak berlebih-lebihan

Islam tidak suka segala sesuatu yang berlebih-lebihan. Kita dilarang untuk melakukan sesuatu secara berlebih-lebihan. Meskipun kita mampu membangun rumah yang menyerupai istana raja, dengan sapuan emas di setiap tiangnya tapi membangun rumah yang sederhana jauh lebih diutamakan. Seorang muslim tidak sepantasnya memiliki rumah dengan banyak lambang-lambang kemewahan yang membuatnya melangkah dengan sombong, sementara banyak orang di sekitarnya yang masih miskin dan menderita. Allah tidak menyukai orang yang sombong. Kira-kira mengapa Allah tidak menyukai iblis dan mengusirnya dari surga? Karena ia termasuk mahluk yang sombong. Yakinlah jika anda berjalan dengan sombong, berlebih-lebihan maka rezeki anda akan menjauh.

Baca juga : Jangan Pelit, Inilah Pahala Untuk Suami Tiap Kali Memberi Nafkah ke Istri

# 10. Rumah yang di dalamnya tidak ada hiasan-hiasan kemusyrikan.

Sebuah hadits dikemukakan bahwa "Sesungguhnya malaikat tidak mau masuk rumah yang di dalamnya ada patung" (H.R.Bukhari -Muslim). Sebaiknya menghias rumah dengan sesuatu yang bernilai ibadah seperti kaligrafi dari mushaf Al Quran dan hindari patung. Karena pemiliknya dianggap menyerupai orang kafir dimana mereka biasa meletakkan patung dalm rumah-rumah mereka untuk diagungkan. Jika malaikat saja tidak mau masuk, bagaimana dengan rezeki Allah. Pasti akan ikut menjauh.

Sudah tahu kan ciri-ciri rumah yang dapat mendatangkan rezeki bagi penghuninya, dan apakah rumah anda sudah memenuhi kriteria untuk rumah yang berezeki baik, jika belum perbaikilah niscaya Allah akan memberimu reseki yang melimpah
SHARE ARTIKEL