Ingin Punya Gigi Bersih dan Sehat, Ikuti 27 Cara Jitu dan Alami ini Saja

Komentar

foto via lahiya.com dan netralnews.com

Tips membersihkan gigi.....Aman dan alami

Sering dibuat repot saat gigi sedang sakit atau gusi yang membengkak. Itu bisa jadi kamu tak merawat gigimu dengan baik. Sudah berbagai cara dilakukan untuk membersihkannya. Namun hasilnya tak maksimal. Kamu bisa gunakan beberapa cara ini saja.

Dijamin gigimu bersih dengan cepat. Sebab ini alami dan tak menggunakan bahan kimia sama sekali.


Mengutip vebma.com, berikut 27 bahan alami untuk membersihkan gigi agar terlihat sehat dan bersih.

1. Baking Soda

Selain bisa digunakan sebagai bahan campuran pada kue basah. Baking soda ternyata juga bisa digunakan untuk memutihkan gigi secara alami. Caranya adalah mencampurkan baking soda dengan air.

Baca Juga : Bikin Kenyang dan Juga Menyehatkan, 6 Makanan ini Ampuh Cegah Bau Mulutmu

Setelah itu, lalu aduk keduanya hingga menjadi kental. Kemudian jadikan racikan tersebut sebagai pasta gigi. Namun jangan gunakan racikan ini setiap hari. Sebab pemakaian yang terlalu sering juga tidak bagus bagi kesehatan gigi.

2. Strowberry

Strawberry merupakan buah-buahan yang sering sekali dijadikan sebagai perasa dalam makanan. Memiliki bentuk yang menggoda dan juga rasa yang enak, buah strawberry ternyata juga bisa digunakan sebagai bahan alami untuk memutihkan gigi.

Caranya juga sangat simpel, yakni dengan menumbuk buah strawberry sampai halus. Setelah itu, anda tinggal menggosokkannya ke bagian gigi yang kuning. Terakhir, anda tinggal membersihkannya dengan berkumur-kumur menggunakan air.


3. Rutin Membersihkan Gigi Beberapa Menit Setelah Makan

Cara mudah lain untuk membersihkan dan memutihkan gigi secara alami adalah dengan rutin membersihkan gigi beberapa menit setelah makan.

Inilah salah satu faktor yang paling membedakan antara orang yang memiliki gigi putih dan bersih dengan orang yang memiliki gigi kuning dan tidak sehat. Yakni dilihat dari caranya membersihkan gigi. Dengan rutin membersihkan gigi beberapa menit setelah makan, maka gigi anda akan selalu putih dan sehat.


4. Kulit Pisang

Mulai sekarang setelah anda selesai makan pisang jangan lagi untuk membuang kulitnya. Sebab kulit pisang juga bisa digunakan sebagai bahan alami untuk memutihkan gigi.

Baca Juga : Jangan Biasakan Pada Anak Bangun Tidur Menggosok Gigi, Perhatikan Waktu Yang Tepat Untuk Anak Sikat Gigi

Caranya pun sangat mudah, yakni tinggal menggosok-gosokan kulit pisang ke bagian gigi yang kuning hingga beberapa menit. Setelah itu, anda tinggal membersihkannya dengan menggosok gigi seperti biasa. Lakukan ini secara rutin, untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

5. Kulit Jeruk

Kulit jeruk juga bisa digunakan untuk memutihkan gigi. Caranya dengan menggosok-gosokan kulit jeruk pada bagian gigi yang kuning. Lakukan ini secara rutin sampai anda mendapatkan gigi putih bersinar. Namun juga jangan berlebihan, sebab tingginya kandungan vitamin C pada kulit jeruk juga cukup sensitif pada gigi.

6. Daun Salam

Daun salam memiliki banyak sekali kandungan bermanfaat yang berfungsi sebagai zat anti jamur, zat anti bakteri, dan juga zat anti cacing. Namun selain itu, daun salam juga berguna sebagai bahan alami untuk memutihkan gigi. Caranya adalah dengan mencampurkan daun salam dengan kulit jeruk.
Setelah itu, tumbuk kedua bahan tersebut sampai halus. Lalu campurkan juga dengan sedikit air untuk kemudian dijadikan sebagai pasta. Jadikan pasta tersebut sebagai bahan alami untuk memutihkan gigi.

