Gara-gara Pencet Komedo, Gadis ini Harus Jalani Operasi Otak Karena Penuh Nanah

Komentar

Foto: pencet komedo, otak gadis ini penuh nanah

Kebiasaan buruk, cuma pencet komedo bisa sebabkan kematian

Gadis ini harus jalani operasi otak karena kebiasaan buruk memencet komedo di hidung, otaknya dipenuhi dengan nanah dan bakteri, Penyebabnya tak diduga karena kebiasaan memencet komedo yang salah dan sembarangan ini.

Komedo memang membuat siapa saja merasa kesal akan kehadirannya yang dapat merusak penampilan.

Banyak orang yang rela pergi perawatan wajah untuk membersihkan komedo di wajah, namun ada sebagian orang yang membersihkan komedo dengan seadanya tanpa mementingkan kebersihan.

Kamu yang punya kebiasaan memencet komedo mulai sekarang sebaiknya hati-hati, apalagi kalau kamu tak memeriksakan keadaan tangan sebelum menyentuh wajah atau memencet komedo.

Nasib malang terjadi pada seorang gadis berusia 10 tahun. Gara-gara kebiasaan mencet komedo, gadis tersebut harus menjalani operasi otak.

Baca juga : "Maafkan Bunda yang Terlalu Memanjakanmu Mas, Bunda Bodoh Ngebiarin Begitu Saja"

Dilansir dari wowuniknya.net, ternyata bukan gadis itu sendiri yang memencet komedonya, melainkan sang ibu.

Tangan sang ibu tak bersih sehingga menyebabkan bakteri tersebut masuk pada saat sang ibu tengah memencet komedo si anaknya.

Infeksi tersebut sudah sangat parah sehingga dokter pun harus segera menjalankan operasi.

Xiao Mei, nama gadis itu, harus menjalani operasi selama lima jam. Dokter di Guangzhou, China Selatan, mengatakan bahwa mereka harus mengeluarkan delapan milliliter nanah dan abses yang ada di otak Xiao Mei.

Saat di bawa ke rumah sakit kondisi Xiao Mei memang cukup memprihatinkan.

Kebiasaan Pencet Komedo yang Mengakibatkan Demam



Sebelum akhirnya dilarikan ke rumah sakit, sudah sejak dua minggu Xiao Mei, murid kelas lima tersebut menderita demam dan pusing.

Awalnya orangtua Xiao Mei mengira bahwa dirinya hanya terkena flu biasa. Hal tersebut pun diperkuat dengan diagnose yang pertama didatangi oleh keluarga Xiao Mei.

Namun beberapa hari terakhir kondisi Xiao Mei semakin buruk. Bukan hanya mengaku sakit kepala, Xiao Mei pun kehilangan nafsu makannya.

Baca juga : Larang Anak Jika Beli Makanan yang Dibungkus Dengan ini, Sebab bahayanya Ngeri Sekali

Melihat kondisi anaknya yang semakin parah, orangtua Xiao Mei pun membawanya ke rumah sakit yang lebih besar.

Dan beruntung karena Xiao Mei segera mendapatkan penanganan yang tepat dan penyakitnya pun segera ketahuan.

Menghilangkan Komedo yang Merusak Penampilan


Foto: pengeluaran nanah dari otak Xiao Mei

Sang dokter yang memeriksa Xiao Mei pun sempat bertanya kebiasaan apa yang sering dilakukan oleh Xiao Mei selama beberapa minggu terakhir ini.

Saat itu, sang ibu pun menjawab bahwa dirinya sendirilah yang sering memencet komedo Xiao Mei, lantaran dia menganggap bahwa komedo tersebut dapar merusak penampilan anaknya.

Seringkali ibunya tak membersihkan tangannya sebelum memencet komedo Xiao Mei.

Sang dokter pun menyimpulkan kalau Xiao Mei terkena infeksi MRSA, yakni sejenis bakteri yang resisten terhadap beberapa antibiotic dan lebih sulit diobati.

