7 Trik Menghadapi Teman yang Suka Ngutang, No.5 Wajib Dicoba!

Komentar

Gambar ilustrasi teman suka pinjam uang (bintang)

Dalam bergaul kita mempunyai beraneka ragam keunikan teman kita. 

Seringkali kita dihadapkan dengan masalah yang pelik, misalnya saja saat uang kita  pasa-pasan dan temen kita mau pinjam uang.

Mau tidak dipinjami kasihan, dipinjami kadang janji-janji terus.

Nah, ada beberapa trik dalam menghadapi teman yang suka ngutang, simak ulasannya berikut:

1. Bawa uang pas


Gambar ilustrasi uang pas (wordPress)

Kalau udah tahu mau main sama dia, bawa uang pas aja!

Kalau perlu tinggal dompet, kartu ATM, dan CC kamu di rumah. Bawalah uang sejumlah kira-kira yang nanti kamu butuhkan, lalu Rp50.000 ekstra untuk cadangan.

Duit cadangan ini jangan dipamerin ya, tapi ditaruh di jok motor aja. Ingat, berjaga-jaga kalau ban motormu pecah atau bensinmu habis di jalan pulang jauh lebih penting daripada minjemin dia uang buat beli es krim cuma karena kamu gak enakan.

2. Jangan makan sama dia sendirian


Gambar ilustrasi makan bersama-sama (hellosehat)

Supaya bukan cuma kamu yang bisa dia pinjemin uang, ajak dia gaul sama anak-anak lain yang juga jadi teman satu permainan kalian.

Dengan begini, kamu gak bakal gak enak banget mengelak permintaannya karena dia masih bisa minta tombok ke anak-anak yang lain.

Syukur-syukur kalau anak lain ini ternyata lebih mampu daripada kamu. Lagian kalau perginya rame-rame, main barengnya pasti jadi lebih seru!

3. Ketika dia beli-beli bilang aja "Ihh, lagi banyak duit ya?"


Gambar ilustrasi saat belanja (malesbanget)

Kadang teman kita suka pinjem duit bukan karena dia kurang berada.

Mungkin kartu ATM-nya abis ilang, mungkin dia terlalu boros di awal bulan, mungkin uangnya (yang sebenarnya cukup banget itu) habis duluan untuk hal-hal yang kurang penting.

Karena itulah bukan gak mungkin dia beli gadget, tas, sepatu, kucing, atau gitar — lha wong sebenarnya dia berduit. Kalau kayak gitu, coba deh sekali-kali berceletuk.

4. Kalau dia pelupa, ingatkanlah temanmu ini untuk bawa dompet/menyimpan kartu ATM-nya dengan baik


Gambar ilustrasi isi dompet (askfm)

Biasa banget deh kalau teman yang tukang pinjem ini juga pelupa.

Bahkan ini alasan utama kenapa dia sering banget ngedadak minta ditombokin ini-itu. Kalau ini temanmu banget, kamu bisa mencegah dia pinjem uangmu dengan mengingatkannya untuk selalu menyimpan kartu ATM/dompetnya dengan baik.

Sekali ceroboh sih nggak papa, tapi kalau berkali-kali dan ngerepotin orang itu ngeselin namanya.

5. Pinjem uangnya balik


Gambar ilustrasi pinjam uang (publimetro)

Nggak cuma dia, kamu juga bisa punya hari sial. Mungkin waktu itu dompetmu keselip atau kartu ATM-mu ketelen mesin.

Kalau kebetulan kamu yang butuh uang, jangan ragu buat minjem balik ke dia. Selain karena kemungkinan besar dia masih punya utang ke kamu, ini juga efektif untuk mengingatkan dia bahwa kamu gak semampu yang mungkin dia kira.

6. Kalau keterlaluan, jadilah Dept-collector dadakan


Gambar ilustrasi dept collector (bharatanews)

Bon dia ke kamu udah sampai lebih dari ratusan ribu? Wah, itu sih parah namanya. Kamu yakin dia menganggapmu teman? Karena kalau kalian memang teman, dia pinjam pasti juga pakai perasaan.

Kalau hutangnya udah keterlaluan, jangan sungkan. Tagih aja!

Gali bakatmu sebagai debt collector dan praktikkan langsung dengan dia sebagai target pertamanya. Kalau perlu lacak teman-temanmu yang lain, siapa tahu juga dipinjemin duit sama dia. Menjadi debt collector secara bersama-sama dan mendatangi kostnya bisa ampuh dalam kasus yang sudah parah banget seperti ini.

7. Ingat dia juga masih punya sisi positif. Sering meminjam hanyalah satu sisi dari pribadinya yang mungkin perhatian atau pandai jadi pendengar


Gambar ilustrasi sahabat (satuharapan)

Di balik sikapnya yang agak sering minta ditombokin, jangan lupa bahwa dia masih menyimpan sisi positif.

Bukannya sisi positif inilah yang awalnya meyakinkanmu untuk jadi teman baiknya? Kalau sebal sama dia, jangan lama-lama, ya. Bisa jadi kamu akan kehilangan salah satu teman paling perhatian dan paling sayang di hidupmu andai nggak sabar menghadapi sifat pemboros atau pelupanya.

Tetap sabar ya, menghadapi temanmu yang unik ini, semoga beberapa trik di atas bisa membantumu menghadapi masalah ini. Semoga bermanfaat.


Top