Hati-hati, 5 Bau Tubuh ini Bisa Jadi Tanda Awal Munculnya Penyakit

Komentar
Kebanyakan orang menyepelekan aroma tubuh ini, Padahal sangat berpengaruh bagi kesehatan tubuh kita.


Tubuh manusia dirancang untuk mengeluarkan berbagai macam aroma atau bau. Aroma tersebut bisa keluar dari macam-macam anggota, seperti kaki, mulut, ketiak atau bahkan dari saluran pembuangan. Biasanya berbagai macam bau ini muncul karena kontaminasi bakteri.

Bagi kebanyakan orang, beberapa bau tubuh sering dianggap wajar. Namun ternyata ada juga bau tubuh yang tidak wajar dan bisa jadi indikasi munculnya berbagai macam penyakit.

Baca Juga : Waspada, ini Bahayanya Jika Kamu Diet "Karbohidrat" Dalam Jangka Panjang

Berikut aroma-aroma tubuh yang bisa jadi tanda awal munculnya penyakit, seperti dilansir dari laman Boldsky.

1. Bau kencing seperti bahan kimia.

Bau kencing yang terlalu menyengat atau bahkan seperti bahan kimia merupakan salah satu indikasi adanya ISK atau infeksi saluran kemih. Bau ini muncul karena bakteri masuk ke saluran kemih atau uretra. Selain itu, ciri-ciri lain dari ISK adalah sering buang air kecil atau dorongan ingin selalu buang air kecil, air seni berawan atau bahkan ada darah dalam urin.

2. Bau mulut tak sedap meski sudah gosok gigi.

Bau mulut yang tak sedap meski sudah menggosok gigi merupakan salah satu gejala sleep apnea. Sleep anea merupakan gangguan serius pada pernapasan yang terjadi saat tidur di mana saluran udara terhambat karena dinding tenggorokan yang mengendur dan menyempit.

Bau yang tak sedap ini bisa muncul karena saat tidur, penderita akan bernapas melalui mulut. Hal ini membuat mulut menjadi sangat kering dan menyebabkan bau mulut.

3. Bau kaki berlebihan.

Bagi sebagian orang, bau kaki yang menyengat tentu sangatlah mengganggu. Bau kaki yang begitu menyengat disertai kulit kering dan bersisik di sekitar jari kaki bisa jadi indikasi adanya infeksi jamur. Jamur ini terkontaminasi dengan bakteri yang kemudian menyebabkan bau kaki yang sangat menyengat.

4. Bau mulut seperti buah.

Jika kamu menderita diabetes tipe 2, tubuhmu akan sulit menguraikan asam lemak menjadi bahan bakar. Salah satu asam yang sama, yakni aseton bisa meninggalkan bau buah di mulut. Jika ini sudah mulai kamu rasakan, alangkah baiknya jika kamu segera memeriksakan diri ke dokter.

Baca Juga : Cukup Menggunakan Sapu Tangan dan Tisu, Bisa Mengatasi Hidung Meler Saat Cuaca Dingin

5. Bau feses sangat busuk.

Feses atau kotoran yang berbau busuk merupakan hal yang wajar. Namun jika baunya terlalu berlebihan, ini bisa jadi kamu mengalami intoleransi laktosa. Hal ini terjadi lantaran usus halus tidak bisa mencerna laktosa. Laktosa ini kemudian akan langsung diarahkan ke usus besar. Di sini lah bakteri usus akan memfermentasinya dan menghasilkan bau kotoran yang sangat busuk.
Top