5 Cara Mengatasi Bunda yang "Patah Hati" Akibat Nursing Strike (Si Kecil Tiba-tiba Menolak Menyusu)

Komentar
Bunda, pasti pernah mengalami keadaan dimana si kecil tiba-tiba menolak menyusu. 


Gambar ilustrasi ibu nursing strike

Kondisi ini yang dikenal dengan istilah nursing strike ini, tak ayal sering membuat moms patah hati, pusing dan stres.

Beberapa penyebab paling sering yang mengakibatkan nursing strike adalah bayi merasa tidak nyaman saat menyusu. Beberapa diantaranya dikarenakan oleh, pekikan ibu saat bayi menggigit puting, suasana bising, pilek, atau gangguan pada tenggorokan.
Tapi, tenang moms, berikut ini ada beberapa Tips mengatasi nursing strike yang mengkhawatirkan tersebut, sebaiknya para ibu disarankan untuk melakukan lima hal berikut ini:

1. Gangguan fisik


Gambar (grlitzmedia)

Seorang ibu pernah menemukan secarik kertas menempel pada langit-langit mulut bayi. Setelah kertas tersebut diambil, sang bayi kembali menikmati menyusu ASI seperti sedia kala. Lalu, pada beberapa kasus, nursing strike terjadi karena bayi mengalami infeksi telinga, pilek, gangguan pencernaan, dan tumbuh gigi. Selain itu, perubahan aroma tubuh ibu (parfum atau deodoran baru) juga bisa menjadi penyebab bayi merasa tidak nyaman saat menyusu.

2. Jangan langsung memberikan dot atau botol susu


Gambar (okezone)

Melihat bayi tidak mau menyusu, membuat ibu berpikir mencari solusi tercepat, yaitu memberikan ASI dengan botol susu atau memberikan dot. Ternyata, cara tersebut tidak efektif. Sebab, sekali saja bayi merasakan kenyamanan menyusu lewat cara yang berbeda, maka bayi akan melupakn payudara ibu. Sebaiknya, ibu disarankan menunggu hingga waktu makan berikut untuk kembali memberikan ASI dengan payudara Anda.

Baca juga:
Girls, Waspada Bahaya Virus dan Bakteri pada Kosmetik!

3. Ciptakan waktu berdua dengan bayi


Gambar( abiumi.com )

Mandi bersama bayi Anda dalam air hangat yang menenangkan, pastikan payudara Anda telah siap memberikan ASI lalu sodorkan pada bayi. Selain itu, Anda bisa juga melalukan cara lain yang lebih menyenangkan, yaitu menyusui di udara terbuka. Sebab, udara yang segar dan sinar matahari yang hangat mampu mengembalikan mood bayi untuk menyusu.

4. Waktu tidur


Gambar ( solusisehatku.com)

Masalah nursing strike bisa diselesaikan ketika bayi sedang mengantuk dan baru bangun tidur. Biasanya pada waktu-waktu tersebut, bayi cenderung lebih lapar dan memiliki selera tinggi untuk menyusu. Namun, jika tidak berhasil, jangan memaksa bayi untuk segera menyusu pada Anda.

5. Musik


Gambar (amazon)

Pilih musik yang lembut dan menenangkan. Dengarkanlah berdua dengan bayi Anda. Selain itu, cara lain yang sangat direkomendasikan adalah menimang bayi sembari Anda bersenandung pelan di telinganya. Mendengar suara ibu yang sudah dikenal bayi semenjak dalam kandungan, bisa menenangkan, sehingga bayi kembali mood untuk menyusu.

Ciptakan waktu berdua dengan bayi
Mandi bersama bayi Anda dalam air hangat yang menenangkan, pastikan payudara Anda telah siap memberikan ASI lalu sodorkan pada bayi. Selain itu, Anda bisa juga melalukan cara lain yang lebih menyenangkan, yaitu menyusui di udara terbuka. Sebab, udara yang segar dan sinar matahari yang hangat mampu mengembalikan mood bayi untuk menyusu.

Biasanya, aksi mogok menyusui ini hanya akan berlangsung selama beberapa hari, dengan jangka waktu 2-5 hari. Dengan kesabaran dan usaha ibu yang terus menerus untuk menyusui, bayi pasti akan kembali mau untuk menyusu.

Kuncinya adalah sabar bunda.

Demikianlah beberapa tips untuk moms semua saat menghadapi nursing strike. Semoga bermanfaat.
Top