7. Wortel

Wortel termasuk sayuran yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Selain bisa dijadikan sebagai sayuran, wortel juga sering dijadikan sebagai jus untuk mengobati mata rabun. Namun manfaat wortel ternyata tak hanya sampai di situ. Sebab dengan rutin mengkonsumsi wortel setiap hari juga bisa untuk memutihkan gigi.

8. Minyak Mustard dan Garam

Cara alami lain untuk memutihkan gigi adalah dengan menggunakan minyak mustard dan juga garam. Caranya adalah dengan mencampurkan kedua bahan tersebut. Jika sudah tercampur rata, lalu gunakan untuk menggosokkannya pada gigi.

Baca Juga : Terbongkar, 4 Cara Alami Mengobati Sakit Gigi yang Terbukti Ampuh

Namun anda tidak perlu memakai gosok gigi, cukup dengan memakai jari atau juga kapas sebagai penggosok. Jika anda bisa melakukannya secara rutin, maka gigi putih dan bersih pasti bisa anda dapatkan.

9. Buah Lemon

Cara lain yang bisa digunakan untuk memutihkan gigi adalah dengan menggunakan buah lemon. Sebab jeruk lemon memiliki kandungan asam sitrat yang sangat bagus untuk memutihkan gigi secara alami. Caranya juga mudah, yakni dengan hanya menggosokkan potongan buah lemon ke  bagian gigi yang kuning.

10. Obat Kumur

Dengan rutin berkumur dengan obat kumur maka gigi anda pun bisa menjadi sehat dan pastinya juga lebih segar. Namun selain itu, dengan obat kumur maka gigi anda pun bisa menjadi lebih putih dan juga bersih. Gigi anda yang biasanya berwarna kuning, maka perlahan akan berubah warna menjadi putih.

11. Rajin Minum Air Putih

Air putih merupakan cairan yang sangat bagus untuk melancarkan peredaran darah dalam tubuh. Dengan rutin mengkonsumsi air putih maka kebersihan gigi anda juga akan selalu terjaga. Dari makanan dan minuman yang berpotensi merusak kesehatan gigi dan gusi.

12. Minyak Kelapa

Selain bisa digunakan sebagai minyak goreng, minyak kelapa juga bermanfaat untuk memutihkan gigi secara alami. Caranya adalah dengan mencampurkan minyak kelapa dengan baking soda. Setelah itu, campurkan juga minyak esentian peppermint dan stevia.

Baca Juga : Gusi Berdarah Saat Menggosok Gigi, Kenapa Ya? Ketahui Penyebabnya Disini!

Aduk hingga kental, dan gosokkan ke bagian gigi yang kuning.

13. Buah Apel

Buah apel memiliki beberapa kandungan penting seperti serat dan juga antioksidan tinggi yang berfungsi untuk menjaga kesehatan mulut dan gigi. Selain itu, kandungan di dalam buah apel juga bermanfaat membersihkan dan juga memutihkan gigi.

14. Pasta Gigi dengan Pemutih Alami

Ini salah satu hal penting yang harus anda biasakan. Yakni dengan memilih pasta gigi yang memiliki kandungan pemutih alami. Anda bisa melihatnya langsung pada kemasan pasta gigi tersebut. Sebab dengan menggunakan pasta gigi yang mengandung pemutih alami itu jauh lebih aman daripada pasta gigi dengan kandungan pemutih kimia.

15. Arang Kayu

Arang kayu merupakan bahan alami yang bisa digunakan untuk memutihkan gigi. Karena di dalam arang kayu terdapat kandungan senyawa karbon aktif yang berfungsi untuk memutihkan gigi yang kuning. Namun jangan terlalu sering, sebab arang kayu juga bukan termasuk bahan yang bagus untuk merawat gigi.

16. Kurangi Minum Kopi atau Soda

Jika anda memiliki kebiasaan seperti sering mengkonsumsi minuman kopi atau soda. Maka mulai sekarang cobalah untuk menguranginya. Sebab di dalam kopi atau soda memiliki kandungan yang berbahaya bagi kesehatan gigi. Selain itu, kopi dan juga soda bisa membuat gigi anda menjadi rapuh.

Baca Juga : Untuk Para Penderita Gigi Berlubang, Segera Atasi Dengan Cara Ini.!

17. Cuka Apel

Cuka apel juga bermanfaat untuk membersihkan dan memutihkan gigi. Karena kandungan di dalam cuka apel memiliki fungsi untuk membersihkan gigi dari kotoran dan juga bakteri. Selain itu, cuka apel juga bisa digunakan sebagai pembersih noda kopi dan juga rokok.

