Cara Praktis Bersihkan Botol Susu yang Berkerak dan Kusam Agar Tampak Baru Lagi

Komentar

Foto diolah dari monggoshare.blogspot

Masih banyak yang tak tahu

Padahal kebersihan botol susu sangatlah penting, taukah meski botol sudah dibersihkan dicuci masih tetap belum bisa bersih, setelah itu pasti jadi kusam dan juga ada kerak dibawah botol. Nah cara ini  lebih efisien membersihkan botol dan menghilangkan kerak, kusam yang ada di botol susu

Kebersihan botol susu sangat penting, karena botol susu yang kurang bersih dapat menyebabkan diare pada anak balita.

Baca juga : Pisau Blender Tumpul? Jangan Beli Baru, ini Trik Simple Asah Pisau Blender

Kandungan lemak dan protein dalam susu sangat mudah lengket pada botol maupun dot, karena itu sangat penting untuk mencuci botol susu segera setelah selesai digunakan.

Berikut cara mencuci botol susu yang benar :

Cuci botol susu dengan air bersih, gunakan pembersih khusus untuk botol susu, karena lebih cepat untuk menghilangkan lemak susu

Sikat bagian dalam botol dengan sikat botol, dan gunakan sikat yang kecil untuk membersihkan dot.

Bilas dengan air bersih yang mengalir, jangan membilas dengan merendam botol karena kotoran yang terlepas dapat menempel kembali ke botol susu.

Namun, terkadang setelah penggunaan botol yang berulang, lemak susu dapat menempel pada botol dan menyebabkan kerak di dasar botol.

Untuk membersihkan kerak tersebut, tidak cukup dengan pembersih susu biasa, tapi anda bisa menggunakan tips berikut :

sebelum botol dicuci berilah sedikit beras kira kira 1/2 sendok teh lalu diberi air dan sedikit cairan sabun pembersih botol bayi, setelah itu kocok- kocok botol sampai kerak hilang lalu bilas dengan air bersih.

Baca juga : Bunda Perlu Tahu, ini Obat Tradisional yang Ampuh Basmi "Kista" Tanpa Operasi

Anda bisa merebus botol untuk mensterilkan dari kuman dan bakteri.

Jika lemak susu membandel, bisa menggunakan tips berikut :
  1. Buat rendaman 2 cangkir cuka putih murni dalam baskom yang berisi air panas
  2. Rendam botol susu selama 30 menit sampai 1 jam
  3. Setelah 1 jam, buang air rendaman tersebut, dan bilas botol susu dengan menggunakan air bersih yang mengalir sedikitnya 3 kali untuk menghilangkan residu cuka di dalam botol.
  4. Keringkan botol yang sudah dibilas tersebut sampai benar-benar kering sebelum digunakan kembali.
Kesalahan yang Sering Terjadi Saat Mencuci Botol Susu Bayi

Lupa Mencuci Tangan

Bisa jadi, tanganlah yang menjadi biang keladi dari penyebaran bibit penyakit. Sebab, kuman-kuman yang melekat atau terbawa oleh tangan akan berpindah ke botol susu si kecil dan boleh jadi akan menyebabkan penyakit bagi si kecil. 

Singkatnya, Anda tidak mungkin bisa membersihkan ruangan yang kotor jika sapu yang Anda gunakan untuk menyapu ruangan juga kotor kan, Bunda?

Tidak Membersihkan Dengan Menyeluruh

Sebagian dari kita mungkin hanya fokus untuk membersihkan bagian dalam botol dan dot, tapi melupakan bagian leher pengencang dot atau gelang dot pada botol. 

Padahal, saat membersihkan, semua bagian botol bayi harus dilepas dan dibersihkan satu per satu untuk mengusir seluruh kuman bakteri penyebab penyakit yang mungkin bersarang di bagian-bagian tersebut.


Kurang Telaten

Merendam botol dengan air panas saja tidak menjamin semua kuman bakteri yang menempel pada botol luntur. 

Meski secara kasat mata terlihat bersih, boleh jadi ada bagian yang kurang bersih sehingga menjadi sarang kuman dan bakteri untuk berkembang biak.

Tidak Menggunakan Air Mengalir

Hanya merendam botol di dalam air tidak akan membuat seluruh kuman dan bakteri luntur dari botol bayi Anda. Yang ada, justru kebiasaan itu akan membuat kotoran menempel lagi.

Berlama-lama Merendam Botol Setelah Disterilisasi

Kebiasaan ini akan membuat sterilisasi botol menjadi percuma, karena bakteri akan kembali dan menempel pada botol. 

Sebaiknya, usai disterilisasi, tiriskan botol susu tersebut dan keringkan dengan lap atau handuk bersih yang dipakai khusus hanya untuk botol susu si kecil, kemudian simpan botol susu dalam wadah plastik yang bersih.

Nah, itulah beberapa kesalahan dalam mencuci botol susu bayi. Pastikan Anda menghindari kesalahan-kesalahan ini ya, Bunda? Sebab, jika Anda salah dalam mencuci botol, maka virus, bakteri, dan parasit yang terdapat pada botol susu dapat membuat si kecil sakit.

Semoga tipsnya dapat membantu dan bermanfaat untuk para pembaca sekalian.
Top