Jangan Anggap Remeh, ini Bahayanya Jika Rasa Haus Kamu Berlebihan

Komentar
Rasa haus bisa menjadi pertanda kamu mengalami dehidrasi.

akibat dehidrasi | dailyhealthpost

Nggak bisa kita pungkiri kalau air memiliki peran yang sangat penting buat tubuh kita. Air selalu dibutuhkan dalam segala aktivitas manusia, bahkan di saat kamu tidur Itu adalah respon normal yang dilakukan tubuh kamu karna mengalami defisit cairan.

Mengutip grid.id, menurut Ahli Gizi dan Pangan dari Institut Pertania Bogor, Prof.Dr.Ir. Hardinsyah mengatakan kebutuhan air setiap orang berbeda. Jumlah cairan yang dibutuhkan oleh tubuh kita normalnya 2 sampai 2,5 liter (8 hingga 10 gelas) per hari. Jumlah ini sudah termasuk dari air minum dan makanan.

Untuk jumlah cairan yang keluar  tergantung suhu udara di sekitar kamu dan aktivitas yang kamu lakukan. Saat jumlah kehilangan cairannya lebih banyak dari asupannya, kamu akan mengalami dehidrasi.

Baca Juga : Dijamin Manjur, 10 Makanan Dan Minuman Ini Bisa Membuat Kita Menjadi Awet muda

Rasa haus, air seni sedikit dan pekat, tubuh lemas, mulut kering, jumlah keringat sedikit hingga kulit kamu kehilangan kekenyalan adalah beberapa tanda dehidrasi. Kekurangan dua persen kandungan cairan dalam tubuh memicu gejala awal dehidrasi.

Kekurangan 4 hingga 6 persen menyebabkan lemah, sakit kepala dan pusing. Pada kondisi yang lebih parah tanda dehidrasi yang muncul seperti kulit yang mejadi pucat, jari-jari terasa dingin, mata jadi cekung, denyut nadi berubah seketika dari cepat jadi lambat. Kekurangan cairan 15 hingga 25 persen bisa fatal akibatnya bahkan sampai menyebabkan kematian.

Mulai sekarang konsumsi air putih secara teratur.
Top