18. Siwak

Salah satu bahan alami yang bisa digunakan untuk memutihkan gigi adalah siwak. Siwak ini memang sejak dulu telah digunakan untuk membersihkan gigi. Bahkan siwak ini juga merupakan alat gosok gigi Nabi Muhammad SAW untuk membersihkan gigi setiap hari. Maka tidak heran, jika rutin menggunakan siwak. Maka gigi anda pun bisa menjadi putih dan bersih.

19. Biji Buah Pinang

Biji buah pinang adalah termasuk bahan alami yang paling efektif untuk memutihkan gigi. Caranya adalah dengan menumbuk biji buah pinang sampai halus. Kemudian, gosokkan hasil tumbukan tersebut ke bagian gigi yang kuning. Lakukan secara rutin agar anda bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

20. Cokelat Hitam

Cokelat hitam ternyata juga mampu untuk memutihkan gigi secara alami. Hal ini karena di dalam cokelat hitam terdapat kandungan yang sangat bagus untuk memutihkan dan juga memperkuat permukaan gigi.

Baca Juga : Ngeri!! Bermodal Tutorial dari Medsos, Nurul Buka Praktik Dokter Gigi

21. Keju dan Susu

Keju dan susu memiliki kalsium sangat tinggi yang berguna bagi kesehatan tulang dan gigi. Kandungan ini jugalah yang sangat bagus bagi kesehatan gigi. Sehingga gigi menjadi kuat dan tidak mudah keropos. Namun selain itu, rutin mengkonsumsi keju dan susu juga merupakan cara alami untuk memutihkan gigi.

22. Jahe

Selain sering digunakan sebagai bahan pada makanan dan minuman. Jahe ternyata juga bermanfaat bagi kesehatan gigi. Caranya adalah dengan menumbuk jahe sampai halus. Kemudian jadikan hasil tumbukan sebagai pasta gigi.

Namun perlu dicatat, untuk tidak menggunakannnya terlalu sering. Sebab penggunaan jahe yang terlalu sering juga tidak bagus untuk lidah.

23. Permen Karet

Permen karet juga bermanfaat sebagai bahan pemutih gigi alami. Hal ini dikarenakan, dengan mengunyah permen karet. Maka kotoran dan juga sisa makanan dalam gigi akan ikut terangkut dalam permen karet. Tetapi cara ini tidak disarankan untuk anda yang sedang memakai behel.

24. Cengkeh

Selain sebagai bahan utama dari rokok. Cengkeh juga bisa digunakan sebagai pembersih dan pemutih gigi yang alami. Sebab di dalam cengkeh, terdapat beberapa kandungan penting yang bisa digunakan sebagai pemutih gigi yang permanen.

Baca Juga : Tips Atasi Sakit Gigi Pada Anak, Dari 6 bulan Hingga 12 Tahun

25. Hidrogen Peroksida

Hidrogen Peroksida adalah cairan bening agak kental yang merupakan oksidator kuat namun ramah lingkungan. Hidrogen Peroksida ini memiliki banyak fungsi. Dan salah satunya adalah dapat menghilangkan berbagai kotoran dan juga bakteri yang ada di dalam mulut dan gigi. Cairan bening ini juga merupakan salah satu cara paling cepat untuk memutihkan gigi.

26. Buah Nanas

Di dalam buah nanas terdapat kandungan citrus yang berfungsi sebagai bahan alami untuk meningkatkan produksi air liur di mulut. Dan dengan membiasakan diri mengkonsumsi buah nanas sebagai makanan penutup. Maka kesehatan dan kebersihan gigi anda akan selalu terjaga.

27. Kunyit

Mungkin anda tidak akan menyangka jika kunyit juga merupakan salah satu bahan alami yang ampuh untuk memutihkan gigi. Hal ini bisa terjadi, karena kunyit juga memiliki tekstur kasar yang berguna untuk membersihkan noda dan plak pada gigi.

Selain itu, kandungan dalam kunyit juga memiliki manfaat sebagai anti inflamasi dan juga anti bakteri yang dapat menjaga dan melindungi kesehatan mulut dan gigi.

Demikian artikel tentang 27 cara memutihkan gigi secara alami dan cepat. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi anda yang sedang mencari informasi tentang cara memutihkan gigi dengan bahan-bahan yang alami.
Top