Daftar Ponsel yang Tidak Dapat Menggunakan WhatsApp tahun 2018 Nanti

Komentar


Yang punya salah hp ini terpaksa harus gigit jari...

Bagaimana tidak, karena hp hp ini tak akan mendapat pelayanan dari Whatsapp.

WhatsApp telah mengumumkan akan menghentikan layanan pada sejumlah smartphone pada akhir bulan ini.

Perangkat apa saja kah itu? Aplikasi messenger populer ini mengatakan, bahwa itu akan mempengaruhi BlackBerry OS, BlackBerry 10, Windows Phone 8.0 dan yang lebih tua, serta Nokia S40. Sebagaimana dikutip oralucu.com

Sebenarnya, WhatsApp pada awalnya memberi tahu pengguna bahwa dukungan untuk platform seluler yang menua ini akan dihentikan pada akhir tahun 2016.

WhatsApp telah mengumumkan akan menghentikan layanan pada sejumlah smartphone pada akhir bulan ini.

Baca Juga : Selain Koneksi Internet, Ternyata Wi-Fi di Smartphonemu Mempunyai 5 Fungsi Rahasia ini Lho

Perangkat apa saja kah itu? Aplikasi messenger populer ini mengatakan, bahwa itu akan mempengaruhi BlackBerry OS, BlackBerry 10, Windows Phone 8.0 dan yang lebih tua, serta Nokia S40.


foto via oralucu.com

Sebenarnya, WhatsApp pada awalnya memberi tahu pengguna bahwa dukungan untuk platform seluler yang menua ini akan dihentikan pada akhir tahun 2016.

Namun perusahaan kemudian memperbaharui kebijakannya dan memperpanjang batas hingga tanggal 30 Juni 2017. Selanjutnya, mereka memperpanjang lagi tenggat waktunya sampai 31 Desember 2017.

Baca Juga : Sangat Berbahaya, Jangan Pernah Simpan Gadgetmu di 9 Tempat ini

Dalam sebuah pernyataan, WhatsApp mengatakan bahwa “karena kami tidak lagi aktif mengembangkan platform ini, beberapa fitur mungkin berhenti berfungsi kapan saja.”

Perusahaan juga memperingatkan bahwa gangguan dan bug di dalam aplikasi tidak akan diperbaiki. Singkatnya, jika Anda mengandalkan WhatsApp setiap hari baik dalam kehidupan profesional atau pribadi Anda, mungkin sudah waktunya untuk mengganti telepon baru.

Daftar Smartphone yang Tidak Bisa Lagi WhatsApp

WhatsApp akan segera menghentikan dukungan layanannya pada beberapa platform pada 31 Desember 2016. Artinya, terhitung Januari 2017 beberapa smartphone sudah tidak bisa lagi ber-WhatsApp-an. Berikut daftar smartphone yang tidak akan lagi didukung WhatsApp tahun 2017.

BlackBerry OS 10

foto via softpedia.com

Kenyamanan keyboard QWERTY fisik pada perangkat BlackBerry memang tak tergantikan. Sayangnya, buat kamu pengguna perangkat BlackBerry OS 10 harus pasrah menerima nasib karena WhatsApp akan menghentikan layanannya.

Padahal jajaran smartphone BB OS 10 ini masih terbilang seksi, sebut saja BlackBerry Passport, Classic, Q10, dan Porsche Design. Mereka masih sangat memikat, dengan desain, fitur, spesifikasi yang masih terbilang oke.

BlackBerry OS 7.0

foto via youtube.com

Smartphone berbasis BlackBerry OS 7.0 dan di bawahnya juga harus gigit jari. Daftar ini merupakan smartphone yang diluncurkan pada masa kejayaan BlackBerry, sebut saja Dakota, Curve, Torch.

Ya, memang sudah cukup lawas, tapi mereka bisa dibilang legend. Berikut daftarnya:

Android 2.1 Eclair dan Android 2.2 Froyo

foto via onemobilering.com

Menurut data dari Google, pengguna smartphone berbasis Android 2.1 Eclair sudah tidak masuk lagi dalam daftar. Sementara, smartphone Android 2.2 Froyo masih digunakan sekitar 0,1 persen dari perangkat Android di seluruh dunia.

Seperti tidak ada masalah, tapi Google sendiri telah mengumumkan bahwa awal 2017 mereka akan menghentikan dukungan untuk sistem operasi lawas. Ucapkan selamat tinggal kepada Android 2.3 Gingerbread, HoneyComb, Froyo, dan Eclair.

iOS 6 dan Windows Phone 7

foto via windowscentral.com

Perangkan berbasis iOS 6 juga turut kena imbasnya, dipastikan iPhone 3G dan iPhone 3GS tidak akan bisa lagi menikmati WhatsApp.

Demikian juga perangkat berbasis Windows Phone 7, yang kebanyakan perangkat Lumia generasi awal. Seperti Nokia Lumia 900, 800, dan lainnya tidak bisa lagi menikmati WhatsApp.

Nokia S40 dan Symbian S60


foto via blorge.com

Sebenarnya cikal bakal ketenaran WhatsApp karena mampu dijalankan di perangkat Nokia yang kala itu masih menjadi penguasa pasar smartphone. Namun, tampaknya sampai di sini saja karena WhatsApp tak akan lagi mendukung ponsel Nokia berbasis S40 dan Symbian S60.

Itulah daftar smartphone yang tidak bisa lagi WhatsApp, dimulai per Januari 2017. Ya, yang sangat disayangkan adalah perangkat berbasis BlackBerry OS 10. Karena selain BBM sebagai fitur andalan, WhatsApp juga menjadi alternatif dalam berkirim pesan. Bagaimana pendapat kamu?
Top