Supaya kejadian ini tidak terulang kembali, dokter bedah pun menyarankan supaya sebelum menyentuh wajah, mau memencet jerawat atau pun komedo, pastikan tangan dalam keadaan bersih.

CARA MENGHILANGKAN KOMEDO DI HIDUNG DENGAN AMAN

Pilih Cara Menghilangkan Komedo

Ada berbagai cara menghilangkan komedo pada hidung. Mulai dari melakukan pengangkatan sendiri di rumah atau dengan memeriksakan ke dokter kulit atau dermatologis. 
Anda dapat memilih cara yang paling sesuai dengan jenis komedo dan kulit Anda.
Menggunakan ekstraktor komedo
Cuci bersih wajah Anda. Dengan hati-hati, dekatkan wajah pada uap panas dari air yang mendidih. Uap ini akan membuka pori-pori sehingga komedo dapat diangkat dengan lebih mudah. 
Ekstraktor komedo dapat diperoleh di toko-toko alat kecantikan pada umumnya. 
Pastikan untuk membersihkan dan mensterilkannya secara teratur serta tidak menggunakan ekstraktor ini secara bergantian.
Cara termudah untuk melakukan sterilisasi adalah dengan membersihkannya dengan alkohol. 
Dengan berkaca pada cermin, tekan permukaan kulit hidung di area komedo berada, kemudian dengan tangan yang lain memegang ekstraktor. 
Perlahan keluarkan komedo dari pori hingga ke akarnya. Untuk melembapkan, oleskan sedikit penyegar wajah atau es pada pori yang komedonya telah terangkat. 
Setelah itu, sterilkan ekstraktor sebelum beralih ke komedo lain. Begitu seterusnya. Hindari memakaikan produk riasan wajah hingga beberapa waktu setelah komedo terangkat. 
Sayangnya, jika tidak dilakukan dengan tepat, cara ini cukup berisiko menyebabkan bekas jaringan parut (scar) pada kulit.
Strip pori
Strip pori atau pore pack adalah strip yang ditempelkan pada hidung selama beberapa saat untuk kemudian dikelupas. 
Komedo yang tertempel akan terangkat bersamaan dengan strip. Alat yang dapat dibeli di supermarket ini merupakan salah satu metode yang murah dan cepat serta tepat digunakan pada kulit berminyak atau kombinasi. 
Hal yang patut diwaspadai adalah metode ini kemungkinan dapat ikut mengangkat lapisan epidermis kulit hidung.
Menggunakan bahan alami
Anda dapat mencoba menggunakan bahan-bahan alami untuk membantu menghilangkan komedo. Perlu diingat bahwa bahan-bahan ini masih membutuhkan penelitian medis lebih lanjut mengenai manfaat dan keamanannya.
Pastikan mencuci tangan dan wajah terlebih dahulu sebelum mengaplikasikan bahan-bahan di bawah ini.
  • Madu dan kayu manis. Madu adalah antibiotik alami yang dapat berperan mengeluarkan kotoran dari pori. Campurkan satu sendok teh madu dengan setengah sendok teh kayu manis bubuk. Oleskan pada wajah dengan gerakan memutar setidaknya selama tiga menit, kemudian cuci wajah dengan air hangat.
  • Masker putih telur dapat membantu mengencangkan pori, sekaligus membersihkan kotoran pada kulit wajah. Pisahkan putih dari kuning telur. Oleskan putih telur pada wajah dan tunggu hingga dua menit sampai mengering, lalu tambahkan lagi sisa putih telur. Tunggu hingga sekitar 10 menit hingga mengering dengan sendirinya. Terakhir, bilas dengan air hangat.
  • Campurkan jus lemon, satu sendok teh yoghurt, madu, dan satu sendok teh garam halus sebagai scrub untuk mengangkat komedo. Usapkan dengan gerakan memutar selama 2 -3 menit, kemudian bilas dengan air hangat.
Meski belum tentu berhasil, tapi cara di atas dapat menjadi metode yang lebih aman dibandingkan menggunakan ekstraktor. Sayangnya, penggunaan scrub, termasuk yang berbahan alami, kadang dapat menyebabkan iritasi pada kulit.
Top